Blog Hegen

6 Cara Memastikan Status Steril Botol Susu untuk si Kecil


Dengan sistem pertahanan tubuh yang belum terbentuk sempurna, penting untuk Bunda selalu memastikan semua peralatan baby care dan mainan yang ia gunakan steril. Kali ini, mari bahas lebih jauh tentang kondisi steril botol susu yang bisa dilakukan dengan cukup mudah dan praktis.

Menjaga kondisi steril botol susu bayi yang digunakan akan menjadi langkah nyata untuk menjauhkan infeksi virus dan bakteri jahat yang bisa membuat kesehatan si kecil terganggu. Tapi yang harus diingat, semua prosesnya harus dilakukan sesuai prosedur, sehingga menghasilkan output maksimal pada kondisi peralatan yang digunakan si kecil.

Bagaimana Cara yang Tepat Mensterilkan Botol Susu Bayi?

steril botol susu

Setidaknya ada enam langkah sederhana yang dapat Bunda lakukan untuk menjaga sterilnya botol susu si kecil. Kelima langkah sederhana yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Pertama, Lepaskan Semua Bagiannya

Setiap botol susu dan dot  memiliki beberapa bagian berbeda yang menjadi penyusunnya. Mulai dari dot karet atau silikon, bagian leher yang menjadi tempat dot, dan botol yang digunakan sebagai wadah untuk susu formula atau ASI yang diberikan pada si kecil.

Lepaskan semua bagian atau bongkar bagian-bagian ini sehingga terpisah ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil. Dengan begini  tidak ada sudut atau bagian yang sulit dibersihkan karena semua bisa dijangkau sikat atau alat pembersih.

2. Gunakan Cairan Pembersih dan Sikat Pencuci yang Berkualitas

Untuk membersihkan setiap bagian dari botol susu si kecil, gunakan cairan pembersih dan sikat pencuci yang berkualitas. Tentu Bunda dapat menemukannya dengan mudah di  bagian berikutnya, namun pemahaman pada kedua hal ini penting dimiliki.

Cairan pembersih yang berkualitas dan memiliki standar jelas akan memberikan jaminan keamanan penggunaan pada peralatan baby care. Dengan begini, pembersih ini dapat benar-benar mensterilkan botol dari kontaminasi, kuman, dan bakteri yang ada.

Sikat, di sisi lain, berperan sebagai alat untuk meratakan dan menjangkau setiap sudut bagian dari botol susu si kecil. Dengan begini tingkat steril botol susu bisa terjaga dengan baik.

3. Bilas dengan Air Mengalir

Menjadi hal penting yang terkadang disepelekan, Bunda harus selalu mencuci peralatan bayi yang sudah disikat dan diberikan cairan pembersih dengan air mengalir. Hindari membilas atau mencuci menggunakan air yang ada di dalam ember, karena bukan tidak mungkir air sudah terkontaminasi.

Air mengalir memungkinkan pembilasan optimal dan kontak yang sangat cepat dengan setiap bagian botol susu si kecil. Dengan begini, sisa cairan pembersih yang masih menempel dapat dihilangkan optimal, dengan risiko minimal dari kontaminan yang ada di air.

4. Keringkan di Rak Pengering dengan Handuk Lembut

Ada beberapa pendapat tentang proses pengeringan yang dapat Bunda lakukan.

Pertama, dengan meletakkannya pada rak pengering dan membiarkannya kering dengan sendirinya. Yang harus dipastikan adalah bahwa botol dan setiap bagiannya harus benar-benar kering sebelum masuk ke lemari atau tempat penyimpanan.

Kedua, Bunda dapat mengeringkannya dengan handuk lembut yang pasti terjamin kebersihannya. Pengeringan ini dinilai lebih cepat dan praktis, sehingga menghilangkan partikel air yang masih menempel di bagian botol susu yang dapat menjadi pemicu munculnya jamur.

5. Sterilkan dengan Tepat

Untuk mewujudkan kondisi steril botol susu, Bunda dapat menggunakan perebusan atau dengan menggunakan alat khusus sterilisasi.

Cara perebusan dapat dilakukan secara langsung setelah botol dicuci dan dikeringkan. Isi panci dengan air dan masukkan semua bagian botol susu. Nyalakan api, dan didihkan dalam waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Matikan setelah mendidih, tunggu air dingin, dan keluarkan semua bagian botol susu lalu keringkan kembali sebelum disimpan.

Cara kedua yang lebih modern dengan menggunakan alat sterilisasi. Operasionalnya mudah dan Bunda tinggal mengikuti  petunjuknya saja untuk dapat mensterilkan perlengkapan yang digunakan.

6. Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Terakhir Bunda dapat menyimpan botol susu bayi ini di tempat yang steril dan kering serta sejuk. Cukup banyak produk penyimpanan yang secara khusus digunakan untuk menyimpan peralatan baby care, dan dapat Bunda temukan di marketplace atau toko dengan kualitas yang beragam.

6 Tips Mensterilkan Botol Susu Bayi

steril botol susu

Ada beberapa tips yang bisa dibagikan pada Bunda tentang proses menuju kondisi steril botol susu bayi.

  • Pertama, selalu cuci tangan dengan bersih sebelum melakukan sterilisasi. Bunda bisa menambahkan cairan pembersih khusus untuk urusan ini
  • Kedua, bersihkan juga area pembersihan yang akan digunakan supaya tidak ada kontaminasi yang membuat proses yang Bunda kerjakan sia-sia
  • Ketiga, simpan peralatan kering yang sudah disterilkan dalam wadah bersih dan tertutup di lemari es
  • Keempat, gunakan air kran yang direbus dan biarkan dingin tidak lebih dari 30  menit sebelum menambahkan cairan pembersih
  • Kelima, lekas bersihkan peralatan yang selesai digunakan untuk mencegah adanya kontaminasi pada dinding botol
  • Keenam, selalu  gunakan produk botol dan sikat khusus botol yang berstandar dan memiliki kualitas jelas

Hegen Mengerti, Deretan Produk Berkualitasnya Siap Menjadi Partner Bunda

Hegen paham benar bahwa memastikan status steril botol susu untuk si kecil merupakan hal yang penting. Tidak main-main, selain menggunakan botol susu berbahan PPSU dan desain ergonomis yang mudah dibersihkan, Hegen juga menawarkan produk sikat khusus botol dan teat yang memiliki standar tinggi.

steril botol susu

Adalah produk HEGEN BOTTLE BRUSH & TEAT CLEANER yang tersedia di situs resmi kami, yang dapat digunakan untuk membersihkan botol dan dot yang digunakan si kecil. Sikat ini memiliki bagian ujung yang melengkung sehingga dapat menjangkau setiap sudut botol dan teat yang digunakannya.

Bunda dapat dengan mudah mensterilkan sikat ini dengan uap dan sinar UV, sehingga dapat digunakan kembali.

 

Praktis dan fungsional, penggunaan perangkat Hegen dalam setiap fase tumbuh kembang dan keperluan si kecil menjadi hal yang ideal dilakukan oleh Bunda untuk si kecil. Dengan demikian status steril botol susu dapat dipastikan setiap saat, dan si kecil dapat menggunakan botol kesayangannya dengan nyaman dan aman.



Referensi:  

  • Orami. Cara Mensterilkan Dot Bayi dan Botol Susu yang Benar. https://www.orami.co.id/magazine/cara-mensterilkan-dot-bayi.
  • POPMAMA. 5 Cara Sterilisasi Botol Bayi, Perlu Seberapa Sering Dilakukan?. https://www.popmama.com/baby/0-6-months/tania-stephanie/cara-terbaik-untuk-sterilisasi-botol-susu-si-kecil?page=all.
  • Dettol. HOW TO STERILISE A DUMMY OR BABY BOTTLE. https://www.dettol.com.au/health-hygiene/children/baby-bottle-sterilisation/.
  • KlikDokter. Bunda, Ini Cara Sterilisasi Botol Susu Anak yang Benar. https://www.klikdokter.com/ibu-anak/tips-parenting/bunda-ini-cara-sterilisasi-botol-susu-anak-yang-benar.
  • Fimela. 5 Urutan Membersihkan Botol Susu dan Cara Mensterilisasinya. https://www.fimela.com/parenting/read/5442284/5-urutan-membersihkan-botol-susu-dan-cara-mensterilisasinya?page=4.
  • Nakita. Begini Cara Sterilkan Botol Susu Bayi dengan Benar, Moms Wajib Baca!. https://nakita.grid.id/read/023515057/begini-cara-sterilkan-botol-susu-bayi-dengan-benar-moms-wajib-baca?page=all.