Blog Hegen

Pilih Botol Susu Bayi Terbaik dengan 4 Cara Tepat Berikut!

Ada banyak hal yang wajib Bunda perhatikan saat memilih botol susu bayi terbaik untuk putra-putri tercinta. Hal ini misalnya seperti bahan atau material botol, ukuran, kemudahan dalam membersihkan, dan berbagai pertimbangan penting lainnya. Supaya tidak salah pilih, yuk simak berbagai tips dalam memilih botol susu beserta cara merawatnya dalam artikel berikut ini.

Cara Memilih Botol Susu Bayi Terbaik

Demi menunjang kesehatan si kecil, Bunda sewajarnya selalu memberikan yang terbaik, termasuk dalam memilih botol susu bayi. Berikut telah terangkum beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Pilih Material Terbaik

Umumnya, material botol susu bayi terbuat dari kaca, silikon, dan plastik. Dari ketiganya, manakah yang terbaik. Tiap-tiap bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Material kaca memang awet, mudah dibersihkan, dan bebas bahan kimia. Namun sayangnya material ini cukup berat dan berisiko pecah, sehingga membahayakan bayi.

Opsi bahan silikon lebih ringan dan juga mudah dibersihkan, serta menjadi salah satu pilihan material terbaik. Pasalnya, bahan silikon juga tidak beracun sehingga aman untuk dipakai dalam jangka panjang. Namun, silikon biasanya dibanderol cukup mahal sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan.

Pilihan material terakhir dan yang paling banyak dipilih oleh orang tua kebanyakan adalah plastik. Namun, tahukah Bunda bahwa bahan plastik terdiri dari 3 jenis yaitu PP, PES, dan PPSU. Dari ketiga bahan plastik tadi, botol PPSU dianggap yang terbaik karena lebih awet dan tahan panas hingga 180°C. Selain itu, masa pakainya juga lebih lama yaitu 1 sampai 2 tahun.

2. Perhatikan Bentuk dan Ukuran Dot Bayi

Produk botol susu bayi biasanya juga dilengkapi dot dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi. Umumnya, bentuk dan ukuran dot bayi dirancang sedemikian rupa agar menyerupai payudara ibu, sehingga memudahkan peralihan proses menyusui secara langsung ke botol susu.

Sayangnya, tiap-tiap bayi juga memiliki preferensi kenyamanan masing-masing. Ada yang lebih desainnya lebar, ada juga yang lebih sempit. Untuk mengetahui mana yang cocok untuk si kecil, Bunda bisa mencoba beberapa ukuran dan model dot.

3. Pilih yang Mudah Dibersihkan

Botol susu juga membutuhkan perawatan rutin, sehingga Bunda sebaiknya memilih produk yang mudah dibersihkan. Jika ingin lebih mudah saat membersihkannya, sebaiknya pilih botol susu yang memiliki leher cukup lebar.

4. Prioritaskan Membeli Produk yang Sama dengan Pompa ASI

Selain ketiga tips tadi, pertimbangkan juga untuk membeli botol dengan merek yang sama dengan pompa ASI yang digunakan. Biasanya, botol susu tersebut dapat langsung diatur di pompa ASI saat sedang memerah air susu ibu, sehingga Bunda tidak perlu memindahkan ASI perah ke wadah/storage lainnya. Dengan demikian, air susu ibu yang dipompa juga lebih higienis.

Tips Merawat Botol Susu Bayi

tips merawat botol susu bayi

Merawat botol susu bayi juga sama pentingnya dengan memilih botol susu bayi terbaik. Lalu bagaimana cara merawat botol susu bayi yang tepat? Perlu Bunda pahami terlebih dahulu bahwa botol susu harus langsung dibersihkan setelah selesai digunakan.

Apabila bayi menyisakan ASI atau susu formula di dalam botol pasca menyusu, segera buang isinya setelah 2 jam. Hal ini penting untuk mencegah kuman berkembang di dalam botol. Selain itu, pastikan botol susu benar-benar dicuci bukan hanya dibilas. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, cuci tangan sebelum memegang botol susu.
  • Gunakan air panas yang dicampur dengan sabun khusus pembersih botol bayi untuk menggosok botol dan dot bayi.
  • Bilas botol dan dot bayi sampai benar-benar bersih dari sabun.
  • Beberapa ahli juga merekomendasikan untuk merebus botol bayi selama 5 menit.
  • Selesai dibersihkan, letakkan botol bayi di atas tisu bersih di tempat yang aman dari kotoran dan debu. Tunggu sampai benar-benar kering sebelum menyimpannya.
  • Hindari mengelap dengan lap piring supaya cepat kering karena berisiko menyebarkan kuman ke botol susu tersebut.

Rekomendasi Botol Susu Bayi dari Hegen

rekomendasi botol susu bayi terbaik
Pastikan Bunda hanya memilih botol susu bayi terbaik dari Hegen yang sudah terjamin kualitasnya. Semua produk botol susu dari Hegen menggunakan material plastik PPSU yang berkualitas, awet, lebih aman, tahan panas dan juga dingin, serta mudah dibersihkan.

PPSU (Polyphenylsulfone) adalah material berstandar FDA yang menggabungkan keunggulan kaca dan plastik dengan bobot ringan. Bahkan, PPSU juga bebas BPA serta memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi yang berkisar antara -20°C hingga 180°C. Selain menggunakan material PPSU, botol susu bayi Hegen juga anti-kolik dan menggunakan inovasi PCTO™ yang telah dipatenkan di dunia.

Botol susu Hegen terdiri dari 4 ukuran yaitu 60 ml untuk newborn, 150 ml untuk 1-3 bulan, 240 ml untuk 3-6 bulan, dan 330 ml untuk 6-9 bulan. Menariknya, botol susu dengan berbagai ukuran tersebut dapat diatur ke pompa ASI dari Hegen. Klik di sini untuk berbelanja produk-produk dari Hegen dan temukan botol susu bayi terbaik sesuai dengan kebutuhan Bunda.



Referensi:

  1. Adelynn Liew. 5 Tips on Choosing the Right Milk Bottle for Your Baby. https://parentsworld.com.sg/2023/05/02/choosing-the-right-milk-bottle-for-your-baby/
  2. Centers for Disease Control and Prevention. How to Clean, Sanitize, and Store Infant Feeding Items. https://www.cdc.gov/hygiene/childcare/clean-sanitize.html
  3. ​The American Academy of Pediatrics. How to Sterilize and Warm Baby Bottles Safely. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/formula-feeding/Pages/How-to-Sterilize-and-Warm-Baby-Bottles-Safely.aspx