The Hegen Blog

Jangan Keliru! Begini Cara Steril Botol Susu yang Tepat

Bagaimana sih sebenarnya cara membersihkan botol susu yang tepat? Ternyata mencuci saja tidak cukup lho! Bunda juga harus melakukan steril botol susu untuk menjamin keamanannya dari kuman penyebab penyakit pada bayi. Nah, cara mensterilkannya juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Supaya tidak keliru, berikut ini telah terangkum bagaimana cara mensterilkan botol bayi secara tepat untuk Bunda simak!

Kenapa Bunda Harus Mensterilkan Botol Susu?

Kenapa sih Bunda harus melakukan steril botol susu? Nah, bagi yang belum tahu, ada banyak keutamaan yang bisa didapat dengan rutin mensterilkan botol susu si kecil. Pertama-tama, Bunda harus paham bahwa bakteri bisa tumbuh di dalam susu. Oleh sebab itu, membersihkan dan mensterilkan semua peralatan yang dipakai untuk menampung susu sangat penting untuk kesehatan si kecil.


Apalagi, sistem imunitas bayi belum sempurna sehingga rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus, atau bakteri. Dengan kata lain, upaya sterilisasi botol susu dan perkakas bayi lainnya menjadi langkah preventif untuk menjaga kesehatan sekaligus melindungi si kecil dari risiko penyakit infeksi.


Jadi, mencuci saja tidak cukup ya Bunda. Meski secara kasat mata botol dan dot bayi tampak bersih, tapi tidak ada yang bisa menjamin bahwa tidak ada kuman yang menempel di dalamnya. Yuk rajin melakukan steril botol susu mulai dari sekarang!

Baca juga: Sebenarnya Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa?

Bersihkan Botol Susu dengan Cara Ini

steril botol susu

Demi menjaga kesehatan si kecil, Bunda harus melakukan upaya pembersihan dan steril botol susu secara rutin. Nah, pertama-tama, pastikan proses mencuci botol susu dilakukan dengan benar dan menyeluruh. Berikut langkah-langkah mudah dalam mencuci botol susu yang wajib diperhatikan.

  • Cuci tangan dengan sabun dan bilas di air mengalir.
  • Siapkan air panas dan sabun cuci khusus untuk membersihkan botol susu bayi.
  • Buka semua bagian botol susu si kecil, termasuk dot dan bagian tutup ulirnya.
  • Mulailah membersihkan botol, dot bayi, dan bagian tutup ulir dengan menggunakan air panas dan sabun.
  • Agar benar-benar bersih, gunakan sikat botol untuk menjangkau botol susu sampai area dalam, serta sikat dot  kecil untuk membersihkan bagian dalam dot bayi.
  • Balik bagian dalam dot bayi, kemudian cuci dengan menggunakan air panas dan sabun.
  • Jika semua sudah disikat dan dibersihkan dengan sabun, segera bilas menggunakan air mengalir.
  • Setelah proses mencuci botol selesai, maka bisa dilanjutkan dengan sterilisasi botol susu.

Baca juga: Jangan Keliru! Ini 7 Cara Menghangatkan ASI Yang Tepat

Cara Tepat Steril Botol Susu

Ada dua metode yang cukup aman dalam proses sterilisasi botol susu si kecil, yaitu dengan cara direbus dan penguapan. Kedua metode tersebut cukup mudah tidak terlalu menyita waktu kok! Yuk simak informasi lengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

1. Metode Perebusan

  • Letakkan botol susu, dot bayi, dan tutup ulir yang sudah dicuci ke dalam panci besar.
  • Isi panci dengan air keran sampai menutupi semua perkakas botol susu si kecil.
  • Perhatikan baik-baik dan pastikan tidak ada gelembung udara sebelum mulai merebus.
  • Nyalakan kompor sampai air mendidih dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah 5 menit, matikan kompor dan tunggu sampai peralatan botol susu mendingin. 
  • Keluarkan botol, dot bayi, dan tutup ulir, kemudian keringkan.
  • Jika sudah kering segera simpan perkakas yang telah melalui proses sterilisasi ke dalam wadah tertutup.

2. Metode Sterilisasi Uap

Cara yang kedua yaitu dengan metode sterilisasi uap. Sebenarnya, metode ini lebih praktis dan cepat karena Bunda hanya perlu menyediakan alat sterilisasi uap yang banyak dijual di pasaran. 


Cara kerja dari alat sterilisasi ini yaitu dengan memanaskan air pada titik mendidih hingga mengeluarkan uap yang bisa membunuh bakteri atau kuman di dalam botol susu. Berikut langkah-langkah mudahnya yang bisa disimak.

  • Tempatkan botol, dot bayi, dan tutup ulir yang telah dicuci ke dalam alat sterilisasi.
  • Pastikan terdapat ruang yang cukup di antara setiap botol, dot, dan tutup ulir agar uap dapat bersirkulasi ke seluruh permukaan.
  • Ikuti petunjuk pemakaian terutama terkait seberapa banyak air yang harus ditambahkan.
  • Jika Anda menggunakan alat sterilisasi microwave, masukkan alat sterilisasi tersebut ke dalam microwave.
  • Nyalakan alat sterilisasi atau microwave sesuai waktu yang telah ditentukan pada modul pemakaian.
  • Ketika proses sterilisasi selesai, segera simpan peralatan dalam wadah bersih dan tutup dengan rapat.

Baca juga: Ini Keunggulan PPSU Botol Dan Bedanya Dengan Botol PP

steril botol susu

Pastikan Bunda memilih feeding bottle yang bisa tahan terhadap suhu panas supaya tidak merusak botol susu si kecil saat proses sterilisasi. Nah, salah satu rekomendasi terbaik yang bisa menjawab kegundahan Bunda adalah feeding bottle dari Hegen.

Semua botol susu dari Hegen terbuat dari material PPSU yang sudah bersertifikat FDA dan sering digunakan pada perkakas medis. Material ini memiliki keunggulan seperti ringan, awet, bebas BPA, serta tahan di suhu -20 derajat Celcius hingga 180 derajat Celcius. 

Namun, jika Bunda memilih metode perebusan pada proses steril botol susu, usahakan suhu air panas maksimal di angka 180 derajat Celcius supaya tidak merusak produk feeding bottle

Berbeda dengan botol susu, dot bayi dari Hegen hanya mampu bertahan di suhu maksimal 110 derajat Celcius. Jadi, apabila Bunda kesulitan untuk mengukur suhu air, maka bisa memilih metode sterilisasi uap.

Untuk rangkaian produk feeding bottle dari Hegen tersedia dalam 4 ukuran yaitu 60 ml untuk newborn, 150 ml untuk 1-3 bulan, 240 ml untuk 3-6 bulan, dan 330 ml untuk 6-9 bulan. Kemudian, teats dari Hegen juga terdiri dari 5 opsi aliran yaitu extra slow flow, slow flow, medium flow, fast flow, dan thick feed.

Tak hanya itu saja, Hegen juga menawarkan bottle brush dan teat cleaner yang membantu Bunda dalam proses mencuci botol susu si kecil. Tunggu apalagi, segera dapatkan semua produk-produk ibu dan bayi terlengkap dan berkualitas dengan mengunjungi official store Hegen di sini.


Referensi:

  1. Healthdirect Australia. Cleaning and sterilising baby bottles. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/cleaning-and-sterilising-baby-bottles 
  1. NHS. Sterilising baby bottles. https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/bottle-feeding/sterilising-baby-bottles/