Blog Hegen

Kapan si Kecil Masuk Fase Penggunaan Dot Sedotan?

Tumbuh kembang si kecil harus terus dimonitor dan difasilitasi dengan baik, sehingga bisa mencapai titik optimal di setiap fasenya. Salah satu perubahan yang harus Bunda persiapkan adalah penggunaan dot sedotan.

Transisi yang terjadi memang bukan hal yang sederhana dan mudah, karena praktis Bunda mencoba mengubah kebiasaan yang membuatnya nyaman selama ini. Penggunaan botol dot dengan bagian teat menyerupai payudara harus berganti ke bentuk sedotan, yang artinya hal lain untuk dipelajari oleh si kecil.

Lalu Kapan Kira-Kira Usia yang Tepat untuk Transisi Ini?

dot sedotan

Sebenarnya si kecil sudah punya ‘kemampuan’ untuk minum menggunakan dot sedotan pada usia 8 hingga 10 bulan. Pada usia ini, idealnya si kecil telah memiliki kemampuan koordinasi yang diperlukan untuk menggunakan sedotan.

Pada salah satu artikel yang diunggah di situs kumparan.com, Dokter Spesialis Anak, dr. Reza Abdussalam, Sp.A menjelaskan si kecil sudah mulai dapat diajari minum menggunakan sedotan sejak usia 6 bulan, bersamaan dengan pengenalan MPASI. Namun memang secara umum usia awal yang digunakan sebagai acuan adalah 8 bulan.

Jika dibiasakan secara rutin, si kecil mungkin akan menguasai skill baru ini dalam waktu satu bulan sejak ia pertama diperkenalkan dengan dot sedotan.

Jangan Salah, Ini 5 Manfaat Minum Menggunakan Dot Sedotan untuk si Kecil

dot sedotan

Selain membantu si kecil beranjak dari fase dot dengan teat menyerupai bentuk puting, minum menggunakan sedotan juga ternyata membawa banyak manfaat lain. Sedikitnya terdapat lima manfaat yang dapat diperoleh si kecil pada fase ini.

1. Tidak Menyebabkan Maloklusi

Maloklusi adalah kondisi ketika gigi bagian atas dan bawah tumbuh tidak sejajar. Hal ini bisa muncul karena berbagai hal dan membuat si kecil tidak memiliki formasi gigi yang sempurna.

Ketika minum menggunakan sedotan, si kecil idealnya menahan sedotan menggunakan bibir, dan bukan gigi. Nah, dengan begini Bunda bisa membantu si kecil mengembangkan koordinasi otot di area mulut sehingga akan lebih baik kedepannya.

2. Melatih Cara Bernapas yang Benar

Agar bisa makan, minum, dan berbicara, si kecil perlu memahami cara bernapas yang benar. Koordinasi menelan makanan dengan memastikan asupan udara tetap berjalan sinkron juga diperlukan, sehingga ia bisa menjadikan hal ini gerakan otot yang sifatnya otomatis.

Dengan minum menggunakan dot sedotan, si kecil dapat mengembangkan keterampilannya pada fase inspiration dan expiration, dan secara signifikan mengurangi risiko tersedak saat minum atau makan.

3. Berkaitan dengan Kemampuan Berbicara

Ketika si kecil minum menggunakan sedotan, maka bagian otot wajah, mulut, dan pernapasan akan dilatih secara berkesinambungan. Hal ini membantunya mengembangkan kemampuan berbicara di fase berikutnya.

Si kecil harus menggerakkan bibir, lidah, dan pipi, yang notabene adalah kelompok otot yang diperlukan untuk berbicara. Latihan ini akan berdampak signifikan untuk membantu mengartikulasikan suara.

4. Cenderung Lebih Nyaman

Meski minum menggunakan dot berujung teat adalah hal yang nyaman untuk si kecil, tapi setelah ia menggunakan dot secara langsung maka ia akan mendapatkan zona nyaman yang baru.

Tidak hanya lebih mudah dan praktis, botol dot sedotan dapat dibawa dengan mudah kemanapun ia pergi, dan ditutup dengan rapat sehingga isinya tidak mudah tumpah. Pada botol yang berkualitas, berbagai fitur bahkan disematkan tidak hanya pada botolnya, tapi juga pada bagian tutup dan sedotannya. Menarik bukan?

5. Mengajari Kemandirian dan Pengendalian Diri

Setelah ia beranjak dewasa, si kecil akan mulai bangga pada hal-hal kecil yang bisa dilakukannya sendiri. Nah, minum dengan dot sedotan jadi salah satunya, karena ia bisa ‘memenuhi’ kebutuhannya sendiri dengan botol yang digunakan, dengan keterampilan yang dimilikinya.

Pengendalian diri akan dipelajari dari kecepatannya menyedot minuman yang Bunda berikan di botol tersebut. Meski mungkin akan mengalami awal yang cukup menantang, tapi tidak perlu waktu lama agar si kecil memperoleh kemampuan untuk menggunakan sedotan dengan baik.

Untuk Produk Tepat, Selalu Andalkan Hegen

Sedikit disinggung mengenai produk botol dot sedotan yang berkualitas di atas, Bunda tidak lagi perlu mencarinya. Hegen telah hadir di Indonesia, dan menawarkan sederet produk berkualitas untuk menemani setiap fase tumbuh kembang si kecil.

 dot sedotan

Untuk urusan botol minum dot sedotan, produk HEGEN PCTO 330ML/11OZ BOTOL MINUM PPSU. Dengan material berkualitas pada bagian botol (menggunakan PPSU), botol yang Bunda berikan benar-benar solid dari segi kekuatan, ergonomis dari segi bentuk, namun ringan dari segi bobotnya.

Pada dasarnya, botol Hegen dapat mengakomodir si kecil di fase belajarnya sehingga ia bisa belajar memegang botol minumnya sendiri tanpa harus mengangkat beban terlalu berat.

Tidak berhenti disitu saja, inovasi Hegen juga ditampilkan pada bagian straw cup spout, upper straw, serta lower straw yang desainnya telah disempurnakan. Bagian tutup ini memiliki fitur bukaan yang mudah, valve opening yang membantunya agar tidak tersedak, teknolog PCTO ciri khas Hegen, dan bentuk soft-square yang membantu si kecil melatih genggamannya.

Bunda masih dapat menikmati fitur lain yang juga inovatif, seperti kemudahan mengubah botol dot sedotan menjadi food storage, kemudian dapat digunakan pada berbagai jenis tutup botol yang dimiliki Hegen, dan kemudahan membersihkan karena bagian mulut botol yang lebar dan desainnya yang minim sudut dan lekukan.

 

Penggunaan dot sedotan yang berkualitas, seperti yang ditawarkan Hegen di atas, menjadi penting agar si kecil bisa melewati fase ini dengan lancar dan sempurna. Maka dari itu, segera dapatkan produk terbaik dari Hegen sekarang juga untuk mendukung tumbuh kembang si kecil agar ia mendapatkan semua manfaat dan kebaikan dari proses belajarnya!

 

Referensi: 

  • Lovibaby. 5 benefits of drinking through a straw, I.e. why take a step forward and teach your baby to drink from a cup with a straw. https://lovibaby.com/gb_EN/help-advise/health-and-development/5-benefits-of-drinking-through-a-straw.
  • PrimaKu. Kapan Anak Mulai Boleh Minum Pakai Sedotan?. https://primaku.com/tumbuh-kembang/kapan-anak-mulai-boleh-minum-pakai-sedotan-1670484652628.
  • KumparanMom. Kapan Bayi Bisa Mulai Diajarkan Minum Pakai Sedotan Seperti Anak Tasya Kamila?. https://kumparan.com/kumparanmom/kapan-bayi-bisa-mulai-diajarkan-minum-pakai-sedotan-seperti-anak-tasya-kamila-21BJ2eZSxmN/full.
  • HaiBunda. Kapan Bayi Mulai Belajar Minum Pakai Sedotan? Simak Aturannya. https://www.haibunda.com/parenting/20230920211519-59-316628/kapan-bayi-mulai-belajar-minum-pakai-sedotan-simak-aturannya.
  • The Asianparent. 5 Tips dan Cara Mudah Mengajari Anak Minum dengan Sedotan. https://id.theasianparent.com/cara-mengajari-anak-minum-dengan-sedotan.