Blog Hegen

Berapa Liter Air untuk Ibu Menyusui? Simak di Sini!

Kondisi fisik dan mental ibu menyusui menjadi hal yang wajib terus dijaga, agar dapat merawat di kecil dan memberikan asupan ASI berkualitas. Fokus kali ini akan berada pada upaya menjaga kondisi fisik, salah satunya dengan menjawab pertanyaan mengenai berapa liter air untuk ibu menyusui yang disarankan.

Jika mengacu pada fakta sains, sebagian besar tubuh manusia merupakan cairan. Pada manusia normal, kekurangan asupan cairan akan membuat kinerja organ tubuh tidak optimal, dan bahkan mengganggu kesehatan.

Lalu apa jadinya jika kondisi kekurangan cairan ini terjadi pada Bunda yang tengah berada di fase menyusui?

Alasan Kenapa Penting Menjaga Jumlah Air untuk Ibu Menyusui

Berapa liter air untuk ibu menyusui

Ada setidaknya empat alasan kenapa Bunda wajib menjaga jumlah air yang dikonsumsi selama fase menyusui ini. Penjelasan singkatnya terdapat pada masing-masing poin berikut ini.

1. Kelancaran Produksi ASI

Komposisi terbesar dari ASI adalah air. Dapat mencapai angka 90%, maka jumlahnya tentu akan sangat dipengaruhi oleh asupan air yang Bunda dapatkan. Agar produksi ASI tidak menurun, maka pastikan asupan air yang diperlukan selalu terpenuhi.

2. Berpengaruh pada Kualitas ASI

Mengacu pada fakta di atas, air yang Bunda konsumsi juga akan mempengaruhi kualitas ASI yang diproduksi. Senantiasa memperhatikan jenis cairan yang diminum adalah wajib, agar nutrisi di dalam ASI juga seimbang dan ideal.

Sebisa mungkin hindari konsumsi cairan berupa kafein atau cairan yang mengandung alkohol, karena justru membawa pengaruh kurang baik untuk kualitas ASI dan kesehatan si kecil.

3. Mencegah Kondisi Dehidrasi

Mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak air juga akan membantu menghindarkan Bunda dari dehidrasi dan beragam gejala yang cukup mengganggu. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka Bunda dapat dengan mudah merasa sakit kepala, bibir kering, rasa lelah yang berkepanjangan, tidak berenergi, kram otot, hingga suasana hati yang menjadi berantakan.

4. Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit dan Segar

Tubuh yang terhidrasi dengan baik juga akan terasa lebih fit dan segar. Bahkan Bunda akan merasa badan menjadi lebih kuat dan fleksibel, sehingga gerakan yang harus dilakukan tidak harus terbatasi dengan sendi yang terasa tidak nyaman.

Semakin banyak energi di dalam tubuh dan kebugaran yang dimiliki, jelas Bunda dapat memberikan waktu berkualitas lebih banyak pula untuk si kecil, dan memproduksi ASI yang berkualitas pula.

Lalu Idealnya Berapa Liter Air untuk Ibu Menyusui?

Berapa liter air untuk ibu menyusui

Dalam rangka mencukupi kebutuhan air harian, ternyata Bunda tidak hanya membuat tubuh terhidrasi namun juga membantu upaya menjaga asupan cairan untuk si kecil. Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa ibu menyusui tidak perlu minum lebih banyak cairan untuk menghilangkan rasa haus.

Jumlah asupan air yang diperlukan secara rata-rata adalah sekitar 3,7 liter per hari, atau hampir dua kali lipat kebutuhan asupan air pada kondisi normal. Di angka minimal, titik yang harus dipenuhi adalah sekitar 3 liter per hari, atau sebanyak 8 hingga 12 gelas.

Secara umum, bayi baru lahir rata-rata menyusu pada Bunda sebanyak 8 hingga 12 kali dalam sehari. Nah untuk memudahkan Bunda dalam menghitung jumlah asupan air, Bunda dapat meminum air putih setiap sebelum atau sesudah menyusui bayi.

Dengan mencukupi kebutuhan air harian, Bunda akan dapat memastikan jumlah produksi ASI tidak akan kurang setiap harinya. Tidak perlu cemas pada mitos ASI encer karena terlalu banyak minum, sebab hal ini tidak terbukti dan hanya sebatas kepercayaan masyarakat saja.

Selama Bunda menjaga pola makan yang sehat dan bernutrisi, serta menjaga jumlah asupan air harian, maka produksi ASI akan mencukupi kebutuhan si kecil dan terjaga kualitasnya. Jika memang produksi ASI berlebih, Bunda tinggal menyimpannya saja dalam storage yang juga memiliki kualitas unggul dan memasukkannya ke penyimpanan atau pendingin agar bertahan lama.

Sedikit Tips Berguna untuk Memastikan Produksi ASI Tidak Kurang

Berapa liter air untuk ibu menyusui

Ada beberapa tips sederhana tapi berguna yang dapat Bunda jadian acuan untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Setelah tahu berapa liter air untuk ibu menyusui, poin ketiga ini dapat menjadi pengetahuan yang berguna untuk menunjang produk ASI untuk si kecil.

  • Porsi makan lebih banyak dengan menu yang kaya nutrisi. Karena tubuh perlu memproduksi ASI, maka jumlah asupan kalori juga tentu meningkat. Pada enam bulan pertama, tambahan sebesar 330 kkal diperlukan. Di enam bulan kedua, tambahan energi sebanyak 400 kkal diperlukan. Mengacu pada informasi Angka Kecukupan Gizi yang ada, kebutuhan kalori seorang perempuan dewasa adalah sekitar 2250 kkal secara umum
  • Aktivitas fisik yang cukup, dengan melakukan olahraga ringan, Bunda juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI, energi tubuh, dan mengurangi stres. Manfaat ini dapat sekaligus diperoleh bersamaan dengan latihan penguatan tulang
  • Konsumsi lemak baik yang berasal dari sumber alami, seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan sejenisnya
  • Jaga asupan protein harian. Untuk dapat memproduksi ASI Bunda perlu asupan protein yang juga cukup. Protein dapat diperoleh dari daging, telur, susu, yogurt, keju, dan sejenisnya. Pastikan sumber nutrisinya sehat, dan olah dengan proses yang juga disarankan oleh dokter atau ahli gizi
  • Jaga pola makan sehat. Pada dasarnya ketika tubuh Bunda mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan, produksi ASI tidak akan terhambat. Makanan sehat seperti buah dan sayur jadi menu andalan setiap hari agar tubuh menjadi semakin segar
  • Menyusui lebih sering. Ketika si kecil menyusu hal ini akan memberikan rangsangan pada hormon yang memproduksi ASI. Semakin sering Bunda menyusui, maka semakin banyak pula produksi ASI yang dihasilkan
  • Menyusui di kedua payudara dengan bergantian untuk membantu meningkatkan produksi ASI
  • Jaga kondisi mental agar tetap sehat dan jauh dari kata stres
Berapa liter air untuk ibu menyusui

Untuk membantu menjaga kecukupan asupan air setiap hari, Bunda sebenarnya dapat menggunakan produk botol dari Hegen. Produk yang dimaksud adalah HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ DRINKING BOTTLE PPSU (GREY) serta produk HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ STRAW CUP PPSU PINK NEW

Dua produk ini dapat Bunda andalkan untuk kebutuhan minum air putih setiap hari karena memiliki kapasitas yang tepat. Dengan mode drinking atau straw, memudahkan Bunda dalam mendapatkan asupan air putih setiap saat. 

Tentunya produk ini juga mudah dibersihkan karena memiliki bagian leher botol yang besar, sehingga menjamin proses mencuci dapat mencapai setiap sudut botol. Dibuat dengan material unggul dan unik dari Hegen, botol minum ini dapat digunakan dalam jangka panjang untuk  berbagai keperluan.

Itu tadi sekilas jawaban tentang perkiraan berapa liter air untuk ibu menyusui yang diperlukan. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Bunda.  Pastikan selalu menggunakan produk Hegen di setiap fase tumbuh kembangnya, dan maksimalkan potensi si kecil!

 

 

Referensi:

  • Siloam Hospitals. 9 Cara Memperbanyak ASI yang Bisa Dicoba Ibu Menyusui. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-memperbanyak-asi.
  • Nutriclub. Agar ASI Berkualitas dan Banyak, Cek 7 Cara Mudah Berikut Ini!. https://www.nutriclub.co.id/artikel/kehamilan-menyusui/persalinan-menyusui/cara-mudah-agar-asi-berkualitas-dan-banyak.
  • Ayosehat Kemenkes. Moms, Konsumsi Makanan Ini Agar ASI Melimpah. https://ayosehat.kemkes.go.id/moms-konsumsi-makanan-ini-agar-asi-melimpah.
  • Rumah Sakit Olahraga Nasional Kemenpora. Kebutuhan Air Untuk Tubuh Sehat. https://rson.kemenpora.go.id/artikel-detail/Mg#:~:text=Ibu%20hamil%20memerlukan%20asupan%20air,8%20%E2%80%93%2012%20gelas%20sehari).&text=Jumlah%20air%20yang%20dikonsumsi%20ibu,atau%2012%2D13%20gelas%20air..
  • Alodokter. Kenapa Sih Ibu Menyusui Perlu Minum Banyak Air?. https://www.alodokter.com/kenapa-sih-ibu-menyusui-perlu-minum-banyak-air.
  • P2PTM Kemenkes. Kapan Anda lebih banyak membutuhkan asupan air?. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/kapan-anda-lebih-banyak-membutuhkan-asupan-air.
  • Mamabear. Mama Wajib Tahu! Jumlah Kebutuhan Air Busui Selama Menyusui. https://mamabear.co.id/kebutuhan-air-busui/.