Blog Hegen

Mencari Rekomendasi Dot Bayi? Cermati Dulu 4+ Kriterianya


Perangkat baby care selalu memiliki standar tersendiri karena ditujukan untuk digunakan oleh bayi hingga usia tertentu. Tidak heran, dalam mencari informasi, seperti mengenai rekomendasi dot bayi yang ada di artikel ini, Bunda wajib cermat membaca kriterianya.

Dot bayi sendiri menjadi peralatan yang penting, karena secara praktis akan bersentuhan dengan si kecil dan membantunya dalam mendapatkan asupan nutrisi dari ASi atau susu formula yang Bunda berikan. Maka dari itu, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi dalam menentukan produk yang tepat untuk si kecil.

Lalu apa saja kriteria yang dimaksud?

1. Bahan yang Digunakan pada Dot

Penggunaan bahan pada dot bayi biasanya akan mengandalkan lateks atau silikon. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan poin inilah yang harus Bunda pahami agar tidak salah memilihnya.

Produk berbahan lateks akan menawarkan kelembutan dan fleksibilitas yang lebih baik. Namun demikian dot dengan bahan ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama sebab mudah rusak atau aus, sehingga mengurangi kualitasnya.

Dot dengan bahan silikon akan menawarkan kekuatan lebih baik dan tahan lama. Jika Bunda cermat, Bunda dapat memperoleh dot dengan bahan silikon namun memiliki kelembutan dan fleksibilitas yang menyerupai lateks, sehingga membuat si kecil nyaman saat menggunakannya.

2. Cermati Bentuk Dot yang Ditawarkan

rekomendasi dot bayi

Kebanyakan produk dot yang ditawarkan oleh brand memiliki bentuk seperti lonceng atau kubah. Varian lain ditawarkan dengan menyesuaikan bentuk langit-langit dan gusi bayi, sehingga lebih nyaman digunakan,

Namun bagaimana jika Bunda dapat memperoleh produk dot yang bentuknya didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk payudara dan puting yang asli? Bentuk seperti ini dapat meningkatkan kenyamanan si kecil dalam menggunakan dot, sekaligus menghindari kebingungan pada si kecil ketika beralih dari menyusu secara langsung ke menggunakan dot.

Dalam waktu singkat, si kecil akan beradaptasi dan segera nyaman ketika menggunakan dot dengan bentuk seperti ini.

3. Kecepatan dan Ukuran dari Dot

Jangan salah, setiap dot yang dijual memiliki kecepatan dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini biasanya disesuaikan dengan usia bayi yang menggunakan, dengan kondisi bahwa bayi berusia dini cenderung menggunakan dot dengan ukuran lebih kecil sehingga aliran ASI atau susu formula juga lebih lambat.

Bunda dapat mencermati keterangan pada kemasan produk yang ditawarkan, sehingga tidak sampai salah memilih. Jangan ragu juga berkonsultasi dengan dokter atau ahli yang lain dalam pemilihan dot ini, sehingga si kecil dapat menggunakan dot yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pada dasarnya penyesuaian ukuran dot ini ditujukan agar si kecil tidak tersedak, tidak memuntahkan kembali susu yang dikonsumsinya, dan dapat menikmati waktu makan dengan nyaman.

4. Keunikan dan Benefit Lain yang Ditawarkan

rekomendasi dot bayi

Rekomendasi dot bayi jelas akan mengacu pula pada keunikan dan benefit yang ditawarkan. Jika tidak hal di atas menjadi dasar pemilihan dot bayi yang tepat, maka beberapa poin di bawah ini dapat Bunda jadikan acuan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Desain yang Disesuaikan dengan Penggunaan

Salah satu desain yang tengah menjadi favorit adalah asymmetrical off-center yang artinya dot tidak berada tepat di tengah. Hal ini memungkinkan si kecil bisa menggunakan dot tanpa harus memiringkan botolnya terlalu tinggi. Kemiringan dot hanya sekitar 20 derajat saja sehingga menyerupai posisinya saat Bunda menyusui si kecil.

Anti Colic Air Vent System

Fitur ini memungkinkan si kecil untuk terhindar dari kolik yang dipicu karena sensitivitasnya pada gas. Ketika menggunakan dot yang tidak memiliki fitur ini, gas dapat masuk bersamaan dengan susu yang diminum si kecil. Ketika gas menumpuk di bagian lambungnya, si kecil akan merasa tak nyaman dan memicu terjadinya kolik.

Pada dasarnya sistem ini membantu mengurangi gas yang masuk bersamaan dengan susu ketika menggunakan dot, sehingga tidak ada gas yang terlalu menumpuk di bagian lambungnya.

Bentuk Elips dan Kelembutan Ekstra

Bentuk yang didesain khusus untuk menyerupai bentuk alami payudara membantu si kecil beradaptasi dengan lebih cepat. Disamping itu, penggunaan material silikon yang berkualitas juga dapat memberikan kelembutan yang diperlukan oleh si kecil, sehingga ia dapat menyusu dengan optimal.

Lalu Apa Rekomendasi Dot Bayi yang Diberikan?

Hegen, menjadi salah satu brand yang menyediakan beragam produk terbaik untuk si kecil dan Bunda. Tidak hanya memenuhi berbagai kriteria yang disebutkan di atas, Hegen juga menawarkan kualitas unggul dan kenyamanan untuk Bunda dan si kecil dalam menggunakan setiap produknya.

rekomendasi dot bayi

Seperti HEGEN TEAT SLOW FLOW (2-PACK) yang menjadi salah satu produk yang ditawarkan oleh Hegen ini. Rekomendasi dot bayi ini menggunakan 100% silikon berkualitas dan bebas BPA, dengan karakter sangat lembut dan dot yang memiliki kelebaran di bagian dasarnya sehingga dapat meniru bentuk payudara Bunda. Sistem anti kolik yang disematkan juga sangat berguna untuk mengurangi gas yang masuk ke pencernaan si kecil.

Selain itu tersedia pula variabel lain untuk tipe extra slow flow, medium flow, fast flow, dan thick feed, yang dapat Bunda pilih sesuai dengan kebutuhan, dengan kualitas serupa dan kenyamanan yang sama.

 

Hegen menjadi rekomendasi dot bayi yang dapat Bunda gunakan, dan dapat disesuaikan dengan usia si kecil. Dipadukan dengan botol berkualitas dari bahan PPSU yang bebas BPA, menjadikan produk baby care Hegen benar-benar memiliki keunggulan yang dapat mengoptimalkan manfaat ASI untuk si kecil. Cermati lebih jauh setiap produknya pada laman produk Hegen, dan dapatkan produk terbaik untuk setiap fase tumbuh kembang si kecil!


Referensi:  

  • theAsianparent. Memilih Ukuran Dot Bayi Sesuai Umum, Bagaimana Caranya?. https://id.theasianparent.com/ukuran-dot-bayi-sesuai-umur
  • Mooimom. 3 Ciri Dot Anti Bingung Puting yang Paling Disukai Bayi. https://www.mooimom.id/mamapedia/3-ciri-dot-anti-bingung-puting-yang-paling-disukai-bayi.
  • Bayibu. Tips Memilih Botol Susu dan Dot yang Baik untuk Bayi. https://bayibu.com/tips-memilih-botol-susu-dan-dot-yang-baik-untuk-bayi/.
  • Klikdokter. 4 Tips Memilih Ukuran Dot Sesuai Umur Bayi. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/ukuran-dot-bayi-sesuai-umur.