Blog Hegen

Bunda, Ini Tips Memilih Dot Bayi Terbaik untuk si Kecil

Dot bayi aman digunakan dan memiliki banyak manfaat untuk si kecil, termasuk membantu bayi tertidur pulas, menenangkan saat si kecil rewel, dan masih banyak lagi. Namun dengan banyaknya produk dot bayi (baby’s teat) maupun botol minum bayi (feeding bottle) di pasaran, para orang tua harus lebih teliti saat memilih yang paling aman.

Tips Memilih Dot Bayi Terbaik

Sebelum membeli dot untuk si kecil, lakukan pemeriksaan mendetail pada setiap bagian dot. Lihat apakah ada sobekan, warna permukaan yang memudar, atau ada bagian dot yang terlepas. Dot dalam kondisi tidak bagus tidak boleh digunakan karena bisa membahayakan si kecil.

Cek apakah dot tersebut sudah ditarik dari pasaran. Menggunakan dot yang sudah ditarik dari pasaran akan membahayakan keselamatan si kecil. Oleh karena itu, selalu update informasi terbaru tentang keselamatan produk untuk memastikan dot si kecil masih aman digunakan.

Belilah dot yang tidak mudah terlepas atau copot saat digunakan bayi. Dot yang terbuat dari bahan plastik yang solid sangat aman digunakan. Jika masih ragu-ragu, mintalah rekomendasi dari spesialis dokter anak.

Pilih ukuran dot yang sesuai usia si kecil. Ukuran dot bervariasi tergantung pada usia si kecil. Setiap brand memiliki ukuran dot berdasarkan rentang usia yang disarankan.
Dot yang terlalu besar bisa membuat bayi tidak nyaman, dan dot yang terlalu kecil bisa menyebabkan tersedak. Maka sangat penting untuk memperhatikan ukuran dot sesuai usia si kecil sebelum membelinya.

Cara Tepat Merawat Botol dan Dot Bayi

Untuk merawat baby’s teat tetap bersih dan aman digunakan di kecil, ada beberapa pedoman dasar yang perlu diikuti. Dengan memastikan perawatan dot yang tepat, bayi akan selalu menggunakan dot yang aman dan bebas dari kuman.

Pertama, periksa dahulu dot yang akan digunakan di kecil. Perhatikan dengan jeli apakah ada retakan pada bagian karet atau plastik, yang bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran. Jika dot dalam kondisi rusak, buang dan ganti dengan yang baru.

Saat tiba jadwal membersihkan dot, gunakan air hangat yang sudah diberi beberapa tetes sabun khusus, dan juga kain, untuk menyeka permukaan dot. Moms juga bisa menggunakan sikat botol (bottle brush) jika diperlukan.

Jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan dot, atau merebus dot dalam air mendidih. Tindakan tersebut bisa merusak bahan atau membuat dot rentan terhadap pertumbuhan bakteri.

Setelah dot bayi dibersihkan, bilas memakai air kran dan biarkan hingga dot benar-benar kering sebelum digunakan kembali oleh si kecil. Saat menyimpan dot, jauhkan dari paparan sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Lakukan hal ini untuk mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri pada bagian karet atau plastik.

Sebaiknya simpan dot si kecil dalam wadah kedap udara saat tidak digunakan, agar tetap bersih dan bebas dari kotoran dan debu.

dot bayi terbaik

Apa Saja Keunggulan Dot Bayi dan Botol dari Hegen?

Bunda tak perlu pikir panjang untuk menjatuhkan pilihan produk dot dan botol minum bayi dari Hegen Indonesia. Mengapa harus memilih botol Hegen? Ada begitu banyak manfaat yang ditawarkan oleh hegen. Mari sebutkan satu per satu!

  • Semua botol Hegen terbuat dari PPSU (Polyphenylsulfone), bahan yang memenuhi standar FDA yang menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik, menjadikannya bebas BPA dan ringan.
  • Inovasi Press-to-Close, twist-to-Open atau PCTO, memungkinkan botol ditekan dan diputar dengan nyaman tanpa ada tumpahan.
  • Berbeda pada umumnya, botol Hegen berbentuk kotak yang membuat penyimpanan air susu lebih efisien dan mudah untuk ditumpuk. Selain itu, botol Hegen dapat melatih motorik si kecil untuk belajar menggenggam.
  • Botol Hegen teruji eco green, yang membuatnya aman digunakan untuk menyimpan ASI dan tidak akan teroksidasi. 
  • Feeding bottle Hegen dengan sistem ventilasi yang terbuat dari bahan anti colic sangat penting. Ini mengurangi asupan udara yang berlebihan dan melindungi si kecil dari sakit perut. Anti colic Hegen terintegrasi dengan putingnya sehingga mudah dipakai dan dicuci. 
  • Dot Hegen menyerupai bentuk nipple yang membantu bayi tidak kebingungan saat menyusu.
  • Teat Hegen dirancang asimetris dengan kemiringan 20 derajat untuk mengurangi risiko aliran balik susu. Saat digunakan, Hegen Feeding Bottle perlu dimiringkan sedikit tidak terlalu mendongak sehingga semua tetes ASI bisa dihabiskan sempurna.
  • Hegen adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan, karena bisa digunakan sebagai botol susu selama 6 bulan (sesuai standar internasional). Kemudian bisa dialihfungsikan sebagai tempat MPASI, snack, botol minum, dan lainnya, selama tidak bocor/retak.

Pilihan Produk Feeding Bottle untuk si Kecil dari Hegen

Untuk kebutuhan asupan harian susu si kecil mulai dari usia 0 bulan sampai 6+ bulan, Bunda bisa memilih produk feeding bottle yang tersedia dari ukuran 60ml, 150ml, dan 240ml.

dot bayi terbaik

Bunda bisa memilih botol minum susu dari Hegen berdasarkan kategori usia si kecil, ya. Teats dari Hegen memiliki variasi flow keluarnya tetes ASI yang bisa disesuaikan dengan usia bayi, mulai dari medium flow, slow flow, hingga fast flow.

Jangan ragu dengan mempercayakan produk dot dan botol susu si kecil hanya dari situs resmi Hegen Indonesia. Kami menawarkan banyak inovasi untuk membuat aktivitas menyusui jadi mudah, menyenangkan, dan sustainable. Yuk cek koleksi produk botol minum untuk buah hati tercinta hanya di Hegen!

Referensi:
The American Academy. Pacifier Safety - HealthyChildren.org