Blog Hegen

7 Cara Memilih Dot Bayi Newborn dan Rekomendasi Terbaiknya

Penggunaan dot bayi pada setiap tahap usia tentu berbeda-beda. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan bayi mengisap susu, sehingga kerap dibedakan ke dalam beberapa jenis aliran seperti lambat, sedang, dan cepat. Untuk bayi baru lahir, tentu Bunda wajib memilih dot bayi newborn dengan aliran lambat. Namun, apa saja yang  perlu diperhatikan dalam memilih dot bayi berkualitas untuk si kecil? Simak jawabannya di sini serta rekomendasi dot bayi terbaik dari Hegen yang bisa Bunda berikan untuk si kecil.

Tips Memilih Dot Bayi Newborn

dot bayi newborn

Memilih dot bayi yang tepat untuk bayi newborn sangat penting untuk kenyamanan si kecil saat menyusu. Berikut beberapa tips untuk memilih dot bayi newborn.

  1. Pastikan dot terbuat dari bahan yang aman, seperti silikon atau karet yang bebas BPA. Bahan ini lembut, fleksibel, dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan bayi.
  2. Pilih dot dengan ukuran yang sesuai untuk bayi newborn. Dot yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan kesulitan saat menyusui dan tidak nyaman bagi bayi.
  3. Usahakan untuk memilih dot dengan bentuk yang mirip dengan bentuk puting susu ibu. Bentuk ini dapat membantu bayi agar lebih mudah menerima dot dan menyusui dengan nyaman.
  4. Perhatikan aliran dot bayi sebelum membeli. Pilih dot dengan aliran susu yang sesuai untuk bayi newborn. Biasanya, dot untuk bayi newborn memiliki aliran yang lambat untuk menghindari risiko tersedak atau terlalu banyak menelan udara.
  5. Pastikan dot memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah rusak. Periksa apakah dot tersebut tahan panas dan dapat dicuci dengan mudah.
  6. Jika bayi memiliki masalah dengan kolik atau kembung, pertimbangkan untuk memilih dot yang dirancang dengan sistem anti-kolik untuk mengurangi risiko udara yang tertelan.
  7. Apabila Bunda masih ragu dalam memilih dot yang tepat untuk bayi newborn, konsultasikan dengan ahli kesehatan anak atau konsultan laktasi untuk saran yang lebih spesifik.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat memilih dot yang tepat untuk bayi newborn sehingga akan membantu menjaga kenyamanan dan kesejahteraannya selama masa pertumbuhan awal.

Rekomendasi Dot Bayi Newborn dari Hegen

dot bayi newborn

 

Untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan si kecil selama proses menyusui, kami merekomendasikan HEGEN TEAT EXTRA SLOW FLOW (2-PACK) sebagai dot bayi newborn terbaik untuk sang buah hati tercinta.

Dot dengan aliran extra slow flow dari Hegen cocok digunakan sejak lahir (bahkan untuk bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah) karena meniru aliran awal ASI transisi. Selain itu, dot Hegen dirancang untuk mendorong transisi yang mulus dari pemberian ASI ke pemberian susu botol, sehingga meminimalkan kebingungan puting pada bayi. 

Teksturnya juga lembut dan berbentuk elips sangat mirip dengan payudara ibu yang sedang menyusui, sementara desain dot yang tidak berada di tengah memungkinkan untuk posisi menyusui tegak - serupa dengan posisi saat bayi disusui - untuk mengurangi risiko aliran balik ASI dan mengakibatkan komplikasi di bagian tengah telinga dan sakit perut.

Menariknya, ventilasi udara anti-kolik internal mengurangi asupan udara yang tidak diinginkan. Berikut ini manfaat fitur anti kolik pada dot newborn yang perlu Bunda pahami.

  • Mengurangi risiko bayi mengalami kembung dan tersedak.
  • Meminimalkan risiko refluks asam pada bayi.
  • Memungkinkan bayi untuk mengatur aliran susu mereka dengan lebih baik selama menyusui.
  • Menciptakan pengalaman menyusu dari dot yang lebih nyaman.

Bunda juga bisa membeli satu set dot bayi newborn dengan feeding bottle yang dirancang untuk bayi baru lahir. Kami merekomendasikan HEGEN 60ml/2OZ FEEDING BOTTLE yang diperuntukkan untuk bayi newborn/baru lahir. 

dot bayi newborn

Hegen’s 60ml/2oz feeding bottle berfungsi ganda sebagai pengumpul kolostrum dalam beberapa hari pertama produksi ASI dan minggu-minggu ketika para ibu mulai melancarkan aliran ASI. 

Selain itu, feeding bottle dari Hegen terbuat dari material PPSU yang sudah bersertifikat FDA, bebas BPA, tahan terhadap suhu tinggi, awet, ramah lingkungan, dan sering dipakai sebagai bahan dasar peralatan medis. Jadi tidak perlu ragu lagi dengan keunggulan dan kualitas dari produk-produk Hegen ya!

Tidak hanya feeding bottle dan dot bayi saja, Hegen juga menyediakan produk ibu dan bayi lainnya seperti straw cup, drinking bottle, breastmilk storage (wadah ASI dan MPASI), manual and electric breast pump, serta aksesori pelengkap yang bisa Bunda dapatkan dengan klik di sini.


Referensi:

  1. Hellosehat. Tak Perlu Bingung, Ini 3 Tips Mudah dan Tepat untuk Memilih Dot Bayi. https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/memilih-dot-bayi/
  2. Hegen. The Hegen Advantage. https://www.hegen.com/pages/the-hegen-advantage