Blog Hegen

Tips dan Cara Mencuci Pompa ASI Elektrik, Simpel!


Penggunaan pompa ASI menjadi cukup umum untuk Bunda yang memiliki kesibukan luar biasa, namun tetap ingin memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Pada jenis elektrik, perawatannya memerlukan treatment khusus. Sekilas cara mencuci pompa ASI elektrik dapat Bunda cermati di artikel ini.

Sebenarnya pompa ASI elektrik dan manual memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung kenyamanan Bunda dalam menggunakannya. Namun pada dasarnya, pompa ASI memiliki fungsi yang serupa, yakni membantu menyediakan ASI untuk si kecil setiap saat.

Tips dan Cara Mencuci Pompa ASI Elektrik

cara mencuci pompa asi elektrik

Ada beberapa tips yang akan membuka artikel yang tengah Bunda baca ini. Tips ini dapat digunakan pada sebagian besar produk pompa ASI elektrik, dan mungkin saja perlu sedikit penyesuaian pada produk lainnya.

Tips Mencuci Pompa ASI Elektrik

Beberapa tips dasarnya adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Memastikan kebersihan tangan sebelum mencuci pompa ASI elektrik menjadi penting agar tidak ada kontaminasi kuman atau bakteri yang berasal dari tangan Bunda. Bunda dapat memastikannya dengan menggunakan cairan desinfektan.

Bunda tentu ingin yang terbaik untuk si kecil, maka dari itu langkah sederhana ini bisa sangat membantu Bunda dalam menjamin alat yang digunakan higienis dan steril.

  1. Cermati Bagian yang Harus Dicuci

Bunda perlu paham bahwa tidak semua bagian pompa ASI jenis elektrik perlu dicuci. Bagian mesin dan selang misalnya, bukan merupakan bagian yang akan masuk dalam daftar yang Bunda miliki untuk dicuci.

Bagian yang wajib dibersihkan adalah botol, leher, klep, dan corong pompa. Bagian selang seharusnya tetap bersih karena menjadi saluran udara, dan bagian mesin juga hanya sebagai penggerak utama saja.

  1. Gunakan Sikat yang Tepat

Karena alat pompa ASI elektrik memainkan peran penting dalam memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, maka Bunda juga wajib menggunakan produk sikat atau alat pembersih yang tepat. Sikat yang tepat tidak akan membuat bagian pompa ASI tergores atau rusak, namun tetap dapat membersihkan setiap bagiannya secara maksimal hingga benar-benar bersih.

Cara Mencuci Pompa ASI Elektrik yang Ideal

Untuk langkah mencuci pompa ASI elektrik yang ideal, Bunda dapat cermati poin singkat berikut ini.

Bersihkan tangan dengan desinfektan atau sabun hingga bersih

  • Gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan bagian kenop dan tombol pompa sebelum dan sesudah menggunakannya. Langkah ini diperlukan pada pompa ASI yang digunakan bersama dengan orang lain atau pompa ASI sewaan
  • Bilas bagian pompa yang bersentuhan langsung dengan ASI menggunakan air panas dan sabun dan pastikan tidak ada residu susu di bagian flensa, pelindung, atau membran, kemudian bilas dengan air bersih mengalir
  • Pastikan untuk tidak meninggalkan komponen pompa ASI elektrik di wastafel
  • Jangan merendam bagian-bagian pompa untuk diletakkan di wastafel untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman
  • Gunakan sikat botol khusus atau sikat pompa untuk membersihkan setiap bagian pompa ASI elektrik. Hindari penggunaan spons yang sama untuk mencuci piring
  • Setelah semua bagian dibersihkan dan dibilas, biarkan pompa kering dengan sendirinya. Opsi lain, Bunda dapat menggunakan lap bersih atau handuk kertas bersih. Hindari penggunaan lap piring atau lap bekas

Pembersihan ini bisa dilakukan secara rutin untuk memastikan pompa ASI dalam kondisi higienis setiap kali akan digunakan dan selesai digunakan. Meski pada produk berkualitas sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi agar tidak mudah ditumbuhi jamur atau sejenisnya, tapi prosedur sederhana ini tetap harus dilakukan sebagai langkah preventif.

Setelah semua proses selesai, simpan kembali pompa ASI elektrik di tempat yang sudah Bunda siapkan.

Mencari Produk yang Dapat Diandalkan? Hegen Punya Jawabannya

cara mencuci pompa asi elektrik

Hegen tentu menyediakan produk pompa ASI elektrik yang berkualitas untuk Bunda. Setiap bagiannya didesain sedemikian rupa dengan riset mendalam, sehingga memberikan tidak hanya fungsi yang optimal, namun juga kenyamanan dan kemudahan saat digunakan. Bahkan pada proses pembersihan, semua dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

cara mencuci pompa asi elektrik

Beberapa benefit utama dari produk HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW yang dapat Bunda jadikan opsi utama adalah sebagai berikut.

  • Lightweight & compact, sangat cocok untuk Bunda yang memiliki mobilitas tinggi sebab mudah dibawa dengan ukuran ringkas dan bobot yang ringan
  • Quiet, ketika digunakan suara yang dihasilkan kurang dari 50 desibel sehingga Bunda tidak akan terganggu dengan suara yang muncul
  • Portable, sebab pompa elektrik ini menggunakan USB-compatible charging port yang dapat melakukan pengisian daya dengan powerbank 
  • Relaxation massage feature
  • Gentler on breast & nipple
  • Breast practices workshop
  • Warranty 1 year
  • Pusat informasi yang lengkap dan responsif untuk membantu Bunda pada pertanyaan dan keluhan yang mungkin muncul dalam penggunaannya

Disamping semua kelebihan di atas Bunda juga dapat memaksimalkan proses pembersihkan sebab setiap bagian dari HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW ini mudah dibongkar. Artinya, setiap part yang ada akan menjadi mudah dibersihkan dengan optimal dan higienis.

 

Produk handal dari Hegen selalu tersedia untuk Bunda dan si Kecil, sebab Hegen paham benar Bunda selalu ingin yang terbaik untuk buah hati. Semoga sekilas penjelasan tentang cara mencuci pompa ASI elektrik ini bisa menjadi bacaan yang berguna untuk Bunda, dan semoga tumbuh kembang si kecil selalu optimal di setiap fasenya!

 

Referensi: 

  • MOOIMOM. Moms, Begini 5 Langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar. https://www.mooimom.id/mamapedia/moms-begini-5-langkah-membersihkan-pompa-asi-elektrik-yang-benar.
  • Siloam Hospitals. Ini Cara Membersihkan Pompa ASI agar Tetap Bersih & Steril. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-membersihkan-pompa-asi-agar-tetap-steril.
  • Orami. 4 Langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar. https://www.orami.co.id/magazine/langkah-langkah-membersihkan-pompa-asi-elektrik.
  • HaiBunda. Cara Tepat Membersihkan Pompa ASI Elektrik agar Bebas Bakteri. https://www.haibunda.com/menyusui/20200116135756-54-76714/cara-tepat-membersihkan-pompa-asi-elektrik-agar-bebas-bakteri.
  • Sang Buah Hati. Cara Merawat Pompa ASI Elektrik agar Tahan Lama. https://sangbuahhati.com/baca/cara-merawat-pompa-asi-elektrik-agar-tahan-lama/