The Hegen Blog

9 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Menyusui

Merawat kulit selama menyusui adalah penting karena perubahan hormonal, kurang tidur, dan stres bisa memengaruhi kondisi kulit ibu. Namun, Bunda tetap harus memperhatikan keamanan bayi karena tidak semua skincare aman bagi ibu menyusui. Pasalnya, beberapa kandungan produk perawatan kulit mengandung zat kimia yang bisa memengaruhi kesehatan bayi. Nah, supaya tidak salah pilih, ketahui apa saja kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui sebagai berikut!

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare karena beberapa kandungan tertentu bisa berisiko bagi bayi. Berikut beberapa kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui.

1. Retinoid (Retinol, Tretinoin, Adapalene)

Bahan ini sering ditemukan dalam produk anti-aging dan pengobatan jerawat, tetapi bisa diserap oleh kulit dan masuk ke dalam ASI, yang berpotensi membahayakan bayi.

2. Asam Salisilat

Dalam konsentrasi tinggi, asam salisilat bisa berbahaya. Biasanya ditemukan dalam produk jerawat, exfoliator, dan pembersih wajah. Penggunaan dalam konsentrasi rendah (di bawah 2%) masih dianggap aman, tetapi lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

3. Benzoyl Peroxide

Sering digunakan untuk mengobati jerawat, bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit ibu dan bisa diserap ke dalam ASI.

4. Hidrokuinon

Digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi, tetapi keamanannya selama menyusui belum jelas, sehingga sebaiknya dihindari.

5. Paraben

Digunakan sebagai pengawet dalam banyak produk kosmetik, paraben bisa mengganggu hormon dan berpotensi membahayakan bayi.

Baca juga: 8 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Efektif Dan Aman

6. Formaldehida dan Formaldehyde-Releasing Agents

Kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui selanjutnya adalah formaldehida dan formaldehyde-releasing agents. Kandungan ini umumnya digunakan sebagai pengawet, dan bisa menyebabkan iritasi serta berpotensi karsinogenik.

7. Phthalates

Ditemukan dalam parfum dan produk perawatan rambut, phthalates bisa mengganggu hormon dan berbahaya bagi bayi.

8. Essential Oils Tertentu

Beberapa minyak esensial, seperti rosemary dan peppermint, bisa memengaruhi produksi ASI atau menyebabkan iritasi pada bayi.

9. Alkohol

Alkohol dalam produk skincare bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. Sebaiknya pilih produk yang bebas alkohol atau dengan kandungan alkohol yang sangat rendah.

10. Chemical Sunscreens (Oxybenzone, Octinoxate, Avobenzone)

Beberapa bahan tabir surya kimia bisa diserap oleh kulit dan masuk ke dalam ASI. Lebih baik memilih tabir surya fisik seperti zinc oxide atau titanium dioxide yang lebih aman.

Sebagai langkah pencegahan, selalu baca label produk dan konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan produk skincare baru selama menyusui.

Baca juga: Ingat, Ini Pantangan Ibu Menyusui Yang Wajib Dicermati

Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Busui

Sumber: freepik

Setelah mengetahui kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu menyusui, berikutnya Bunda juga perlu tahu bagaimana cara memilih skincare yang aman untuk busui. Hal ini memerlukan perhatian khusus, terutama pada kandungan produk dan reaksi kulit. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu ibu menyusui memilih skincare yang aman.

1. Periksa Label dan Kandungan

Selalu baca label produk dan periksa kandungannya. Hindari bahan-bahan yang berpotensi berbahaya seperti retinoid, asam salisilat dalam konsentrasi tinggi, paraben, dan phthalates.

2. Pilih Produk dengan Bahan Alami

Produk skincare yang mengandung bahan-bahan alami cenderung lebih aman dan lembut untuk kulit. Cari produk dengan bahan seperti aloe vera, minyak kelapa, shea butter, dan ekstrak tanaman lainnya.

3. Konsultasi dengan Dokter

Sebelum menggunakan produk skincare baru, konsultasikan dengan dokter atau dermatologis untuk memastikan bahwa produk tersebut aman digunakan selama menyusui.

4. Pilih Produk Hypoallergenic

Produk yang hypoallergenic biasanya lebih aman untuk kulit sensitif dan mengurangi risiko iritasi atau reaksi alergi.

5. Gunakan Tabir Surya Fisik

Pilih tabir surya fisik yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, yang dianggap lebih aman daripada tabir surya kimia.

Baca juga: Berapa Kali Bayi 3 Bulan Minum ASI Dalam Sehari?

6. Hindari Produk dengan Fragrance/Kimia Tambahan

Produk dengan pewangi atau kimia tambahan bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Pilih produk yang bebas pewangi atau mengandung pewangi alami.

7. Uji Produk Terlebih Dahulu

Lakukan tes patch sebelum menggunakan produk baru untuk melihat apakah ada reaksi negatif. Oleskan sedikit produk di bagian dalam lengan dan tunggu 24 jam untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

8. Cari Produk yang Spesifik untuk Ibu Menyusui

Beberapa merek skincare menawarkan lini produk yang khusus dirancang untuk ibu hamil dan menyusui, yang biasanya lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan kulit ibu menyusui.

9. Perhatikan Reaksi Kulit

Jika kulit menunjukkan tanda-tanda iritasi, kemerahan, atau ketidaknyamanan, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan konsultasikan dengan dokter.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Bunda dapat lebih mudah menemukan produk skincare yang aman dan efektif tanpa membahayakan kesehatan si kecil.

Baca juga: Inisiasi Menyusui Dini: Manfaat, Persiapan & Tips Suksesnya

Nah, Bunda untuk memberikan pengalaman menyusui yang lebih menyenangkan, pastikan untuk selalu memberikan yang terbaik bagi si kecil. Salah satunya dengan memercayakan kebutuhan produk ibu dan bayi hanya pada Hegen Indonesia

Apa saja yang disediakan Hegen? Berbagai produk baby care berkualitas seperti feeding bottle, breastmilk storage, teats, drinking bottle, straw cup, breast pump, dan aksesori penting lainnya bisa kamu dapatkan dengan klik di sini! 

 

Referensi:

  1. Nebraska Medicine. Skin care dos and don'ts when pregnant or breastfeeding. https://www.nebraskamed.com/health/belly-and-pelvis/dermatology/skin-care-dos-and-donts-when-pregnant-or-breastfeeding
  2. Redzhanna Jazmin. Skincare 101: Which ingredients to avoid when you’re breastfeeding. https://www.buro247.my/beauty/skincare/skincare-ingredients-to-avoid-when-breastfeeding.html
  3. Elisa Cinelli. Pregnancy-Safe Skin Care Ingredients, According to Experts. https://www.parents.com/pregnancy-safe-skincare-picks-from-the-experts-8360805

Featured image - freepik