Blog Hegen

Mengenal Lebih Jauh Spout, Produk Tepat Transisi dari Dot

Tidak selamanya si kecil akan menggunakan botol dot dan teat untuk mendapatkan nutrisi. Pada usia tertentu, si kecil direkomendasikan untuk beralih ke spout, sebuah alat yang digunakan dalam periode transisi dari teat atau dot ke straw.

Terdengar sederhana, tapi peran spout sebenarnya cukup besar dalam urusan ini. Alat sederhana ini akan membantu si kecil melatih daya hisapnya dengan bentuk yang sesuai struktur mulut si kecil. Di sisi lain, penggunaannya juga menghindarkan si kecil dari kerusakan rongga mulut akibat terlalu lama dan intens menggunakan teat atau dot.

Mengutip ada apa yang disampaikan American Academy of Pediatrics, bayi idealnya mulai belajar minum menggunakan spout cup pada rentang usia 6 hingga 9 bulan. Baru kemudian setelah ia terbiasa, ia bisa mulai minum menggunakan straw seperti orang dewasa.

Terlebih Dahulu, Mari Kenali Jenis-Jenis Spout

spout

Secara umum, terdapat tiga jenis spout yang ada di pasaran. Jenis ini dibedakan berdasarkan model dan bentuknya, pertama disebut non-spill spout, kemudian kedua disebut free flow spout, dan ketiga disebut dengan straw spout.

Penjelasan singkat masing-masing dari ketiga jenis tersebut dapat Bunda cermati sebagai berikut.

1. Model Katup Anti-Tumpah

Pada model pertama, Bunda dapat memperoleh spout dengan fitur anti-tumpah yang cukup efektif. Seperti namanya, model ini membantu mencegah minuman yang ada di botol untuk tumpah ketika si kecil tidak sengaja menjatuhkan atau menggulirkannya.

Model pertama cocok untuk anak yang baru belajar minum sendiri, atau di fase pengenalan pada spout. Namun kekurangannya adalah model ini sulit dihisap, sehingga kurang cocok ketika diberikan pada si kecil saat ia sudah bertambah besar.

2. Model Aliran Bebas

Disebut juga free flow spout, model ini cenderung lebih mudah dihisap karena tidak terdapat katup di bagian spout-nya. Bunda dapat memberikan model kedua ini ketika si kecil sudah mulai lancar minum menggunakan model pertama.

Namun demikian model ini juga memiliki sedikit kekurangan, dimana minuman bisa jadi mudah tumpah jika si kecil belum terlalu mahir mengendalikan hisapannya.

3. Model Sedotan

Model ketiga ini akan memberikan benefit melatih si kecil dengan sedotan seperti orang dewasa. Cocok untuk anak yang lebih besar, meski tak masalah juga jika Bunda ingin mengenalkannya lebih awal.

Namun model ini memerlukan keterampilan motorik lebih baik karena aliran cairan dari botol akan lebih deras, tergantung dengan kekuatan hisapan si kecil.

Lalu Bagaimana Memilih Spout yang Tepat untuk si Kecil?

spout

Nah setelah tahu tiga jenis mode spout yang ada di pasar, kini Bunda wajib paham mengenai apa saja kriteria yang dicermati ketika akan memilih produk baby care tersebut.

Pemilihan spout sendiri idealnya akan mempertimbangkan empat hal utama. Keempatnya terkait dengan produk spout itu sendiri dan usia si kecil, sebab pada dasarnya alat ini akan banyak mengacu pada perkembangan motorik dan fisiologis dari bayi di usia tertentu.

  • Pertama, usia si kecil. Pastikan produk yang Bunda akan pilih sesuai dengan usia si kecil. Bunda dapat melihat rekomendasi produk, keterangan di kemasan, atau rekomendasi dari dokter spesialis terkait. Usia si kecil menentukan produk yang tepat karena secara spesifik memiliki taraf kemampuan motorik tertentu
  • Kedua, terkait dengan bahan dari spout. Pastikan bahan atau material utama dari produk sudah terverifikasi bebas BPA dan aman untuk anak-anak. Mengapa? Sebab produk ini secara langsung akan bersentuhan dengan bagian dalam rongga mulut si kecil sehingga terdapat resiko tertentu pada penggunaan produk dengan material yang tidak jelas
  • Ketiga, bentuk dari spout. Bentuk menjadi hal yang penting dipertimbangkan, karena semakin nyaman spout yang Bunda pilih, si kecil akan semakin nyaman menggunakannya. Otomatis, proses transisinya akan lebih mudah dari teat ke straw
  • Keempat, desain dari produk. Spout yang berkualitas idealnya memiliki bentuk yang mudah dibersihkan dan tahan lama, sehingga dapat digunakan selama masa adaptasi yang dijalani si kecil. Jangan memilih spout sembarangan, karena hal ini justru bisa membahayakan si kecil

Tips Menggunakan Spout dan Manfaatnya untuk si Kecil

spout

Kini Bunda dapat memilih spout dengan kriteria yang lebih jelas, sehingga didapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Agar tidak sampai terjadi kesalahan, beberapa tips berikut ini semoga dapat membantu Bunda mengambil keputusan yang lebih baik dalam memilih produk, serta penggunaannya. Lengkap disertakan dengan setidaknya lima manfaat yang diperoleh si kecil dalam fase transisi ini.

Tips Penggunaan Spout

Untuk menggunakan spout dengan benar, sebaiknya Bunda mengenalkannya secara bertahap. Mulai dari spout yang cocok untuk usia dini, dan secara bertahap Bunda dapat memberikan spout dengan aliran yang lebih lancar. Bunda juga dapat menggunakannya tanpa cairan terlebih dahulu sebelum mengisinya dengan cairan.

Selain itu, pastikan Bunda mengisi spout dengan minuman yang sehat. Awasi si kecil ketika menggunakannya agar tidak sampai tersedak atau minum terlalu cepat. Jangna lupa untuk membersihkannya secara teratur agar spout selalu dalam keadaan bersih saat digunakan atau disimpan.

Manfaatnya untuk si Kecil

Terdapat lima manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan spout pada si kecil, selama digunakan dengan tepat. Kelimanya adalah sebagai berikut:

  • Membantu si kecil belajar minum sendiri
  • Meningkatkan keterampilan motorik halus di bagian rongga mulut
  • Melatih koordinasi tangan dan matanya secara berkesinambungan
  • Mencegah tumpahan dan kekacauan yang mungkin terjadi jika tanpa fase transisi
  • Mengurangi ketergantungannya pada botol susu yang biasa digunakan

 

Secara mendasar, spout direkomendasikan untuk membantu fase transisi si kecil dari penggunaan teat dan botol susu menuju penggunaan straw. Seiring dengan pertambahan usia, peralihan ini perlu dilakukan demi tumbuh kembang fisik dan mental si kecil.

Tentu saja, pemilihan produk yang tepat juga akan menjadi kunci pada proses tersebut. Hegen, kemudian hadir dengan menawarkan spout berkualitas yang disajikan bersamaan dengan botol minum berkualitas, lengkap dengan semua aksesorisnya.

Produk Spout dari Hegen, Ekosistem Unggul dan Berkualitas

spout

Produk dari Hegen sendiri memiliki kualitas unggul jika dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Bagian tutup yang didesain sedemikian rupa memudahkan Bunda dalam membersihkannya, sebab dengan cepat dapat dibongkar menjadi tiga bagian berbeda (straw cup spout, lower straw, dan upper straw.

Kemudian bentuk dari straw  yang diberikan juga berupa elips sehingga masih menyerupai bentuk teat yang digunakan di fase sebelumnya. Belum lagi terdapat valve opening yang secara praktis akan membantu mengatur aliran cairan yang disedot oleh si kecil, membantunya terhindar dari tersedak.

Ditambah dengan inovasi original dari Hegen, yakni Press-to-Close, Twist-to-Open, akan memudahkan proses penggunaannya. Ekosistem yang sangat mendukung diciptakan, sehingga setiap ukuran botol dari Hegen dapat digunakan untuk botol latihan minum mandiri yang dilakukan si kecil.

Berkualitas, menggunakan material yang solid (PPSU), dan menawarkan ekosistem produk sempurna, spout dari Hegen siap menemani fase transisi dari teat ke straw, seperti produk Hegen lain yang ada untuk setiap fase usianya!

Referensi: 

  • Baby Safe. Silicone Spout. https://www.babysafe.co.id/id/feeding/feeding_bottle/silicone_spout.html#:~:text=Silicone%20spout%20merupakan%20cucupan%20berbahan,dihisap%20dan%20tidak%20tumpah%2Dtumpah.. 
  • Alodokter. Aturan dan Panduan Penggunaan Sippy Cup pada Balita. https://www.alodokter.com/aturan-dan-panduan-penggunaan-sippy-cup-pada-balita. 
  • The Asian Parent. 5 Cara Melatih Penggunaan Sippy Cup untuk Bayi Beserta Hal yang Perlu Diperhatikan. https://id.theasianparent.com/sippy-cup-untuk-bayi. 
  • Evorie Moment. Straw vs Spout! Which Sippy Cup is better for your baby?. https://www.evoriemoment.com/blogs/news/what-type-of-sippy-cup-is-better-for-your-child. 
  • Dr.Browns. Mengapa si Kecil Perlu Diberi Transition Bottle. https://drbrowns.id/mengapa-si-kecil-perlu-diberi-transition-bottle/. 
  • Verywell Family. Decisions, Decisions! How to Choose a Sippy Cup For Your Child. https://www.verywellfamily.com/how-to-choose-a-sippy-cup-5205955. 
  • Mommy Sammy. Sippy Cup atau Straw Cup?. https://www.mommysammy.com/2018/04/02/sippy-cup-atau-straw-cup/.