Blog Hegen

Bayi Terlanjur Minum ASI Basi? Ini 5 Pertolongan Pertamanya!


ASI menjadi asupan utama untuk si kecil pada masa-masa awal usianya. Pemberian ASI eksklusif bahkan direkomendasikan secara global, agar tumbuh kembang si kecil optimal. Namun bagaimana jadinya jika bayi terlanjur minum ASI basi?

ASI yang berada dalam tubuh Bunda jelas tidak mungkin basi. ASI basi kemudian merujuk pada ASI yang telah diperah, dan disimpan di kantong atau wadah penyimpanan yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau freezer.

Secara umum ASI yang disimpan di dalam freezer dan dibekukan dapat memiliki usia hingga 6 bulan, dengan catatan kondisi penyimpanan benar-benar mendukung, dan ASI berkualitas baik tanpa kontaminasi.

Beberapa langkah berikut ini dapat menjadi pertolongan pertama yang Bunda berikan pada si kecil ketika ia terlanjur minum ASI basi dari penyimpanan.

1. Cek Suhu Tubuh si Kecil

bayi terlanjur minum asi basi

Ketika mengalami keracunan, si kecil umumnya akan menunjukkan tanda demam sebagai gejala paling jelas. Jika demam yang terjadi disertai dengan muntah dan buang air besar yang terlalu banyak, maka bisa menjadi indikasi ia keracunan ASI yang sudah basi.

Gunakan termometer yang akurat untuk memastikan suhu tubuh si kecil agar Bunda lekas mengetahui kondisinya. Pemahaman pada kondisi awal ini bisa menjadi patokan untuk langkah penanganan berikut yang lebih baik.

2. Hentikan Pemberian ASI yang DIcurigai Basi

Jika setelah mengkonsumsi ASI lalu si kecil menunjukkan reaksi yang tidak biasa, maka Bunda sebaiknya menghentikan aktivitas ini sesegera mungkin. Seperti mendadak muntah, menangis, atau terjadi peningkatan suhu badan.

ASI yang dicurigai basi bisa segera berhenti diberikan agar efek yang muncul tidak semakin parah. Segera cek dan pastikan kembali kondisi ASI yang diberikan, dan pastikan juga si kecil tidak mengalami gejala lebih lama. Jika perlu, Bunda dapat segera mengunjungi dokter untuk memastikan kondisi si kecil.

3. Posisikan Tegak untuk Memudahkannya Bersendawa

bayi terlanjur minum asi basi

Ketika si kecil muntah terus menerus hal lain yang dapat Bunda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama adalah memposisikan si kecil dalam keadaan tegak. Posisi ini dapat memudahkannya bersendawa,

Bunda juga dapat memberikan pijatan lembut pada bagian perutnya menggunakan minyak telon. Efek nyaman dan hangat yang dirasakan si kecil dapat membantunya menjadi lebih tenang. Hindari gerakan yang terlalu kencang, karena justru bisa membuatnya merasa pusing dan tidak nyaman.

4. Segera Bawa ke Dokter

Ketika bayi terlanjur minum ASI basi, dan Bunda menyadari hal ini, sesegera mungkin bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih profesional. Dokter anak akan paham benar apa yang harus dilakukan, agar efek kesehatan yang dialami si kecil tidak meluas.

Beberapa langkah yang disebutkan pada poin nomor 1, 2, dan 3 memang akan berguna sebagai pertolongan pertama pada bayi terlanjur minum ASI. Namun tetap disarankan untuk tidak menunda ke dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang lebih baik dan menghindari hal-hal lain yang muncul sebagai efek keracunan ASI basi.

5. Telusuri Lagi Apa Penyebabnya

bayi terlanjur minum asi basi

ASI basi dapat dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari konsumsi makanan yang kurang ideal pada Bunda, masalah lemari pendingin atau penyimpanan yang digunakan, hingga wadah ASI yang tidak secara rapat melindungi ASi dari kontaminan.

Coba cermati apa saja yang Bunda makan selama beberapa hari terakhir, siapa tahu kandungan yang ada di dalam makanan tersebut dapat memicu reaksi alergi, keracunan, atau penurunan kualitas ASI.

Jika semua normal, maka pastikan kembali media penyimpanan ASI yang Bunda gunakan. Pastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan pada pengaturan suhu, dan pastikan juga suhu aktual yang ada di bagian dalam penyimpanan.

Terakhir, cermati wadah yang Bunda gunakan dan perangkat breast pump yang dipakai untuk memerah ASI. Untuk bagian ini, pastikan pula tidak ada kebocoran atau kontaminasi dari zat apapun yang dapat merusak kualitas ASI sehingga mengurangi usia simpannya.

Cegah Bayi Terlanjur Minum ASI Basi, Pastikan Wadah dan Breast Pump Berkualitas

Penggunaan perangkat baby care yang berkualitas dapat membantu Bunda mencegah bayi terlanjur minum ASI basi. Mengapa? Sebab alat berkualitas menjamin tidak ada kontaminasi dari perangkat yang digunakan dalam proses memerah ASI dan penyimpanannya.

Hegen, dalam hal ini, berkomitmen penuh untuk memberikan peralatan baby care dengan kualitas terjamin. Mulai dari breast pump hingga wadah penyimpanan ASI yang ditawarkan Hegen pada Bunda, memiliki material solid yang telah disetujui oleh FDA sebagai material yang sangat aman untuk bayi.

bayi terlanjur minum asi basi

Produk HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW dapat menjadi opsi menarik untuk membantu Bunda dalam memerah ASI secara higienis. Nyaman, pengaturan yang beragam, dan mudah dikombinasikan dengan berbagai wadah dari Hegen, produk ini direkomendasikan untuk Bunda.

bayi terlanjur minum asi basi

Bunda juga dapat menggunakan produk HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (6-PACK) untuk menjadi wadah penyimpanan ASI yang sudah diperah. Material yang digunakan adalah PPSU, yang memadukan kebaikan plastik dan kaca dan jelas bebas BPA. Botol atau wadah dari Hegen ini juga memiliki daya tahan suhu yang luar biasa, yakni -20 derajat Celcius hingga 180 derajat Celcius, sehingga sangat aman digunakan untuk menyimpan ASI di freezer dan membuatnya tidak cepat basi. Terakhir, seal pada bagian tutupnya membantu melindungi kebaikan yang Bunda berikan untuk si kecil pada waktunya nanti.

 

Hegen paham benar bahwa penanganan bayi terlanjur minum ASI basi harus dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Sekali lagi, membawanya ke dokter adalah langkah terbaik yang dapat Bunda lakukan. Tentu untuk mencegah hal ini, penerapan prosedur ketat dalam memberikan ASI yang sudah disimpan sebelumnya harus diterapkan, bersamaan dengan penggunaan produk wadah berkualitas dari Hegen. Semoga artikel ini berguna untuk Bunda!


Referensi: 

  • Popmama. Pertolongan Pertama dan Cara Mengatasi Keracunan ASI. https://www.popmama.com/pregnancy/birth/annas/pertolongan-pertama-dan-cara-mengatasi-keracunan-asi-pada-bayi.
  • Mommies Daily. Bayi Minum ASIP Basi, Apa yang Harus Dilakukan?. https://mommiesdaily.com/2021/04/21/bayi-minum-asip-basi-apa-yang-harus-dilakukan
  • Kumparan. Yang Bisa Ayah Lakukan Bila Bayi Tidak Sengaja Minum Susu Formula Basi. https://kumparan.com/kumparanmom/yang-bisa-ayah-lakukan-bila-bayi-tidak-sengaja-minum-susu-formula-basi-1540356283583263577.
  • theAsianparent. Ciri-Ciri ASI Basi yang Berbahaya Bagi Bayi, Ini Pendapat Ahli Laktasi. https://id.theasianparent.com/ciri-ciri-asi-basi.
  • Hegen. Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipanaskan? Ini Ulasannya. https://hegen.co.id/blogs/updates/berapa-lama-asi-bertahan-setelah-dipanaskan.