Blog Hegen

Alasan Pilih Botol Minum Anak BPA Free & Cara Mengenalinya

Botol minum anak BPA free selalu ramai menjadi perbincangan banyak orang hingga sekarang. Pasalnya, di pasaran masih banyak ditemukan produk botol dengan kandungan BPA (Bisphenol A) yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, kandungan BPA tidak hanya ada di botol minum saja, tapi juga wadah makanan, gelas plastik, mainan anak, dan sebagainya. 

Oleh sebab itu, Bunda sebaiknya hati-hati dan selalu memilih produk-produk yang bebas BPA demi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Yuk pahami lebih jauh tentang apa dampak buruk BPA ke anak, cara mengenali botol BPA free, dan keuntungan memilih botol susu BPA free dalam artikel berikut.

Dampak BPA terhadap Kesehatan Anak

Bisphenol A merupakan senyawa kimia berbahaya yang ada di dalam plastik polikarbonat dan resin epoksi. Plastik polikarbonat sendiri adalah material dasar yang sering dipakai pada wadah makanan, botol minum, mainan anak, kacamata, dan lain-lain. 

Banyak produsen yang memilih material ini karena bobotnya yang ringan, anti pecah, dan berwarna transparan. Namun sayangnya, pemakaian plastik polikarbonat dalam jangka waktu yang lama bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Senyawa BPA bisa masuk ke dalam tubuh melalui plasenta, ASI, penggunaan susu botol, serta pemberian makanan/minuman yang telah terkontaminasi BPA. Perlu Bunda pahami bahwa kontaminasi Bisphenol A sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama untuk ibu hamil, bayi, dan anak-anak.

Paparan BPA yang masuk ke tubuh berdampak negatif pada otak, perilaku, hingga kelenjar prostat yang ada pada janin, bayi, maupun anak-anak. Bahkan, efeknya juga mengakibatkan masalah pada tumbuh kembang anak, menimbulkan perilaku depresif, ansietas, hiperaktif, gangguan homeostasis metabolik, hingga gangguan pada struktur dan fungsi otak.

Keuntungan Memilih Botol BPA Free

botol minum anak bpa free

Berdasarkan fakta di atas, Bunda wajib beralih menggunakan botol minum anak BPA free yang lebih menjamin kesehatan dan tumbuh kembang anak nantinya. Berikut ini adalah berbagai manfaat dari penggunaan produk BPA free yang perlu Bunda tahu.

1. Melindungi Otak dan Perilaku Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa efek buruk dari BPA bisa membahayakan otak anak. Selain itu, paparan Bisphenol A dalam tubuh juga memengaruhi perilaku anak di kemudian hari. Namun, dengan memilih produk-produk berbahan BPA free, Bunda sama saja telah mengupayakan yang terbaik dalam melindungi otak dan perilaku anak.

2. Mencegah Risiko Terkena Kanker dan Penyakit Jantung

Paparan BPA dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga kanker. Hal ini perlu menjadi perhatian Bunda semuanya untuk segera beralih menggunakan produk-produk bebas BPA agar terlindungi dari potensi terkena kanker maupun penyakit jantung di masa depan.

3. Mencegah Obesitas pada Anak

Sebuah riset dalam International Journal of Environmental Research and Public Health tahun 2019 juga menjelaskan bahwa paparan Bisphenol A dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak.

4. Mencegah Terjadinya Gangguan Kinerja Hormon

Senyawa BPA yang masuk ke tubuh janin, bayi, dan anak-anak bisa mengganggu kinerja hormon. Oleh sebab itu, penggunaan produk-produk yang bebas BPA akan meminimalisir risiko tersebut agar tidak terjadi.

Cara Mengenali Botol BPA Free

Nah Bunda jangan ragu untuk meninggalkan botol susu yang mengandung senyawa BPA demi kesehatan dan pertumbuhan anak. Agar tidak keliru, berikut ini akan dijelaskan cara mudah untuk mengetahui botol minum anak yang sudah BPA free.

1. Cek Label pada Produk

Beberapa produsen menampilkan label BPA free pada bagian luar atau sisi bawah produk. Bunda bisa meneliti produk secara menyeluruh sebelum membelinya.

2. Perhatikan Kode BPA Free 

Cara mengetahui apakah produk sudah BPA free atau belum juga bisa dilihat dari kode arah panah berbentuk segitiga yang tercetak di luar/sisi bawah kemasan produk. Perlu Bunda tahu bahwa kode dengan nomor 1, 2, 4, dan 5 merupakan tanda bahwa produk tersebut bebas Bisphenol A maupun bahan turunan berbahaya lainnya seperti BPS dan BPF.

Namun, jika kode menunjukan angka 7 berarti produk tersebut terbuat dari material yang mengandung BPA. Selain kode dengan angka 7, produk yang memiliki kode angka 3 dan 6 juga sebaiknya dihindari karena mengandung bahan turunan BPA yang juga berbahaya bagi kesehatan.

Rekomendasi Botol BPA Free dari Hegen

Nah tidak perlu galau dan gundah lagi karena mengenali produk-produk yang sudah BPA free ternyata cukup mudah. Bagi Bunda yang sedang mencari botol minum anak BPA free bisa memilih rangkaian produk dari Hegen. Selain feeding bottle, Hegen juga menyediakan drinking bottle dan straw cup untuk menemani tumbuh kembang si kecil.

Semua produk botol dari Hegen sudah dipastikan BPA free karena dibuat dari material PPSU (Polyphenylsulfone) yang sudah bersertifikat FDA. Bahkan, material PPSU juga merupakan pilihan utama pada pembuatan alat-alat medis. Tak hanya itu saja, berikut ini adalah kelebihan produk botol dari Hegen yang sebaiknya Bunda tahu.

  • Tahan terhadap suhu ekstrem dari -18°C dan hingga 180°C.
  • Bentuk ergonomis dengan desain soft-square yang nyaman untuk dipegang, sehingga botol tidak mudah terguling.
  • Botol mudah disimpan dan awet karena memiliki durasi pemakaian 1 hingga 2 tahun.
  • Produk bersifat sustainable sehingga tak hanya sehat tapi juga ramah lingkungan.
  • Dilengkapi dengan fitur Hegen Press-to-Close, Twist-to-Open™ (PCTO™) yang memungkinkan botol ditekan dengan satu tangan, dan diputar dengan mudah tanpa khawatir isinya tumpah.

Berikut adalah rangkaian produk feeding bottle, drinking bottle, dan straw cup yang bisa Bunda pilih sesuai kebutuhan.

  1. HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ FEEDING BOTTLE PPSU UNTUK NEWBORN/0 BULAN

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 150ML/5OZ FEEDING BOTTLE PPSU UNTUK USIA 1-3 BULAN

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 240ML/8OZ FEEDING BOTTLE PPSU UNTUK USIA 3-6 BULAN

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ FEEDING BOTTLE PPSU UNTUK USIA 6-9 BULAN

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO 330ML/11OZ DRINKING BOTTLE PPSU (BLUE) NEW

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ DRINKING BOTTLE PPSU (PINK)

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ DRINKING BOTTLE PPSU (GREY)

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ STRAW CUP PPSU BLUE NEW

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ STRAW CUP PPSU PINK NEW

botol minum anak bpa free

  1. HEGEN PCTO™ 330ML/11OZ STRAW CUP PPSU GREY NEW

botol minum anak bpa free


Referensi:

  1. Hellosehat. Benarkah Plastik BPA Itu Berbahaya Bagi Kesehatan? https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/plastik-bpa-berbahaya/
  2. Jihaan Khoirunnisaa. Tak Cuma Ibu Hamil, Bahaya Paparan BPA Intai Bayi dan Anak-anak. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6294212/tak-cuma-ibu-hamil-bahaya-paparan-bpa-intai-bayi-dan-anak-anak