Blog Hegen

Panduan Menyiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Ini 5 Kategorinya!

Sumber: freepik via freepik.com

Persiapan untuk menyambut si kecil yang sebentar lagi akan hadir ke dunia menjadi bagian penting dari semua hal yang akan Bunda alami dalam waktu dekat. Tentu, persiapan fisik dan mental menjadi prioritas, namun perlengkapan bayi baru lahir juga sebaiknya turut disiapkan, sehingga Bunda siap merawatnya dengan penuh kasih ditunjang dengan produk yang tepat.

Meski secara alami Bunda memiliki semua yang dibutuhkan untuk menyambut dan merawat si kecil, namun adanya perlengkapan bayi baru lahir yang berkualitas akan sangat membantu Bunda, dan membuat si kecil merasa semakin nyaman.

Ini kenapa penting untuk menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan, dan memilih produk berkualitas yang memiliki jaminan mutu dan pengalaman mumpuni untuk urusan tersebut.

Bagian pertama akan menjelaskan mengenai checklist perlengkapan yang idealnya Bunda perlukan, dan dilanjutkan bagian berikutnya yang membahas berbagai tips berguna untuk memilih dan menyiapkannya.

Bagian Pertama: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

perlengkapan bayi baru lahir

 

Sumber: freepik via freepik.com

Setidaknya terdapat lima kategori besar untuk perlengkapan bayi yang perlu Bunda siapkan. Antara lain adalah pakaian bayi, perlengkapan tidur, perlengkapan mandi dan kesehatan, perlengkapan makan, dan perlengkapan bepergian.

Masing-masing kategori tersebut di-breakdown ke dalam perlengkapan yang lebih detail seperti disampaikan berikut ini, sehingga Bunda dapat membuat checklist yang mudah untuk memastikan setiap perlengkapan dimiliki dan tidak ada yang terlewat.

Pakaian Bayi

Pada kategori perlengkapan bayi, perlengkapan yang wajib Bunda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Baju bayi, meliputi baju lengan pendek dan lengan panjang, serta jumper
  • Celana bayi, meliputi celana panjang dan pendek, serta legging
  • Kaus kaki dan sarung tangan
  • Topi bayi
  • Bedong
  • Selimut bayi

Perlu dipastikan setiap jenis pakaian yang dikenakan si kecil memiliki bahan yang lembut dan minim risiko iritasi atau alergi. Bunda dapat memastikannya dengan mengecek kondisi si kecil, sehingga tahu benar bahan apa yang sebaiknya digunakan.

Perlengkapan Tidur

Untuk perlengkapan tidur, daftarnya adalah:

  • Tempat tidur bayi, dapat berupa box bayi atau keranjang bayi
  • Kasur bayi
  • Sprei dan selimut bayi
  • Bantal peyang
  • Kelambu

Seperti pada poin pertama tadi, karena perlengkapan tidur juga bersentuhan langsung dengan kulit si kecil maka keamanan dan kenyamanannya harus selalu dipastikan.

Perlengkapan Mandi dan Kesehatan

Perlengkapan mandi dan kesehatan yang harus disiapkan untuk bayi baru lahir adalah sebagai berikut:

  • Bak mandi bayi
  • Handuk bayi dengan tudung
  • Sabun dan sampo khusus bayi
  • Minyak telon atau minyak kayu putih
  • Kapas, cotton bud, dan alkohol
  • Termometer
  • Gunting kuku bayi
  • Sikat rambut bayi

Perlengkapan Makan

Perlengkapan bayi baru lahir untuk kategori makanan adalah:

Untuk bagian ini, wajib dipastikan produk yang digunakan memiliki standar yang jelas ekosistem produk yang baik, dan kenyamanan saat digunakan oleh Bunda ataupun si kecil.

Perlengkapan Bepergian

Checklist yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

  • Kereta dorong atau stroller
  • Gendongan bayi
  • Tas bayi
  • Car seat untuk bepergian dengan mobil

Cooler box untuk menyimpan ASI perah yang dibawa

5 Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Tepat

perlengkapan bayi baru lahir

Sumber: freepik via freepik.com

Proses pemilihan produk perlengkapan bayi sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan, karena kebanyakan produk bayi ini akan bersentuhan langsung dengan kulit si kecil dan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Maka dari itu, setidaknya terdapat lima tips sederhana yang dapat Bunda jadikan acuan untuk memilih produk yang tepat. Apa saja kelima tips tersebut? Bunda dapat cermati satu per satu di bagian berikut.

1. Prioritaskan Keamanan

Hal utama yang wajib dipastikan adalah keamanan produk. Keamanan produk ini mencakup bahan yang digunakan, jaminan atau sertifikasi, dan kondisi si kecil yang Bunda pastikan dengan memeriksanya di dokter kepercayaan Bunda.

Pastikan semua produk yang digunakan memiliki bahan yang berkualitas tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi atau pengakuan dari badan standarisasi internasional, sehingga tidak menimbulkan risiko pada si kecil.

2. Ukuran yang Tepat

Jangan sampai salah memilih ukuran perlengkapan bayi baru lahir yang pas, agar nyaman digunakan oleh si kecil. Meski secara umum ukuran berbagai peralatan ini cenderung sama, tapi jika Bunda cermati terdapat beberapa perbedaan pada ukuran yang diberikan, yang dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh si kecil.

Perlengkapan yang terlalu besar atau terlalu kecil jelas akan membuatnya tak nyaman. Misalnya saja pada pakaian, baju yang terlalu kecil justru bisa membuatnya mengalami iritasi di bagian lipatan tubuh. Jadi pilih ukuran yang pas, dan jangan ragu mendiskusikannya dahulu dengan penjual produk.

3. Bahan yang Nyaman

Selain keamanan produk seperti yang disampaikan pada poin pertama tadi, Bunda juga harus memastikan bahan yang digunakan nyaman. Kelembutan yang tepat, kemudian dapat menyerap keringat dengan baik, dan tidak memicu iritasi pada kulit bayi, menjadi indikasi pada kenyamanan yang diberikan.

Beberapa rekomendasi bahan antara lain cotton premium, cotton viscose, cotton bamboo, cotton modal, US Pima Cotton, dan sejenisnya.

4. Desain yang Fungsional

Godaan pada perlengkapan bayi baru lahir yang lucu dan menggemaskan memang selalu ada. Tapi ada baiknya Bunda lebih mengutamakan desain yang fungsional, dan tidak sekedar sedap dipandang saja.

Pilih perlengkapan yang mudah digunakan, kemudian mudah dibersihkan, dan mudah disimpan. Pada dasarnya, perlengkapan dengan bentuk yang simpel dan maintenance mudah juga akan mendukung Bunda dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil.

5. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, adalah untuk menyesuaikan opsi yang Bunda miliki dengan budget yang dialokasikan. Meski memang cukup menantang menemukan produk dan perlengkapan bayi yang tepat, tapi Bunda dapat memiliki pilihan yang lebih jelas ketika terlebih dahulu menentukan alokasi yang akan dikeluarkan.

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Pada urusan perlengkapan bayi, biasanya kualitas yang diberikan akan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Namun jika memungkinkan selalu pilih produk dengan kualitas terbaik agar si kecil mendapatkan manfaat maksimalnya.

Selain kelima tips untuk memilih perlengkapan bayi baru lahir di atas, ada juga beberapa tips tambahan yang dapat Bunda gunakan. Tips ini sebenarnya sederhana, tapi akan sangat membantu Bunda mendapatkan produk yang tepat dengan alokasi budget yang tetap masuk akal.

  • Pertama, buat daftar perlengkapan yang diperlukan. Dari daftar di bagian pertama tadi, pilih dan pilah perlengkapan apa saja yang diperlukan sebelum kemudian berbelanja atau mulai mencari rekomendasi produknya
  • Kedua, bandingkan harga di pasar dan di berbagai platform. Untuk produk yang sama, harga yang ditawarkan bisa jadi berbeda antara satu platform dengan platform lainnya. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengambil waktu beberapa saat membandingkan harga yang paling menarik untuk Bunda
  • Ketiga, baca ulasan dan deskripsi produk. Deskripsi produk akan memberikan informasi lengkap mengenai fitur dan apa yang ada di dalam produk tersebut, sedangkan ulasan produk akan memberikan Bunda informasi tentang pengalaman dari pengguna lain yang berguna
  • Keempat, alternatif perlengkapan bayi bekas atau sewa. Jika memang tidak memungkinkan pembelian perlengkapan baru, alternatif pembelian produk pre-loved atau sewa juga menjadi pilihan menarik. Tentu saja, Bunda harus menyediakan waktu ekstra untuk mengkurasi produk yang akan dibeli atau disewa, sehingga dapat memperoleh produk dengan kualitas yang masih prima

 

Secara mendasar, deretan perlengkapan bayi baru lahir di atas dapat menjadi checklist umum yang Bunda gunakan untuk mempersiapkan kehadiran si kecil dengan maksimal. Masing-masing perlengkapan akan diperlukan pada banyak urusan, yang tujuannya membantu fase awal tumbuh kembang si kecil dan Bunda dalam menyalurkan kasih sayang yang Bunda miliki.

Beberapa tips di atas juga dapat Bunda gunakan dengan penyesuaian tertentu pada kondisi Bunda saat ini. Jadi tips tersebut bersifat adaptif, dan dapat digunakan secara fleksibel. Pemilihan produk perlengkapan bayi baru lahir juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter atau ahli agar memperoleh rekomendasi terbaik untuk si kecil dan Bunda.

Untuk mendapatkan beberapa perlengkapan bayi dengan kualitas unggul dan ekosistem yang sangat baik, Hegen siap membantu Bunda. Berbagai perlengkapan ditawarkan dengan kualitas yang tinggi dan standar yang jelas, sehingga aman dan nyaman saat digunakan. Mulai dari botol susu, storage, breast pump, hingga ke berbagai peralatan pendukung lain, dapat diperoleh di laman produk yang ada di situs ini. Jadi tunggu apa lagi? Jelajahi produk solid dari Hegen sekarang, dan dapatkan perlengkapan yang tepat untuk setiap fase tumbuh kembang si kecil!

 

 

Referensi: 

  • MAKUKU. Pentingnya Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Apa Saja yang Harus Disiapkan?. https://makuku.co.id/id/artikel/gaya-hidup/pentingnya-perlengkapan-bayi-baru-lahir-apa-saja-yang-harus-dipersiapkan/.
  • theAsianparent. Biar Tidak Mubazir, Ini Tips Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir. https://id.theasianparent.com/tips-membeli-perlengkapan-bayi.
  • Bebeclub. Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Disiapkan. https://bebeclub.co.id/artikel/untuk-ibu/trimester-3/tips-membeli-perlengkapan-bayi.
  • Gramedia. Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Penting untuk New Moms Miliki!. https://www.gramedia.com/best-seller/daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir/.
  • Flower Advisor. 9 Tips Membeli Keperluan Bayi Baru Lahir Untuk Para Orang Tua!. https://www.floweradvisor.co.id/blog/tips-membeli-keperluan-bayi-baru-lahir-untuk-orang-tua/?srsltid=AfmBOopWpVyhZWHG7Jv2BROml4Yr2NOPEpri3Z1cUsT0F-0Na_rR7ex8.
  • Ibu & Balita. Panduan Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Tepat dan Aman. https://www.ibudanbalita.com/artikel/6-tips-memilih-baju-bayi-baru-lahir-yang-aman.
  • Orami. 12 Bahan Kaos Terbaik untuk Anak, Bebas Risiko Alergi!. https://www.orami.co.id/magazine/bahan-kaos-terbaik.