Blog Hegen

7+ Cara Mudah Mengatasi Puting Sakit saat Menyusui

Potret seorang ibu yang tersenyum saat sedang menyusui bayinya dambaan setiap ibu baru yang akan memasuki fase terpenting ini. Namun jujur menyusui bisa jadi pengalaman yang menyakitkan. Bunda mungkin mengalami puting sakit saat menyusui seperti pecah-pecah, lecet hingga berdarah, saluran ASI membengkak, infeksi, sakit punggung, dan lainnya. 

Tekanan emosional yang disebabkan oleh pasokan ASI yang sedikit atau masalah menyusui lainnya, mungkin dapat menambah rasa sakit saat menyusui. Namun saat menghadapi keadaan demikian, bukan berarti Bunda tidak bisa mengatasinya untuk menikmati momen luar biasa dalam hal menyusui. 

Yuk Bunda simak beberapa cara untuk mengatasi dan meredakan nyeri puting sakit sakit menyusui yang bisa coba langsung dipraktikkan! 

Apa Penyebab Puting Terasa Sakit saat Menyusui?

Jika Bunda mengalami demam dan terdapat kemerahan yang menyebar di sekitar puting dan payudara, mungkin Bunda menderita mastitis, yaitu kondisi saluran ASI tersumbat atau infeksi akibat bakteri masuk ke payudara. 

Mastitis bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari kebiasaan merokok, memakai bra yang terlalu ketat, gizi buruk, stress, hingga teknik menyusui yang tidak tepat. 

Dua penyebab utama nyeri pada puting saat menyusui adalah bayi tidak menyusu dengan benar serta kurangnya perawatan dan perhatian terhadap kesehatan puting saat menyusui dan pumping. 

Pelindung pompa (pump shields) yang ukurannya tidak pas bisa menyebabkan iritasi pada puting ibu. Untungnya, produk Hegen Breast Pump memiliki shield yang dirancang senyaman mungkin untuk berbagai bentuk puting.

Cara Mengatasi dan Mencegah Puting Sakit saat Menyusui

1. Mengoleskan ASI yang Baru Diperah

Hasil studi dalam ACS Publication, menemukan bahwa ASI yang diproduksi oleh tubuh seorang ibu sebenarnya mengandung anti bakteri yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati puting lecet dan mengurangi rasa nyerinya. 

Caranya cukup mudah dengan mengoleskan beberapa tetes ASI yang baru diperah ke area puting sebelum dan sesudah menyusui, kemudian biarka kering dengan diangin-anginkan. Perlu dicatat, Busui tidak dapat menerapkan metode ini apabila ada infeksi jamur di sekitar puting, sebab jamur akan berkembang lebih cepat di kondisi yang lembap.

2. Pastikan Posisi Pelekatan Bayi Sudah Benar

Untuk mencegah dan meredakan nyeri yang dialami di area puting, pastikan Bunda untuk memeriksa posisi pelekatan bayi sudah tepat atau belum. Bunda perlu belajar mengatur posisi menyusui untuk mencari kenyamanan si Kecil. Jika pelekatan salah, masukkan jari secara perlahan ke dalam mulut si Kecil untuk mengeluarkan puting dan coba lagi pada posisi lain.

puting sakit saat menyusui

3. Oleskan Pelembap pada Area Puting yang Sakit

Bunda bisa mengoleskan lanolin atau natural nipple cream lainnya untuk menjaga kulit di sekitar area puting tetap lembap. Contoh kandungan alami yang bagus untuk mengatasi puting sakit seperti tea tree oil yang bersifat antiseptik, minyak zaitun, dan minyak almond yang berkhasiat melembapkan area puting. 

4. Kompres Hangat Sebelum Menyusui

Lakukan kompres hangat pada puting dan area payudara yang sakit untuk membersihkan area puting, membantu refleks pelepasan, meredakan peradangan, serta melancarkan produksi ASI. Cara kompres hangat sangat mudah, rendam handuk di dalam air hangat, lalu oleskan pada payudara dengan memfokuskan pada area yang meradang atau membengkak.

Kompres hangat ini bisa Bunda terapkan secara rutin setiap akan menyusui agar semakin payudara semakin terasa nyaman. Bunda bisa mandi dengan air hangat untuk merasakan efeknya hingga ke sekujur tubuh.

5. Pijat RIngan Payudara untuk Meredakan Bengkak

Rasa sakit dan nyeri yang timbul berasal dari payudara bengkak ataupun saluran ASI yang tersumbat. Untuk membantu mengatasi bengkak dan melancarkan ASI di area yang tersumbat bisa dengan pijatan ringan saat menyusui atau di antara sesi menyusui.

puting sakit saat menyusui

6. Kenakan Bra Menyusui yang Nyaman

Selain memastikan kebersihan bra dan payudara, Bunda juga perlu memakai bra yang nyaman sesuai ukuran payudara. Jika memakai bantalan payudara, usahakan pakai produk herbal hidrogel yang mampu mengurangi rasa sakit dan luka pada puting. Cara ini penting untuk mencegah puting lecet akibat bergesekan dengan bra. 

7. Kosongkan Payudara dengan Pumping secara Rutin

Payudara Busui yang dibiarkan kencang bisa memicu bengkak dan nyeri. Oleh karena itu, payudara perlu dikosongkan setiap kali terasa penuh, umumnya sekitar dua jam sekali setelah bayi baru lahir.

Pengosongan secara teratur menjadi cara efektif untuk mengatasi payudara yang sakit saat menyusui dan juga bisa meningkatkan produksi ASI. Dianjurkan untuk menyusui atau memompa ASI sebanyak 8-12 kali sehari, termasuk di malam hari. 

Apabila menyusui bayi secara langsung atau direct breastfeeding dirasa terlalu nyeri, payudara bisa dikosongkan dengan memakai alat pompa ASI. Sebelumnya perhatikan kualitas peralatan breast pump yang digunakan untuk pumping ASI agar puting lecet dapat dicegah. 

Itulah beberapa cara mengatasi puting sakit saat menyusui yang bisa Bunda terapkan. Apabila puting yang sakit disertai lecet, berdarah, hingga muncul ruam di kulit, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Hegen Breast Pump yang Harus Bunda Miliki

puting sakit saat menyusui

Kami menawarkan HEGEN PCTO MANUAL BREAST PUMP MODULE dan HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW

Baik manual maupun electric breast pump dilengkapi dengan SoftSqround flanges yang terbuat dari soft silicone untuk daya rekat terbaik dan lembut pada nipple dan kulit Bunda. 

Uniknya, Hegen Double Electric Breast Pump juga dilengkapi fitur pijatan, lho! Cukup ganti eCap dengan Kneading Ring yang menyerupai alat pijat bekam yang terinspirasi TCM. Fitur pijat ini membantu menstimulasi sirkulasi, meredakan pembengkakan atau nyeri, dan meningkatkan hormon bahagia.

Dapatkan rangkaian produk Hegen Breast Pump maupun perlengkapan bayi lainnya untuk menyusui hanya di situs resmi Hegen. Cek koleksinya dan checkout produk pilihanmu sekarang juga!


Referensi

  1. ACS Publications. Diakses pada 2020. Human Milk Oligosaccharides Exhibit Antimicrobial and Antibiofilm Properties against Group B Streptococcus.
  2. Alodokter. 6 Cara Mengatasi Puting Sakit Saat Menyusui. https://www.alodokter.com/begini-cara-mengatasi-puting-sakit-saat-menyusui
  3. KlikDokter.com. 14 Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Menyusui. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/ibu-menyusui/cara-mengatasi-payudara-sakit-saat-menyusui