Blog Hegen

Ini Keunggulan PPSU Botol dan Bedanya dengan Botol PP

PPSU botol adalah salah satu material produk bayi yang dianggap paling unggul untuk saat ini. Memilih produk bayi seperti dot/botol bayi tidak boleh sembarangan karena akan memengaruhi kesehatan si kecil. Nah, Bunda saat ini memakai produk dari bahan apa nih? Jika belum menggunakan produk-produk berbahan PPSU, sebaiknya segera beralih sekarang juga mengingat berbagai keunggulan yang ditawarkannya berikut ini.

PPSU Botol adalah?

Ada banyak material botol bayi yang beredar di pasaran, mulai dari kaca, plastik, PP (Polypropylene), dan PPSU (Polyphenylsulfone). Dari keempat bahan yang telah disebutkan tadi, manakah yang paling baik?

PPSU botol adalah material yang kini paling direkomendasikan karena berbagai keunggulannya. Ada banyak alasan kenapa Bunda harus memilih botol bayi dari bahan Polyphenylsulfone tersebut.

Pertama, PPSU merupakan material yang sudah memenuhi standar FDA. FDA merupakan akronim dari Food and Drug Administration, atau jika diterjemahkan adalah Administrasi Makanan dan Obat.

Lembaga milik pemerintah Amerika Serikat ini bertanggung jawab dalam mengawasi keamanan dan efektivitas produk makanan, obat-obatan, peralatan medis, dan produk-produk lain yang digunakan oleh masyarakat. Jadi, dapat dipastikan bahwa Polyphenylsulfone benar-benar material yang berkualitas.

PPSU juga terbuat dari kombinasi bahan kaca dan plastik yang menjadikannya ringan serta bebas BFA. BFA sendiri adalah bisphenol A atau bahan kimia yang membahayakan tubuh apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, kandungan BFA pada sebuah produk tertentu dapat meresap/masuk ke dalam makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir jika memakai PPSU, selain BFA free, material ini juga berwarna kekuningan serta tidak mengandung pigmen buatan yang bisa menimbulkan kontaminasi pada isi di dalam wadah.

Tak hanya itu saja, jenis bahan botol bayi yang satu ini juga banyak digunakan pada produk peralatan medis yang tahan terhadap suhu tinggi dari -20°C hingga 180°C. Artinya, dengan memakai botol berbahan PPSU, Bunda bisa membekukan sekaligus menghangatkan ASI secara langsung.

Beda Botol PP dan PPSU

ppsu botol

Bunda mungkin sampai saat ini masih bingung dalam membedakan botol dengan material PP (Polypropylene) dan PPSU (Polyphenylsulfone). Padahal, dari penampakan luarnya saja, keduanya sudah jelas-jelas berbeda.

Botol PP umumnya berwarna putih transparan dan sudah bebas BFA. Meski demikian, botol jenis PP hanya memiliki ketahanan terhadap suhu yang mencapai 110 derajat Celcius. Selain itu, pemakaian botol PP hanya disarankan selama 3 hingga 6 bulan saja. Pasalnya, warna botol lama-kelamaan akan pudar setelah melalui proses cuci dan sterilisasi secara berulang-ulang.

Hal ini berbeda dengan material PPSU atau Polyphenylsulfone. PPSU botol adalah material yang berwarna amber atau orange keemasan, bebas BFA, dan tahan terhadap suhu yang mencapai 180 derajat Celcius.

Meski lebih keras, tapi beratnya cukup ringan sehingga nyaman saat dipegang. Selain itu, masa pakainya lebih awet dari botol PP. Jika botol PP hanya bisa dipakai selama 3 hingga 6 bulan, botol PPSU dapat bertahan selama 1 sampai 2 tahun.

Tak bisa dipungkiri, material botol PPSU memang lebih mahal jika dibandingkan botol PP. Namun, Bunda justru bisa lebih hemat karena bisa menggunakannya dalam durasi yang lebih lama, serta tidak perlu berulang-ulang membeli botol dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan. Selain itu, hal ini sebanding dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

Keunggulan Botol PPSU
ppsu botol

Setelah menyimak pengertian dan perbedaan antara botol PP dan PPSU, berikut ini adalah keunggulan dari bahan PPSU yang wajib Bunda pahami.

1. Aman untuk Bayi

Botol bayi berbahan PPSU dapat dipastikan aman karena memakai bahan plastik medical grade yang bebas BPA. Dengan kata lain, kesehatan bayi akan lebih terjamin.

2. Awet dan Tahan Lama

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa material PPSU lebih awet dan tahan lama. Pasalnya, PPSU lebih tahan terhadap goresan serta tidak mudah retak. 

3. Tahan Suhu Dingin Maupun Panas

Material PPSU memiliki ketahanan terhadap suhu -20°C hingga 180°C. Artinya, botol PPSU punya stabilitas termal yang baik sehingga mampu menangani cairan dingin dan panas tanpa memengaruhi bentuk dan tekstur pada botol.

4. Mudah Dibersihkan

Jenis botol berbahan Polypropylene juga mudah dibersihkan karena memiliki permukaan yang halus tanpa adanya jahitan yang berisiko menjadi tempat bersarangnya bakteri.


Meskipun PPSU botol adalah material yang lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan PP dan plastik, tapi pemakaiannya bersifat jangka panjang. Selain itu, PPSU juga menawarkan kualitas terbaik karena awet, lebih aman, tahan panas dan juga dingin, serta mudah dibersihkan.

Pastikan Bunda hanya memercayakan botol bayi PPSU untuk sang buah hati dari Hegen. Tak hanya menawarkan berbagai keunggulan yang telah dijelaskan di atas, produk botol bayi dari Hegen juga menggunakan inovasi PCTO™ yang telah dipatenkan di dunia.

Inovasi PCTO™ dari Hegen ini memungkinkan Bunda atau pengasuh untuk bisa menutup botol penutup penyimpanan secara nyaman hanya dengan satu tangan tanpa adanya tumpahan. Cari tahu lebih lanjut tentang produk Hegen di sini, dan temukan juga kebutuhan untuk bayi lainnya sesuai yang Bunda perlukan.