Blog Hegen

Panduan Cara Merawat Dot Susu Bayi Praktis dan Mudah!

Pemilihan dot susu bayi mencakup bahan, jenis, kualitas, dan kemudahannya untuk dibersihkan. Selain itu, cara merawat dot susu bayi juga penting untuk diperhatikan karena kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan si kecil. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang panduan lengkap dalam merawat dot bayi secara praktis dan mudah. Simak baik-baik ya Bunda!

Tips Memilih Dot Susu Bayi

Sebelum membahas tentang cara merawat dot susu bayi, ketahui dulu bagaimana cara memilih dot susu secara tepat. Pasalnya, memilih dot susu bayi yang aman dan berkualitas menjadi hal penting untuk kesehatan dan kenyamanan bayi. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Bunda.

  • Pilih Bahan yang Aman: Bahan silikon dan lateks adalah 2 jenis material dot yang paling umum dijumpai di pasaran. Silikon umumnya lebih tahan lama, tidak mudah berubah bentuk, dan aman jika dicuci dengan air hangat. Di sisi lain, lateks lebih lembut dan fleksibel, akan tetapi lebih cepat aus dan bisa menyebabkan alergi pada beberapa bayi.
  • Periksa Kebersihan dan Keamanan: Pastikan dot tidak mengandung BPA (Bisphenol-A) dan bahan kimia berbahaya lainnya. Hal ini ditandai dengan adanya label BPA free pada produk dot bayi.
  • Ukuran dan Bentuk Dot: Pilih ukuran dot sesuai usia bayi (0-3 bulan, 3-6 bulan, 6+ bulan) dan utamakan dot dengan bentuk yang menyerupai puting ibu untuk mencegah bingung puting
  • Aliran Susu: Perhatikan aliran susu pada dot saat memilih. Dot dengan aliran lambat untuk bayi baru lahir, aliran sedang untuk bayi yang lebih tua, dan aliran cepat untuk bayi yang lebih besar. Utamakan juga untuk memilih dot anti-kolik karena dapat mengurangi masuknya udara dan mencegah kembung.
  • Kemudahan Dibersihkan: Pilih dot yang mudah dibongkar pasang untuk dibersihkan. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan dot yang mudah disterilkan baik dengan air mendidih atau sterilizer khusus.
  • Merek Terpercaya: Pilih produk dari merek yang sudah terpercaya dan memiliki ulasan baik dari pengguna lain. Dalam hal ini, Bunda bisa memercayakan produk dot susu bayi/teats dari Hegen. Pastikan juga bahwa produk memiliki sertifikasi keamanan dari badan kesehatan yang terpercaya.
  • Uji Coba: Coba beberapa jenis dan bentuk dot untuk melihat mana yang paling nyaman dan disukai bayi.

Baca juga: Kapan Bayi Dikenalkan Dot? Perhatikan Waktu yang Tepat!

Cara Tepat Membersihkan Dot Susu Bayi


Perawatan dot bayi dimulai dengan langkah-langkah dalam membersihkannya secara tepat. Berikut rinciannya.

  • Selalu cuci tangan dengan sabun dan air sebelum mulai membersihkan dot bayi.
  • Lepaskan semua bagian botol susu, termasuk dot, cincin pengunci, dan botol itu sendiri.
  • Bilas semua komponen botol dan dot dengan air dingin untuk menghilangkan sisa susu.
  • Gunakan sabun cuci khusus bayi atau sabun cuci piring yang lembut dan air hangat.
  • Gunakan sikat botol untuk membersihkan bagian dalam botol dan sikat kecil untuk membersihkan bagian dalam dot.
  • Bilas semua bagian dengan air mengalir hingga semua sisa sabun hilang.
  • Lakukan sterilisasi dengan pilihan direbus, menggunakan sterilisator uap, atau cairan khusus sterilisasi.
  • Tempatkan semua komponen di rak pengeringan yang bersih atau di atas kain bersih untuk dikeringkan.
  • Hindari mengeringkan dengan handuk yang dapat meninggalkan serat pada dot.
  • Simpan dot dan botol yang sudah dibersihkan di tempat yang steril dan tertutup untuk menghindari kontaminasi.

Baca juga: Begini Cara Melunakkan Dot Bayi yang Terlanjur Keras

Tanda -Tanda Dot Bayi Perlu Diganti

Selain memilih, membersihkan, sterilisasi, dan penyimpanan, cara merawat dot susu bayi juga meliputi penggantian dot bayi secara berkala. Apalagi jika kondisi dot sudah aus, sobek, dan sebagainya. Secara lebih detail, Bunda perlu memperhatikan tanda-tanda dot susu bayi perlu diganti sebagai berikut.

  • Dot berubah warna menjadi kekuningan atau kecokelatan. Ini bisa menunjukkan penumpukan bakteri atau bahan kimia yang tidak dapat dibersihkan sepenuhnya.
  • Adanya retakan, sobekan, atau lubang yang membesar pada dot. Ini bisa menyebabkan susu mengalir terlalu cepat atau menimbulkan risiko tersedak.
  • Dot mengeluarkan bau tidak sedap meskipun sudah dibersihkan. Ini bisa menunjukkan adanya penumpukan bakteri atau jamur.
  • Dot tidak kembali ke bentuk semula setelah diisap bayi atau dot mengempis dan tidak elastis lagi.
  • Adanya bekas gigitan atau goresan dari gigi bayi, yang bisa membuat dot tidak aman untuk digunakan.
  • Lubang dot yang membesar membuat aliran susu terlalu cepat, atau lubang tersumbat sehingga aliran terlalu lambat.
  • Sudah digunakan lebih dari 2-3 bulan. Meskipun tidak ada kerusakan yang terlihat, dot yang terlalu lama digunakan bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  • Ikuti rekomendasi pabrik atau panduan pada kemasan dot mengenai waktu penggantian.

Baca juga: 6 Tips Atasi Bayi Tidak Mau Dot, Yuk Beralih ke Dot Terbaik

Teats dari Hegen adalah Pilihan Dot Bayi Terbaik


Setelah menyimak informasi tentang cara merawat dot susu bayi, kini saatnya Bunda menjatuhkan pilihan dot bayi untuk diberikan ke si kecil. Teats dari Hegen adalah pilihan dot bayi terbaik karena menawarkan berbagai keunggulan yang mendukung pertumbuhan serta kesehatan anak. Kenapa harus teats dari Hegen?

  • Tidak Menyebabkan Bingung Puting

Keutamaan dot bayi atau teats dari Hegen adalah meminimalisir terjadinya bingung puting pada si kecil. Pasalnya, dot bayi didesain menyerupai payudara ibu dengan bentuk elips yang super lembut. Jadi, ibu tidak perlu khawatir saat melakukan kombinasi pemberian ASI secara langsung dan dengan botol susu.

  • Memiliki Sistem Anti Kolik

Keistimewaan lainnya yang dimiliki teats dari Hegen yaitu memiliki sistem anti kolik yang bisa mengurangi asupan udara berlebihan agar si kecil terhindar dari gangguan perut. Dengan demikian bayi juga tidak akan mudah rewel dan bisa menyusu dengan lebih nyaman.

  • BPA dan BPS Free

BPA dan BPS adalah dua jenis zat kimia berbahaya yang bisa mengancam kesehatan anak. Namun, semua produk teats dari Hegen sudah BPA dan BPS free sehingga aman untuk digunakan.

  • Mudah Dibersihkan

Dot bayi dari Hegen bisa dibersihkan dengan mudah karena komponen-komponen di dalamnya mudah dibongkar pasang. Dengan demikian dot bayi dijamin selalu higienis sehingga mengurangi risiko bakteri berkembang di dalam dot.

  • Terdiri dari 5 Jenis Aliran

Hegen juga menawarkan 5 pilihan aliran yang bisa disesuaikan dengan usia si kecil atau kecepatan bayi dalam mengisap ASIP. Aliran dot bayi yang dimiliki Hegen terdiri dari extra slow flow, slow flow, medium flow, fast flow, dan thick feed.

  1. Extra slow flow (tanda 0) untuk newborn/0 bulan
  2. Slow flow (titik 1) untuk 1-3 bulan
  3. Medium flow (titik 2) untuk 3-6 bulan
  4. Fast flow (titik 3) untuk 6-9 bulan
  5. Thick feed (bentuk Y) untuk 12 bulan keatas
  • Tidak Menganggu Pertumbuhan Gigi dan Rahang Bayi

Semua produk dot bayi dari Hegen punya keutamaan yaitu memiliki kemiringan 20 derajat saat dipakai untuk menyusu, sehingga hal ini bisa mencegah si kecil mengalami pertumbuhan gigi dan rahang yang tidak normal karena posisi menyusu terlalu maju. 

Jadi Bunda tidak perlu khawatir gigi anak akan tonggos karena teats dari Hegen memastikan hal tersebut tidak akan terjadi.

  • Desain Asimetris Cegah Bayi Tersedak

Teats dari Hegen juga dirancang dengan desain asimetris yang memungkinkan si kecil untuk bisa menyusu dalam posisi tegak. Selain itu, hal ini akan mencegah bayi tersedak atau mengalami komplikasi pada bagian tengah telinga.

Klik di sini untuk mendapatkan rangkaian produk teats dari Hegen secara online sekarang juga! Bunda juga bisa membeli perlengkapan ibu dan bayi lainnya serta aksesori pendukung dengan mengunjungi halaman resmi Hegen Indonesia berikut!


Referensi:

  1. MedlinePlus. Buying and caring for baby bottles and nipples. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000804.htm
  2. Halodoc. Ibu, Begini Langkah Membersihkan Dot Bayi. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-begini-langkah-membersihkan-dot-bayi