Blog Hegen

Hindari Botol Susu Kaca, Ini 9 Keunggulan Botol PPSU Hegen

Ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan oleh setiap orang tua saat memberikan sesuatu kepada sang buah hati, termasuk salah satunya botol untuk minum susu. Pemilihan botol yang tepat, baik untuk menyimpan ASIP atau diberikan langsung ke bayi sangat mempengaruhi kualitas ASI eksklusif supaya nutrisinya tidak terkikis. 

Di pasaran, jenis botol yang tersedia mulai dari botol susu kaca, botol plastik, hingga yang terbuat dari bahan silikon. Terlihat memang botol susu kaca dirasa lebih baik dibandingkan jenis botol minum lainnya karena cukup tahan lama, bebas BPA dan minim kandungan bahan kimia berbahaya di dalamnya. 

Meski begitu, botol bayi yang terbuat dari bahan kaca dinilai kurang aman karena cenderung lebih berat dan bisa membahayakan si Kecil. Namun benarkah demikian? Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut, mari simak ulasan kami berikut ini.

Kekurangan Botol Susu Kaca Kurang Baik untuk Diberikan kepada Bayi

Botol susu dari kaca memang memiliki sejumlah kelebihan, seperti tahan lama, bisa dipakai berulang kali, bebas bahan kimia, hingga hemat. Namun, ada alasan mengapa sebaiknya Bunda tidak memberikan botol susu dari kaca kepada bayi untuk minum ASI perah.

  • Botol kaca memiliki bobot yang berat meskipun tidak sedang menyimpan ASIP. Oleh karena itu, botol kaca tidak praktis dibawa kemana-mana.
  • Dibandingkan botol susu dari plastik, botol susu bayi berbahan kaca bebas BPA, cukup tahan lama, serta bisa dipakai berulang. Namun kekurangannya adalah bobotnya lebih berat dan rentan pecah. Oleh karena itu, jika menggunakan botol susu dari kaca, Bunda harus ekstra hati-hati saat mengambil atau memakainya. 
  • Botol yang rentan pecah tentunya sangat dikhawatirkan orang tua. Bagaimana bayi bisa aman minum susu dari botol susu kaca yang sewaktu-waktu bisa terjatuh, retak, pecah, dan membahayakan keselamatan si Kecil.
  • Selain risiko mudah pecah, botol kaca cukup memakan lebih banyak space di dalam freezer, sehingga perlu ruang lebih luas dan ditata dengan baik. 
  • Meski dapat dipakai berulang-ulang, kekurangan botol kaca berikutnya adalah proses pembersihannya yang cukup lama dan memakan waktu.

Inilah Kelebihan Botol Susu Hegen Berbahan PPSU

Setelah mengetahui kekurangan botol susu kaca, Bunda direkomendasikan untuk memilih botol susu yang terbuat dari PPSU (Polyphenylsulfone). Bahan ini mengkombinasi bahan kaca dan plastik serta telah memenuhi standar FDA, sehingga teruji bebas BPA dan ringan.

Semua botol susu Hegen berbahan PPSU yang teruji BPA-free dan aman untuk wadah minum ASI. Hal yang membedakan botol PPSU dengan yang lainnya adalah warna botol natural amber yang awet dan tidak cepat memudar.

Soal ketahanannya, botol PPSU bisa diadu, lho! Botol susu Hegen berbahan PPSU memiliki ketangguhan dan ketahanan terhadap paparan suhu tinggi berkisar antara -20°C hingga 180°C. Artinya botol susu Hegen bisa disimpan di kulkas dan aman saat dihangatkan untuk diminum si Kecil. Material botol susu bayi PPSU ini terbukti punya daya tahan tinggi, awet, dan cocok jadi long-term investment!

Fitur dan Keunggulan Botol Susu PPSU dari Hegen

botol susu kaca

1. Penyimpanan ASI yang Efisien

Hanya dengan menggunakan satu wadah, botol Hegen bisa digunakan sekaligus untuk menampung ASI saat pumping, menyimpan ASI, hingga botol minum bayi. Selesai pumping, cukup mengganti penutupnya, botol bisa dengan mudah diubah menjadi breast milk storage tanpa perlu memindahkan ASI ke wadah lain. Hal ini meminimalkan ASI tumpah karena setiap tetes ASI sangat berarti. 

2. One-Hand Closure

Fitur penutupan dengan satu tangan pertama yang dipatenkan di dunia. Inovasi Hegen Press-to-Close, Twist-to-Open™ (PCTO™), memungkinkan botol bisa ditekan dan diputar dengan nyaman tanpa takut tumpah. 

3. Snap-on Interconnecting Buttons

Memungkinkan beberapa wadah bisa disatukan secara effortless. Multi-purpose bottle Hegen ini secara instan bisa dijadikan wadah penyimpanan ASI yang mudah disusun serta tidak mudah terjatuh atau tumpah. 

4. Hassle-Free Cleaning

Pembersihan botol tanpa repot karena memiliki permukaan bagian dalam yang halus, bukaan botol yang lebar, serta komponen yang minimalis.

5. Withstands Extreme Temperatures

Rangkaian Multi-purpose Bottle dari Hegen yang berbahan PPSU terbuat dari bahan food contact grade yang memenuhi standar FDA, tahan terhadap suhu berkisar antara -20°C to 180°C.

 

botol susu kaca

Selain lima poin fitur botol PPSU dari Hegen di atas, beberapa keunggulan botol susu Hegen adalah sebagai berikut:

6. Express-Store-Feed in just one bottle

Cukup dengan satu botol Hegen, bisa untuk tempat menampung ASI saat pumping, tempat menyimpan ASI, juga sekaligus bisa langsung diberikan kepada si Kecil. Hanya dengan mengganti penutup botol dengan dot anti kolik, dipastikan setiap tetes ASI tetap terjaga, tidak terkontaminasi, dan tidak tumpah.

7. Air-tight lids prevent oxidation and contamination

Breast milk storage Hegen memiliki tutup kedap udara yang memastikan ASI tidak terkontaminasi dengan udara. Saat ASI terkena dengan paparan udara, ASI bisa teroksidasi dan menyebabkan hilangnya nutrisi penting dan antibodi yang berharga untuk perkembangan bayi.

8. Coloured lids for easy identification

Tersedia lid atau tutup dengan warna berbeda agar Bunda dapat membedakan degan jelas kapan ASI diperah. ASI yang diperah pada siang hari memiliki lebih banyak foremilk (air) untuk menjaga bayi tetap terhidrasi dalam cuaca panas. Sedangkan ASI malam hari lebih kaya dengan hindmilk untuk membuat bayi kenyang lebih lama. 

Hubungkan botol-botol Hegen dengan tombol snap on sehingga sistem penyimpanan susu lebih terorganisir. Bunda jadi lebih mudah mengidentifikasi botol susu mana yang akan dikonsumsi bayi pertama kali berdasarkan prinsip first in, first out.

9. Multi-functional

Bunda bisa mengalihkan penggunaan breast milk storage container dari Hegen untuk keperluan lain seiring bertambahnya usia si Kecil. Bunda bisa gunakan untuk botol minum sedotan, menyimpan MPASI, buah-buahan, snack, bahkan bisa dijadikan wadah baking! Seperti yang sudah dijelaskan, botol PPSU ini mampu menahan suhu ekstrem dari -20°C hingga 180°C. 


Setelah memahami kekurangan botol susu kaca serta keunggulan botol PPSU inovatif dari Hegen, Bunda tak perlu ragu memilih botol terbaik untuk si Kecil. Mudahkanlah proses menyusui dan optimalkan nutrisi bayi bersama Hegen. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Hegen Indonesia sekarang juga.

 

Referensi 

  1. KlikDokter. 4 Tips Memilih Botol Susu yang Baik untuk Bayi. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/tips-memilih-botol-susu-bayi
  2. Kumparan.com. Botol Kaca vs Plastik, Mana yang Lebih Baik untuk Simpan ASI Perah? https://kumparan.com/kumparanmom/botol-kaca-vs-plastik-mana-yang-lebih-baik-untuk-simpan-asi-perah-1pPcjDIGTHN/2