Blog Hegen

Rekomendasi Merk Botol Susu yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir


Siapa yang tidak ingin memberikan hal terbaik untuk buah hatinya? Setiap orang tua jelas memilih produk terbaik, treatment terbaik, untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tentu saja, penting juga untuk memilih merk botol susu yang bagus untuk bayi baru lahir hingga ia tumbuh dan lepas dari fase ini.

Jika berbicara mengenai produk baby care, termasuk botol susu yang berkualitas, tentu produk yang Bunda beli harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Kriteria ini disesuaikan dengan kualitas dan mutu dari produk, sehingga tidak hanya dapat digunakan hingga ia beranjak ke fase berikutnya, namun juga memberikan rangsangan berkesinambungan selama botol susu ini digunakan.

Kriteria yang Sebaiknya Bunda Cermati pada Produk Botol Susu

Merk Botol Susu yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir

1. Pastikan Bebas BPA

BPA merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam memproduksi botol plastik agar tampak jernih dan tidak mudah pecah. Namun demikian kandungan ini dapat mencemari susu yang dimasukkan ke dalam botol, dan membawa dampak buruk pada jangka panjang.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kontaminasi BPA dapat mengganggu sistem reproduksi, saraf, dan sistem daya tahan tubuh si kecil. Salah satu alternatif yang direkomendasikan adalah botol berbahan PPSU atau polyphenylsulfone.

Bahan PPSU mengkombinasikan kebaikan kaca dan plastik, sehingga memiliki bobot ringan, daya tahan yang baik, ketahanan suhu dengan rentang baik, serta berwarna menarik seperti amber atau kemerahan.

2. Kondisi Botol yang Sempurna

Ketika melakukan pembelian dan saat digunakan, pastikan botol susu untuk si kecil berada dalam kondisi sempurna. Artinya, botol dalam keadaan kering, sudah dibersihkan atau higienis, dan tidak mengalami goresan dan sejenisnya.

Botol yang tidak berada dalam kondisi sempurna akan berisiko memberikan kontaminasi, dan berdampak buruk pada si kecil. Nah, botol dengan bahan PPSU tadi hanya digunakan beberapa merk yang berdedikasi memberikan yang terbaik untuk si kecil, sama seperti yang Bunda inginkan.

3. Sesuaikan Ukuran dan Usia si Kecil

Jika yang Bunda cari adalah merk botol susu yang bagus untuk bayi baru lahir, maka pastikan merk ini memberikan opsi ukuran yang diperlukan. Bayi baru lahir cenderung membutuhkan ASI dalam jumlah lebih sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih banyak.

Salah satu produk yang dirasa tepat adalah botol susu untuk minum si kecil dengan ukuran 60 ml atau 2 oz. Ukuran ini cukup ringkas untuk dibawa, dan mudah untuk membantu Bunda memberikan ASI melalui botol ketika Bunda tidak sedang dalam kondisi dapat memberikannya secara langsung.

4. Jenis Teat yang Digunakan

Teat atau bagian dot botol bayi yang nantinya digunakan oleh si kecil untuk menyusu dari botol. Jangan salah pilih, karena jenis teat yang digunakan juga akan berbeda. Pada bayi baru lahir jenis yang paling tepat adalah jenis slow teat atau jenis lambat.

Hal ini mengingat kemampuan si kecil untuk menghisap susu belum terlalu baik, dan menjadi produk yang tepat untuk belajar menyusu dari botol. Si kecil bisa minum lebih tenang dengan risiko tersedak yang cenderung sangat kecil.

5. Fitur yang Diberikan pada Botol

Jangan salah, Bunda wajib paham bahwa pada merk botol berkualitas terdapat fitur-fitur yang disematkan untuk memaksimalkan penggunaan botol susu dalam rangka memberikan susu pada si kecil.

Misalnya saja bentuk teat yang lebih ergonomis sehingga membantu si kecil mendapatkan sensasi seperti sedang menyusu pada Bunda secara langsung. Bentuk teat seperti ini tidak berada tepat di tengah, namun sedikit di bagian bawah.

Botol juga bisa diberikan fitur tertentu yang memungkinkan kemiringan penggunaannya ideal sehingga susu yang diberikan pada si kecil tidak terlalu deras. Selain mampu mengatur arus susu yang disedot oleh si kecil, bentuk ini juga membuat posisi kepalanya lebih ideal saat menyusu dan lebih alami.

Lalu Adakah Merk Botol Susu yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir Seperti Kriteria di Atas?

Tentu saja, Hegen hadir sebagai salah satu merk botol susu yang bagus untuk bayi baru lahir, bahkan hingga ia tumbuh dan berkembang. Hegen menggunakan material terbaik untuk produk botol susu yang dimilikinya, yakni PPSU yang memadukan kebaikan material kaca dan plastik.

Tentu dari segi keamanan, botol susu dari Hegen sudah terjamin. Telah mendapatkan pengakuan FDA dan terverifikasi bebas BPA

Tidak hanya menjadi merk botol susu yang bagus untuk bayi baru lahir, Hegen juga memiliki sederet produk berkualitas lainnya, seperti yang dapat Bunda lihat di bawah ini.

HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ FEEDING BOTTLE PPSU

Merk Botol Susu yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir

Botol ini dibuat dengan material PPSU, dan menggunakan volume terkecil. Dengan hanya kapasitas 60 ml, Bunda dapat menggunakan botol susu ini untuk bayi yang baru lahir. Namun demikian tentu Bunda wajib rajin mencucinya, dan mengisi kembali botol ini karena si kecil akan membutuhkan banyak asupan ASI.

Bunda dapat memperoleh botol dengan ukuran lebih besar, seperti 150 ml dan 330 ml dengan langsung mengklik tautan yang ada pada ukuran tersebut.

HEGEN TEAT SLOW FLOW (2-PACK)

Merk Botol Susu yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir

Selanjutnya terdapat teat yang didesain sedemikian rupa sehingga memberikan sensasi menyusu alami, mirip seperti ketika si kecil menyusu langsung pada Bunda. Variannya tersedia cukup beragam, mulai dari model slow flow, medium flow, hingga fast flow.

Slow flow sendiri sangat direkomendasikan untuk bayi baru lahir.

 

Hegen menjadi salah satu merk botol susu yang bagus untuk bayi baru lahir. Selain itu, desain produk yang ergonomis juga memungkinkan penggunaan berbagai jenis tutup yang ada pada etalase produk Hegen untuk digunakan pada setiap jenis botol yang disediakan. Jadi Bunda dapat terus menggunakan botol susu Hegen untuk berbagai keperluan hingga si kecil bertambah usianya. Selalu pastikan produk terbaik untuk mendampingi si kecil, dan jangan ragu melihat berbagai produk yang ditawarkan Hegen pada etalasenya!


Referensi: 

  • Alodokter. Jangan Salah Memilih Botol Bayi, Ini Kriteria yang Aman. https://www.alodokter.com/jangan-salah-memilih-botol-bayi-ini-kriteria-yang-aman.
  • Halodoc. Ketahui Tips Memilih Botol Susu yang Baik untuk Bayi. https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-tips-memilih-botol-susu-yang-baik-untuk-bayi. 
  • Watsons. Cara Memilih Botol Bayi dengan Tepat. https://www.watsons.co.id/id/blog/ibu-bayi-id/cara-memilih-botol-bayi-dengan-tepat.
  • Nakita Grid Id. 5 Syarat yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Botol Susu Bayi, Catat!. https://nakita.grid.id/read/021531580/5-syarat-yang-harus-diperhatikan-dalam-memilih-botol-susu-bayi-catat?page=all.