Blog Hegen

Ini Dia 10 Alat MPASI yang Idealnya Bunda Siapkan

Jika si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, idealnya Bunda sudah memiliki persiapan yang matang untuk memberikan MPASI padanya. Persiapan mental dan fisik menjadi hal yang utama, namun juga harus didukung dengan persiapan alat MPASI yang berkualitas dan lengkap.

MPASI sendiri merupakan kependekan dari makanan pendamping ASI, yang diberikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil dan merangsang tumbuh kembang fisik dan organ pencernaannya. Jenisnya kemudian beragam, tergantung usia si kecil.

Lalu Apa Saja Alat MPASI yang Idealnya Disiapkan?

alat mpasi

Nah untuk memberikan gambaran kira-kira apa saja yang idealnya Bunda siapkan menyambut periode MPASI si kecil, berikut beberapa alat MPASI yang dapat Bunda cermati.

1. Kursi Makan Bayi atau High Chair

Kursi ini berfungsi untuk mengajari si kecil cara makan yang benar, dan memposisikannya pada postur duduk yang ideal. Jadi organ pencernaan si kecil yang masih dalam tahap perkembangan bisa bekerja dengan optimal dan ia tidak tersedak.

Di samping itu Bunda juga akan menemukan kegunaannya karena kursi ini memberikan batasan pada ruang gerak si kecil. Ia bisa lebih konsentrasi dalam aktivitas baru ini, dan belajar lebih cepat.

2. Baby Bib agar Tidak Terlalu Berantakan

Alat kedua yang bisa mendukung aktivitas memberikan MPASI untuk si kecil adalah baby bib. Pada dasarnya, alat ini akan membantu melindungi baju si kecil, dan menjaga agar makanan tidak terlalu berantakan saat ia belum berhasil menelan atau mengunyahnya.

Bunda juga bisa dengan mudah menemukan alat ini dengan kata kunci slaber di marketplace kesayangan Bunda. Tersedia berbagai opsi bahan, bib dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Cutlery Bebas BPA

Selanjutnya adalah sendok dan garpu, serta piring saji yang terbuat dari bahan bebas BPA. Sebenarnya bahan apapun bisa digunakan selama bebas BPA. Tapi agar tidak mudah rusak dan bertahan lama, produk berbahan PPSU, silikon, atau plastik bisa menjadi opsi utama.

Pastikan juga cutlery yang digunakan telah memiliki predikat food grade sehingga aman digunakan jangka panjang.

4. Baby Food Maker

Alat ini akan banyak membantu Bunda untuk membuat MPASI secara praktis. MPASI pada dasarnya harus memiliki tekstur yang cukup lembut, tapi tetap bisa merangsang penggunaan setiap bagian mulut dan organ pencernaan si kecil.

Nah, baby food maker ini merupakan kombinasi alat pengukus, blender, penghangat, hingga alat untuk mencairkan MPASI beku dari lemari pendingin. Beberapa produk lebih canggih menawarkan timer, sehingga Bunda bisa mengatur berapa lama proses memasak dilakukan.

5. Wadah Penyimpanan MPASI

Agar tidak selalu repot membuat MPASI setiap akan memberikan pada si kecil, Bunda juga bisa menyimpannya. Dengan catatan bahwa wadah yang digunakan benar-benar berkualitas, bisa membuat MPASI tersimpan dengan baik dan tidak terkontaminasi.

Wadah seperti ini bisa ditemukan dengan mudah langsung dengan mengklik tautan ini. Akan tersedia produk yang dapat Bunda gunakan dan terbuat dari bahan berkualitas, yang dipastikan bebas BPA. Bisa bertahan di suhu freezer dan suhu penghangat makanan, wadah yang tepat jelas akan membantu Bunda dalam fase MPASI ini.

6. Saringan Penghalus Bubur dan Pure

Alat MPASI ini akan sangat berguna pada fase awal untuk si kecil, karena dirinya sama sekali belum pernah mencoba tekstur makanan yang lebih padat dari pada ASI. Setelah bubur dan pure dibuat, Bunda bisa menyaringnya menggunakan alat ini.

Tujuannya sederhana, supaya tekstur bubur atau pure menjadi lebih lembut dan ramah untuk pengenalan tekstur baru pada organ pencernaan si kecil. Dengan tekstur yang lembut namun lebih padat dari ASI, si kecil dapat memperoleh nutrisi secara optimal dan melatih kekuatan dan kerja organ pencernaannya.

7. Piring dan Mangkok atau Wadah Makanan Lain

Sebenarnya jika Bunda menggunakan wadah MPASI yang berkualitas, piring dan mangkok ini tidak terlalu diperlukan. Tapi untuk memberikan semangat pada si kecil, Bunda bisa menggunakan piring dan mangkok dengan gambar karakter agar ia tetap antusias.

Pastikan piring dan mangkok yang digunakan bebas dari BPA atau zat berbahaya lain, serta menggunakan material yang berkualitas. Cuci dengan bersih sebelum dan setelah digunakan untuk menghindarkan si kecil dari gangguan pencernaan.

8. Botol Minum Bayi

Penggunaan botol minum bayi disarankan sebagai alat pelengkap fase MPASI. Setelah menghabiskan MPASi yang Bunda siapkan, si kecil akan memerlukan air seperti orang dewasa setelah makan.

Nah untuk memilih produk yang tepat juga Bunda harus cermat. Pastikan botol minum ini memiliki aliran air yang lebih banyak daripada dot karena rasa dahaganya memerlukan jumlah air yang lebih banyak. Sippy cup banyak direkomendasikan, atau mungkin Bunda bisa memilih botol lain yang menawarkan berbagai fitur inovatif untuk memudahkan si kecil.

9. Baby Spoon Feeder untuk Perjalanan

Jika Bunda sering melakukan perjalanan jauh dan tetap ingin memaksimalkan fase MPASI untuk si kecil, maka alat ini akan sangat berguna. Baby spoon feeder memudahkan pemberian MPASI saat di dalam kendaraan, karena tidak memerlukan piring atau mangkok.

Masukkan MPASI ke alat ini, kemudian Bunda tinggal memencet tabungnya agar MPASI keluar ke bagian sendok. Praktis dan solutif, sebaiknya Bunda juga mempersiapkan alat ini.

10. Sterilizer untuk Alat MPASI

Untuk menjaga agar si kecil terhindar dari risiko gangguan pencernaan akibat bakteri atau virus, maka setiap alat MPASI yang Bunda gunakan wajib dijaga kebersihan dan higienitasnya.

Mencuci dengan bersih jelas jadi hal mutlak, serta penggunaan sterilizer akan banyak membantu Bunda untuk urusan ini. Proses pembersihkan akan semakin maksimal, mudah, dan praktis.

Gunakan Wadah Berkualitas dari Hegen untuk Melengkapi Alat MPASI Bunda

alat mpasi

Hegen menyadari betul bahwa perlengkapan dan alat MPASI yang berkualitas akan membantu si kecil mengoptimalkan tumbuh kembangnya di tahap ini. Maka dari itu, Hegen menyediakan banyak opsi wadah berkualitas yang dapat digunakan sesuai dengan usia si kecil.

Tersedia dalam berbagai ukuran, botol yang ada pada jajaran produk Hegen ini dapat menyesuaikan takaran kebutuhan si kecil. Dapat digunakan sejak fase menyusui, Bunda dengan mudah tinggal mengganti bagian tutupnya untuk  berbagai keperluan lain seperti menyimpan MPASI, hingga ke botol minum dot sedotan dengan inovasi yang memudahkan si kecil.


Bunda dapat memperoleh produk seperti HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (6-PACK) dengan mengklik tautan yang tersemat dalam nama produknya. Dilengkapi dengan tutup yang dapat saling terhubung ke samping atau ditumpuk, penyimpanan MPASI akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Selain wadah dengan kapasitas 60 ml, Bunda juga dapat memperoleh banyak wadah dan produk aksesoris lain dengan kapasitas lebih besar, langsung di situs Hegen.

 alat mpasi

Itu tadi sekilas tentang alat MPASI ideal yang dapat dipersiapkan untuk menyambut fase penting ini. Selalu percayakan berbagai peralatan baby care pada produk berkualitas seperti Hegen, dan maksimalkan setiap waktu yang Bunda miliki bersama si kecil di setiap fase tumbuh kembangnya!

 


Referensi:  

  • Review Bukalapak. 13 Peralatan MPASI Bayi 6 Bulan yang Perlu Diketahui (Updated 2022). https://review.bukalapak.com/mom/agar-bayi-makan-dengan-mudah-ini-5-peralatan-wajib-untuk-persiapan-mpasi-16987.
  • Genbest. 8 Perlengkapan MPASI yang Perlu Dimiliki di Rumah. https://genbest.id/articles/8-perlengkapan-mpasi-yang-perlu-dimiliki-di-rumah.
  • Klikdokter. 13 Perlengkapan untuk Persiapan MPASI Bayi Pertama Kali. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/perlengkapan-untuk-persiapan-mpasi-bayi-pertama-kali.
  • Yankes Kemkes. PENTINGNYA DAN TAHAP PEMBERIAN MPASI PADA BAYI. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/351/pentingnya-dan-tahap-pemberian-mpasi-pada-bayi.
  • Siloam Hospitals. Apa Itu MPASI? Kenali Aturan Pemberiannya yang Tepat. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-mpasi.