The Hegen Blog

Dot yang Paling Disukai Bayi: Nyaman & Anti Bingung Puting

Pemberian ASI eksklusif adalah bukti cinta kasih Bunda untuk tumbuh kembang sang buah hati sejak ia dilahirkan di dunia. Menyusui bayi secara langsung (direct breasfeeding/DBF) tentu menjadi momen berharga bagi Bunda dan si Kecil, apalagi di awal-awal kehidupan bayi. Namun, karena kesibukan atau alasan lainnya, Bunda tidak harus memompa ASI dan memberikannya memakai botol susu bayi. Tak boleh sembarangan, pilih botol dan dot yang paling disukai bayi.

Di pasaran ada banyak jenis dot dan botol bayi yang digunakan untuk menyusu. Bunda perlu mempertimbangkan seperti apa jenis, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri dot yang paling disukai bayi agar ia tidak bingung puting. 

Tips Memilih Teat Anti Bingung Puting untuk Bayi

Dot yang paling disukai bayi tentunya adalah dot yang tidak membuat si Kecil bingung puting (nipple confusion) dan nyaman digunakan. Sebelum membeli dot baru untuk si Kecil, alangkah baiknya Bunda menyimak beberapa tips penting memilih teat yang tepat agar bayi tidak bingung puting.

1. Kenalkan Botol Susu dan Dot di Waktu yang Tepat

Pada konteks kondisi ibu dan bayi yang sehat, DBF atau direct breastfeeding perlu dilakukan di tiga minggu pertama kehidupan si Kecil. Setelah itu, Bunda bisa perlahan mulai memperkenalkan dengan botol. 

Waktu tiga minggu pasca melahirkan ini dinilai cukup untuk produksi ASI yang optimal dan bayi sudah mapan menguasai teknik menyusu dengan puting ibu. Jika masih ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak kapan waktu yang tepat mulai memperkenalkan botol bayi.

2. Perhatikan Kebutuhan si Kecil

Dot yang bagus untuk bayi tentunya sesuai dengan kebutuhannya. Mungkin Bunda perlu belajar dan melakukan trial beberapa kali sampai si Kecil bisa menyesuaikan dan menikmati proses menyusunya dengan botol dot. 

Saat pengenalan dot ada sebagian bayi yang menolak menyusu dengan dot. Sehingga Bunda perlu bersabar dan terus mencoba menemukan dot yang pas sesuai kebutuhan dan usianya.

 

 

3. Pilih Ukuran dan puting dot sesuai Usia Bayi

Memilih ukuran dan puting dot sesuai dengan usia bayi ternyata dapat membantu si Kecil semakin nyaman saat menyusui dan mencegah bingung puting. Pilih ukuran teat yang sesuai dengan usia si Kecil. Teat yang terlalu besar bisa membuat bayi tidak nyaman, dan sebaliknya, dot yang terlalu kecil bisa berisiko bayi tersedak.

4. Kenali Aliran Susu dari Dot

Ada beberapa merek botol bayi, termasuk Hegen, yang didesain dengan sistem aliran susu berbeda menyesuaikan usia si Kecil. Mulai dari extra slow flow dan slow flow untuk newborn baby, medium flow untuk bayi usia 3 sampai 6 bulan, dan fast flow untuk bayi di atas 6 bulan. Jadi agar si Kecil nyaman menyusu dari botol, Bunda harus cermat memilih dot sesuai rentang usianya, ya!

5. Periksa setiap bagian dot

Tips yang tak kalah pentingnya saat memilih teat terbaik untuk buah hati adalah dengan memeriksa setiap bagian dot. Apakah ada sobekan, warna permukaan yang memudar, seperti apa material yang digunakan, dan adakah bagian yang terlepas. Dot yang sudah rusak tidak layak digunakan karena bisa membahayakan si Kecil. 

Bagaimana Ciri-Ciri Bentuk Dot Bayi yang Ideal? 

1. Memiliki Bentuk Mirip Nipple

Dot yang paling disukai bayi memiliki bentuk yang menyerupai nipple untuk membantu bayi agar tidak bingung puting saat menyusu dari botol. Dengan bentuk dot menyerupai botol, membuat proses menyusui jadi lebih menyenangkan dan seamless.

2. Didesain sebagai Dot Anti Colic

Botol susu bayi yang ideal memiliki dot anti colic dengan desain khusus untuk mengurangi volume udara yang masuk ke tubuh si Kecil saat ia menyusu. Hal ini karena bayi bisa berisiko mengalami kolik saat ada udara yang masuk saat menyusu. Dengan memakai dot anti colic, maka si Kecil terhindar dari risiko kembung, sakit perut, tersedak, dan gelisah saat menyusu.

3. Bahan atau material yang digunakan aman

Bahan atau material pembuat dot juga beragam. Berbagai dot ada yang dibuat dari bahan silikon, lateks karet alam, dan bahan lainnya. Satu hal yang pasti, Bunda wajib memastikan dot untuk si Kecil aman dan bisa digunakan untuk jangka panjang. 

4. Memiliki daya tahan yang teruji

Cermati apakah dot bayi sudah memiliki kualitas yang teruji untuk mendapatkan dot yang bisa diandalkan dan tahan lama. Perhatikan juga apakah dot mudah dibersihkan atau tidak agar higienitas dot bisa terjadi serta terhindar dari risiko kesehatan dan kontaminasi. 

Inilah Keunggulan Bentuk Botol dan Dot Bayi dari Hegen

Delapan kelebihan utama dari produk botol dan dot bayi yang ditawarkan Hegen adalah sebagai berikut.

  • Super soft elliptical-shaped silicone teat, bagian dot Hegen didesain sedemikian rupa menyerupai bagian puting ibu. Hal ini membuat si kecil tidak bingung puting dan mendapat pengalaman mirip dengan menyusui secara langsung
  • Asymmetrical off-centre teat, posisi dot tidak berada di bagian tengah lingkaran, namun asimetris dengan kemiringan 20 derajat. Hal ini mencegah risiko aliran balik susu dan memungkinkan bayi mendapatkan sudut yang sesuai, seperti saat menyusu secara langsung. Tentu saja, bayi semakin nyaman dan menyusu terasa alami.
  • Smart built-in anticolic air vent system, desain dot anti colic yang memungkinkan si kecil mendapatkan ASI dengan optimal dan mengurangi udara yang masuk ke dalam perut. Dengan demikian si kecil akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti kembung.
  • Revolutionary one hand closure, teknologi ini dipatenkan oleh Hegen, untuk memudahkan Bunda dalam menutup dot yang digunakan. Dengan kemudahan Press-to-Close, Twist-to-Open atau PCTO, memungkinkan botol bisa ditekan dan diputar dengan nyaman tanpa tumpah. 
  • Practical soft-square bottle design, bentuk botol yang ergonomis agar mudah dipegang oleh si kecil, sehingga dot dari Hegen juga tidak mudah bergulir.
  • Hassle-free cleaning, bagian dalam dot yang lembut dan sedikit celah membuatnya mudah sekali dibersihkan.
  • Snap-on interconnecting storage lids, memungkinkan beberapa botol dot bisa dihubungkan secara mudah, sehingga membantu Bunda menyimpan ASI dengan praktis dan terorganisir.
  • Interchangeable feeding and storage lids, Bunda dapat memberikan ASI dan menyimpannya dalam satu botol dot yang sama. Tinggal mengganti bagian atas dari botolnya saja, langsung rasakan semua kemudahan untuk urusan memberikan ASI pada si kecil.

Semua dot Hegen hanya memiliki satu lubang yang mana deras aliran setiap dot ditentukan oleh ukuran lubang. Agar nyaman untuk si Kecil, Bunda bisa memilih botol minum susu dari Hegen berdasarkan kategori usia si kecil, ya. Teats dari Hegen memiliki variasi flow keluarnya tetes ASI yang bisa disesuaikan dengan usia bayi dengan rincian sebagai berikut:

  1. Newborn s.d. 1 bulan = Size 60 ml + extra slow flow teat
  2. 1 s.d. 3 bulan = Size 150 ml + slow flow teat
  3. 3 - 6 bulan = Size 240 ml + medium flow teat
  4. Di atas 6 bulan = Size 330 ml +  fast flow teat

Keunggulan lainnya dot susu Hegen memiliki permukaan yang tebal ideal untuk bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) yang masih belajar mengoordinasikan menyusu dan menelan, atau memiliki tantangan fisik lainnya.


Jangan ragu menggunakan produk botol susu dengan dot yang paling disukai bayi hanya dari situs resmi Hegen Indonesia. Kami menawarkan banyak inovasi untuk membuat aktivitas menyusui jadi mudah, menyenangkan, dan sustainable. 

Yuk Bunda, cek koleksi produk botol minum untuk buah hati tercinta hanya di Hegen!


Referensi:

Hello Sehat. 3 Tips Mudah dan Tepat untuk Memilih Dot Bayi. https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/memilih-dot-bayi/ 

The Asian Parent. Bingung Puting pada Bayi: Penyebab, Ciri, serta Cara Mencegah. https://id.theasianparent.com/7-tips-mengatasi-bingung-puting