Blog Hegen

Acuan Kenaikan Berat Badan Bayi Normal, Ada 4 Fase!


Tumbuh kembang si kecil pada tahun pertama idealnya mencapai acuan tertentu, sehingga dapat dikatakan normal. Tidak sedikit organisasi kesehatan dan lembaga yang berfokus pada tumbuh kembang bayi memberikan panduan kenaikan berat badan bayi normal pada 12 bulan awal usia si kecil.

Secara dinamis sebenarnya setiap bayi memiliki waktu tumbuh kembangnya masing-masing. Acuan di artikel ini tidak kemudian berarti mutlak, namun hanya sebagai ukuran ideal saja. Bunda dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui bagaimana kondisi si kecil.

Peningkatan dan Penurunan Berat Badan si Kecil

kenaikan berat badan bayi normal

Tidak hanya mengalami peningkatan, si kecil juga idealnya mengalami penurunan berat badan. Hal ini akan terjadi pada beberapa periode, seperti beberapa hari pertama usianya yang bisa mencapai 10% dari berat lahir, dan beberapa periode lainnya.

Namun demikian hal ini sifatnya alami, dan terjadi pada hampir semua bayi. Jadi Bunda tidak perlu khawatir. Si kecil juga akan mengalami peningkatan yang signifikan pada usia 7 hingga 10 hari, kemudian 2 hingga 3 minggu, dan 4 hingga 6 minggu usianya.

Secara ideal, bayi akan mengalami peningkatan sekitar 20 hingga 30 gram berat badan per hari, hingga pada usia 1 bulan. Pada usia ini, berat si kecil idealnya berada di kisaran kurang lebih 4 kilogram. Masa ini akan kembali terjadi pada usia 3, 4, 6, dan 9 bulan.

Acuan Kenaikan Berat Badan Bayi Normal 0 Hingga 12 Bulan

kenaikan berat badan bayi normal

Tumbuh kembang si kecil akan terasa sangat cepat di usia awal tumbuh kembangnya. Untuk masing-masing periode, berikut penjelasannya.

1. Periode Usia 0 - 3 Bulan

Berat badan bayi ketika lahir pada umumnya bisa mencapai 3,9 kg untuk bayi laki-laki, dan 3,7 kg untuk bayi perempuan. Setiap waktu, berat badannya akan bertambah secara ideal.

Secara berurutan untuk usia 0, 1, 2, dan 3 bulan, berikut kisaran berat badan ideal untuk bayi laki-laki dan perempuan.

  • Bayi laki-laki: 0 bulan antara 2,5 - 3,9 kg, 1 bulan antara 3,4 - 5,1 kg, 2 bulan antara 4,3 - 6,3 kg, dan 3 bulan antara 5 - 7,2 kg
  • Bayi perempuan: 0 bulan antara 2,4 - 3,7 kg, 1 bulan antara 3,4 - 4,8 kg, 2 bulan antara 3,9 - 5,8 kg, dan 3 bulan antara 4,5 - 6,6 kg

2. Periode Usia 4 - 6 Bulan

Pada periode usia 4 hingga 6 bulan, berat badan si kecil bisa mencapai 8,8 kg untuk laki-laki, dan 8,2 kg untuk perempuan. Detailnya adalah sebagai berikut.

  • Bayi laki-laki: 4 bulan antara 5,6 -7,8 kg, 5 bulan antara 6 - 8,4 kg, dan 6 bulan antara 6,4 - 8,8 kg
  • Bayi perempuan: 4 bulan antara 5 - 7,3 kg, 5 bulan antara 5,4 - 7,8 kg, dan 6 bulan antara 5,7 - 8,2 kg

3. Periode Usia 7 - 9 Bulan

Pada usia ini, bayi laki-laki bisa mencapai berat badan 9,9 kg, sedangkan bayi perempuan bisa mencapai berat badan 9,3 kg. Detailnya pada setiap bulan adalah sebagai berikut.

  • Bayi laki-laki: 7 bulan antara 6,7 - 9,2 kg, 8 bulan antara 6,9 - 9,6 kg, dan 9 bulan antara 7,1 - 9,9 kg
  • Bayi perempuan: 7 bulan antara 6 - 8,6 kg, 8 bulan antara 6,3 - 9 kg, dan 9 bulan antara 6,5 - 9,3 kg

4. Periode Usia 10 - 12 Bulan

Terakhir pada periode usia 10 hingga 12 bulan pertama usianya si kecil bisa mencapai bobot 10,8 kg untuk bayi laki-laki, dan 10,1 kg untuk bayi perempuan. Detailnya adalah sebagai berikut.

  • Bayi laki-laki: 10 bulan antara 7,4 - 10,2 kg, 11 bulan antara 7,6 - 10,5 kg, dan 12 bulan antara 7,7 - 10,8 kg
  • Bayi perempuan: 10 blan antara 6,7 - 9,6 kg, 11 bulan antara 6,9 - 9,9 kg, dan 12 bulan antara 7 - 10,1 kg

Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh pada berat badan si kecil pada 12 bulan usia pertamanya. Beberapa yang paling jelas antara lain adalah jenis kelamin, asupan nutrisi yang diberikan oleh Bunda, kondisi kelahiran bayi apakah prematur atau normal, dan gangguan kesehatan selama tumbuh kembangnya.

Bunda dapat mengoptimalkan peningkatan berat badan si kecil dengan beberapa cara klasik. Mulai dari memberikan ASI dengan intensitas lebih sering, mendukung dengna MPASI yang juga bernutrisi seimbang, memberikan waktu tidur berkualitas untuknya, dan beberapa langkah lain yang direkomendasikan dokter.

Jika memang dirasa tumbuh kembangnya terlalu jauh dari angka di atas, jangan ragu segera mendatangi dokter anak kepercayaan Bunda dan berkonsultasi untuk mendapatkan solusi tepatnya.

Dukung Kenaikan Berat Badan Bayi Normal dengan Produk Baby Care Berkualitas

Bunda juga dapat menggunakan produk baby care berkualitas untuk mendukung peningkatan berat badan normal si kecil selama setahun pertama. Produk berkualitas seperti Hegen dapat menjadi opsi yang diandalkan, sebab dibuat menggunakan material terbaik PPSU yang bebas BPA dan telah terverifikasi oleh FDA secara langsung sebagai bahan berkualitas yang aman digunakan untuk bayi.

Jika Bunda memerlukan breast pump berkualitas untuk memiliki stok ASI yang siap diberikan kapanpun, HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW dapat  menjadi solusinya. Set lengkap ini dapat memudahkan Bunda untuk memerah ASI, dan menyimpannya secara langsung.

kenaikan berat badan bayi normal

Bunda juga dapat menggunakan opsi paket produk lain seperti HEGEN PCTO™ EXPRESS STORE FEED STARTER KIT NEW yang memiliki beberapa botol susu berkualitas tinggi yang dipadukan dengan breast pump manual dengan beberapa setelan perahan.

kenaikan berat badan bayi normal

Dengan demikian, asupan ASI untuk si kecil dapat dijamin terus tersedia setiap waktu, sehingga ia dapat mencapai berat badan ideal untuk bayi.

 

Sekilas informasi mengenai kenaikan berat badan bayi normal di atas semoga dapat membantu Bunda memiliki gambaran yang lebih jelas. Tentu saja, sangat direkomendasikan untuk menghubungi dokter anak kepercayaan Bunda agar dapat memonitor tumbuh kembangnya dengan lebih baik. Percayakan setiap produk baby care pada Hegen, karena Hegen tahu yang terbaik untuk Bunda dan si kecil di setiap fase tumbuh kembangnya!

 

Referensi

  • Mayo Clinic. How much should I expect my baby to grow in the first year?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/infant-growth/faq-20058037.
  • Nutriclub. Panduan Berat Badan Bayi Normal Usia 0-12 Bulan. https://www.nutriclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/0-3-bulan/perkembangan-berat-badan-bayi.
  • Alodokter. Patokan Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usianya. https://www.alodokter.com/jangan-cemaskan-berat-badan-bayi-normal-semua-ada-patokannya
  • Fimela. Panduan Berat Badan Bayi Ideal Selama Satu Tahun Pertama. https://www.fimela.com/parenting/read/4615838/panduan-berat-badan-bayi-ideal-selama-satu-tahun-pertama.