Blog Hegen

Berapa Berat Badan Ideal Bayi? Ini 8 Cara Mengoptimalkannya

Setiap orang tua kerap kali galau saat dihadapkan dengan perhitungan berat badan anak. Apalagi jika bobot bayi tidak bertambah atau justru naik terlalu banyak seiring tumbuh kembangnya. Lalu sebenarnya, berapakah berat badan ideal bayi? Bunda mungkin juga masih bingung tentang hal ini. Namun tidak perlu khawatir karena artikel kali ini akan menyajikan tahapan pertambahan BB yang ideal sesuai usia serta tips dalam mencapainya.

Berat Badan Ideal Bayi sesuai Usia

Tenang Bunda, tidak perlu khawatir saat BB si kecil lebih kecil dari temannya. Pasalnya, setiap anak lahir dengan berat badan yang berlainan, sehingga pertambahan BB setiap bulannya tentu berbeda-beda. Namun yang perlu diperhatikan, pertambahan BB anak harus sesuai patokan. Berikut ini adalah angka pertambahan berat badan bayi yang ideal pada tiap bulannya.

  • 1 bulan: 800 gram
  • 2 bulan: 900 gram
  • 3 bulan: 800 gram
  • 4 bulan: 600 gram
  • 5 bulan: 500 gram
  • 6 bulan: 400 gram
  • 7-17 bulan: 300 gram
  • 18-24 bulan: 200 gram


Berdasarkan patokan di atas, maka jika bayi lahir dengan berat 3 kilogram/3.000 gram misalnya, di usia 1 bulan BB bayi harus mencapai 3.800 gram. Kemudian, di usia 2 bulan naik lagi di angka 4.700 gram, dan usia 3 bulan bertambah menjadi 5.500 gram.

Pertambahan BB bayi harus dipantau setiap bulannya. Apabila berat badan bayi tidak naik sesuai patokan angka pertambahan BB di atas, maka dapat dikatakan anak mengalami gagal tumbuh.

Oleh sebab itu, Bunda sebaiknya selalu mencatat pertambahan BB bayi pada grafik KMS. Waspadalah jika grafik BB mendatar, turun, atau bahkan terjun bebas dari batas garis merah. Apabila Bunda menemui kendala tersebut, maka jangan ragu untuk berkonsultasi langsung kepada dokter anak untuk mendapatkan penanganan medis secara tepat.

Tips Mengoptimalkan Berat Badan Ideal pada Bayi

berat badan ideal bayi

Setiap orang tua pastinya ingin bayinya tumbuh dengan optimal sesuai dengan usianya. Nah, supaya berat badan ideal bayi bisa tercapai, maka lakukan beberapa tips mudah berikut ini.

  1. Berikan ASI eksklusif kepada bayi untuk mencapai berat badan yang ideal. Bunda bisa menyusui bayi setiap 2 hingga 3 jam sekali guna mengoptimalkan BB bayi.
  2. Jika anak mengonsumsi susu formula, pastikan takaran air dan bubuk susu sudah sesuai ketentuan. Apabila komposisi air terlalu banyak, kalori di dalamnya tidak akan cukup untuk memenuhi pertambahan BB bayi yang ideal.
  3. Memastikan pelekatan saat bayi menyedot puting susu ibu agar daya hisap ASI lebih optimal.
  4. Jangan sampai ibu mengalami stres dan usahakan untuk selalu menjaga mood supaya produksi ASI senantiasa lancar dan berlimpah. Ingat, kesehatan mental ibu juga sangat memengaruhi proses menyusui, sehingga hal ini juga perlu dukungan dari pihak keluarga.
  5. Bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas umumnya sudah mulai mendapatkan MPASI. Untuk mendorong pertambahan BB bayi yang lebih optimal, Bunda bisa memberikan makanan dengan kandungan tinggi kalori yang bisa ditemukan pada ikan-ikanan, daging, telur, keju, kentang, alpukat, pisang, pir, dan lain-lain.
  6. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar bayi yang mendapat ASI diberikan suplemen zat besi. Umumnya, takarannya adalah 1 mg zat besi untuk setiap kilogram berat badan sejak usia 4 bulan. Namun, sebelum memberikan tambahan suplemen zat besi, konsultasikan dulu hal ini kepada dokter anak.
  7. Atur jadwal untuk memberikan camilan pada bayi usia 6 bulan ke atas setiap pagi dan sore hari.
  8. Berkonsultasi kepada dokter anak secara konsisten apabila BB susah naik atau bayi mengalami masalah kesehatan tertentu.

berat badan ideal bayi


Selain memperhatikan pertambahan berat badan ideal bayi, Bunda juga harus memilih produk-produk bayi seperti botol susu yang aman dan berkualitas. Pastikan hanya memilih botol susu dari Hegen yang menggunakan material PPSU terbaik.

Bahan PPSU (Polyphenylsulfone) sudah memiliki sertifikasi internasional dari FDA yang terjamin aman, BPA free, ringan, dan tahan terhadap suhu dingin dan panas mulai dari -20°C hingga 180°C. Tak hanya itu saja, botol susu Hegen juga menggunakan inovasi PCTO™ yang telah dipatenkan di dunia, sehingga memudahkan dalam membuka dan menutupnya.

Tersedia 4 ukuran yang berbeda yaitu 60 ml untuk newborn, 150 ml untuk 1-3 bulan, 240 ml untuk 3-6 bulan, dan 330 ml untuk 6-9 bulan, yang bisa Bunda pilih sesuai dengan usia bayi. Selain botol susu, tersedia juga produk ibu dan bayi dari Hegen lainnya yang bisa Bunda dapatkan dengan klik di sini.


Referensi:

1. Alodokter. Patokan Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usianya. https://www.alodokter.com/jangan-cemaskan-berat-badan-bayi-normal-semua-ada-patokannya

2. Rhona Lewis. How To Increase Your Baby’s Weight. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight#is-there-an-issue