Blog Hegen

MPASI Anti GTM: Kumpulan Resep MPASI 6 Bulan yang Disukai Bayi

Saat bayi berusia 6 bulan, bayi akan dikenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI). Pada saat mulai mengenalkan makanan pertama ini, biasanya bunda akan mengalami masa-masa menantang dengan kendala bayi tdak mau makan atau melakukan gerakan tutup mulut (GTM). Untuk menghindari terjadinya GTM, maka bunda wajib melakukan tahap pengenalan rasa. Bagaimana caranya? Tentunya dengan mencari berbagai kumpulan resep mpasi 6 bulan tahap pengenalan rasa seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Apa Itu Gerakan Tutup Mulut?

Gerakan tutup mulut atau GTM sering diartikan susah makan. Artinya pun kurang lebih sama seperti picky eating yang termasuk gangguan makan. GTM biasa terjadi pada anak-anak sejak usia bayi (6 bulan, memasuki masa MPASI) dan juga balita. Bayi yang mengalami GTM cenderung lebih mengkhawatirkan, terutama pada bayi usia 6 bulan yang baru saja memasuki tahap MPASI. Penyebab GTM pada Anak Ada banyak faktor. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Anak belum terbiasa dengan makanan selain ASI
  • Masih merasa kenyang sehingga membuat anak enggan untuk makan
  • Sedang tidak enak badan atau sakit
  • Preferensi tekstur makanan yang tidak sesuai
  • Ada gangguan di dalam makanan seperti rasa yang terlalu asin atau ada zat asing yang teksturnya mengganggu
  • Kondisi lingkungan tidak kondusif misalnya terlalu ribut sehingga anak tidak bisa fokus untuk makan

Tips Mengatasi GTM pada Bayi

1.Sabar dan konsisten dalam menawarkan makanan

Cobalah untuk membuat jadwal makan secara teratur. Selain itu, Bunda juga bisa membiasakan bayi untuk makan sambil duduk di kursi makannya. Walaupun pada awalnya terkadang sulit, namun jika dikondisikan secara konsisten, lama-lama bayi akan memahami kebiasaan tersebut.

2.Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Bunda bisa memutarkan lagu anak-anak yang ceria dan membeli perangkat makan dalam warna-warna cerah untuk menarik perhatian si kecil. Dengan suasana makan yang menyenangkan, si kecil akan lebih mudah untuk menerima makanan.

3.Variasikan jenis dan tekstur makanan

Bayi perlu mencoba berbagai jenis makanan dan tekstur yang berbeda agar terhindar dari sikap terlalu pilih-pilih dan rasa cepat bosan. Selain itu, dengan memberi varian makanan yang berbeda, kebutuhan gizi si kecil akan lebih mudah tercukupi dan seimbang.

4.Sajikan makanan dengan tampilan menarik

Bunda bisa mengepal nasi dalam bentuk bola atau mencetak wortel dalam bentuk bintang sehingga si kecil tertarik dengan makanannya. Atau bunda juga bisa mengkreasikan warna-warna sayuran secara menarik agar si kecil lebih bersemangat menghabiskan makanannya.

5.Libatkan bayi dalam proses makan

Bunda bisa memperbolehkan bayi untuk memegang sendok agar tertarik mengambil makanan. Atau biarkan bayi mengenal tekstur makanan dengan membiarkan tangan bayi untuk mengambil makanan dan memberi suapan pada mulutnya.

Kumpulan Resep MPASI 6 Bulan Tahap Pengenalan Rasa Anti GTM

Puree Sayuran:

Jenis puree sayuran yang banyak disukai oleh bayi adalah, wortel manis, labu kuning, brokoli + kentang, dan ubi ungu.

Resep puree sayuran

Resep untuk membuat puree sayuran sebenarnya sangat mudah

  • Bersihkan sayuran yang akan digunakan
  • Rebus atau kukus sayuran yang diinginkan
  • Dinginkan sampai suhu ruang
  • Baru setelah itu bisa dimasukkan ke dalam food processor dengan menambahkan sedikit air matang atau asi sebagai perasa alami lalu dihaluskan sampai mendapat tekstur yang diinginkan.

Puree Buah:

Puree buah yang banyak disukai oleh bayi karena memiliki rasa yang khas adalah: pisang, apel + pir, pepaya, alpukat dan buah naga.

Resep puree buah

Cara membuat puree buah juga tergolong mudah. Jika buah memiliki tekstur yang lunak seperti pisang atau buah naga, maka bunda bisa menghaluskannya secara langsung menggunakan sendok atau garpu.

Tetapi jika buah bertekstur keras semacam apel dan pir, maka bunda bisa membersihkannya terlebih dahulu, memotongnya kecil-kecil kemudian memasukkannya ke dalam food processor dengan menambahkan sedikit air.

Bubur Saring:

Bubur saring yang biasanya menjadi favorit si kecil adalah : bubur beras mera, bubur beras putih dengan kaldu ayam, bubur beras putih dengan hati ayam, bubur beras putih dengan ikan salmon

Resep membuat bubur saring:

Bubur saring biasanya berasal dari makanan pokok ditambah dengan sayur atau lauk seperti hati ayam atau ikan salmon.

Cara pembuatan bubur saring adalah dengan memasak bahan pokok seperti beras untuk dijadikan nasi, kemudian dihaluskan bersama lauk seperti hati ayam atau ikan salmon yang sudah dikukus atau direbus terlebih dahulu.

Tips Tambahan:

Agar makanan MPASI yang dibuat oleh bunda dapat memenuhi unsur kesehatan, maka jangan lupa:

  • Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas
  • Sesuaikan tekstur dengan kemampuan bayi
  • Tambahkan ASI atau susu formula untuk menambah rasa dan nutrisi
  • Sajikan dalam porsi kecil dan sering

Jadwal Pemberian MPASI 6 Bulan

Pada awal pemberian makanan bayi, coba lakukan secara bertahap.Anda bisa mulai memberikan makan MPASI dengan jadwal 2—3 kali per hari untuk bayi usia 6—8 bulan.

Porsi makan bayi usia 6—8 bulan yakni 2—3 sendok makan untuk makanan utama sesuai jadwal. Lama-kelamaan tingkatkan asupan sang buah hati hingga ½ mangkuk berukuran ukuran 250 mililiter (ml).

Selebihnya, coba berikan sekitar 1—2 kali makanan selingan atau cemilan sesuai dengan jadwal makan MPASI dan keinginan bayi.

Nah Bunda, ternyata mengatasi GTM dengan memberi variasi dari kumpulan resep MPASI 6 bulan tahap pengenalan rasa sangatlah penting. Jangan lelah untuk selalu mencoba varian resep di atas agar bayi bersemangat makan. Untuk membantu fase MPASI ini, Bunda juga akan memerlukan wadah makanan yang praktis dan berkualitas. Hegen, dalam hal ini, siap memberikan opsi produk andalan dengan kualitas yang tidak main-main. Eksplorasi produknya di laman produk kami, dan dapatkan produk solid untuk setiap tumbuh kembang si kecil!

Referensi

GTM pada Anak: Bahaya, Penyebab, dan Cara Mengatasi (Lengkap) | https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/kesehatan-anak/gerakan-tutup-mulut-gtm/

https://www.urbanjabar.com/lifestyle/9210188497/10-resep-bubur-saring-mpasi-lengkap-gizi-seimbang

https://id.wikihow.com/Membuat-Pure-Sayuran