The Hegen Blog

Berapa Kali Bayi 3 Bulan Minum ASI dalam Sehari?

Setiap fase tumbuh kembang selalu memiliki keunikannya masing-masing. Hal ini mengacu pada apa yang dibutuhkan si kecil, dan perkembangan yang terjadi di dalam dirinya. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah berapa kali bayi 3 bulan minum ASI dalam sehari?

Jika pada usia awal kehidupannya, yakni 24 jam pertama, bayi dapat menyusu setiap 2 hingga 3 jam sekali, maka hal ini tidak lagi berlaku pada bayi 3 bulan. Volume ASI yang diperlukan jelas akan lebih besar, namun jumlah sesi menyusunya akan berkurang.

Berapa Kali Bayi 3 Bulan Minum ASI dalam Sehari?

Berapa kali bayi 3 bulan minum asi dalam sehari

Secara umum, bayi di usia ini telah memiliki ‘jadwal’ makan yang cukup teratur. Sinyal lapar yang diberikan si kecil akan lebih mudah dikenali, sehingga Bunda dapat langsung memberikan ASI untuknya ketika sinyal ini muncul.

Umumnya pada usia 3 bulan, si kecil memerlukan sekitar 4 hingga 6 ons ASI setiap 3 hingga 4 jam. Artinya dalam satu hari si kecil rata-rata membutuhkan 6 hingga 8 kali sesi menyusu pada Bunda. Meski tentu saja pada faktanya besar kemungkinan si kecil memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit ASI, tergantung dengan kondisi yang dimilikinya.

Maka dari itu sangat disarankan agar Bunda terus menjaga kelancaran produksi ASI dengan beberapa tips yang dengan mudah dapat Bunda temukan di artikel terkait. Kuncinya adalah tetap menjaga pola hidup sehat, jauhkan stres, dan cukup istirahat serta nutrisi harian yang terpenuhi. Jangan salah sangka, ketika memproduksi ASI tubuh mengeluarkan tenaga yang cukup besar. Tak heran jika Bunda sering merasa lemas atau lelah setelah sesi menyusui si kecil atau pumping ASI.

Jika asupan ASI yang diterima si kecil cukup, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, maka tanda-tanda bayi 3 bulan sehat dapat dengan mudah diamati.

Ini Tanda-Tanda Bayi 3 Bulan Sehat

Berapa kali bayi 3 bulan minum asi dalam sehari

Tumbuh kembang si kecil selalu menunjukkan tanda yang jelas di setiap fase usianya. Setelah tahu berapa kali bayi 3 bulan minum ASI sehari, ada baiknya juga Bunda mengetahui tanda-tanda bayi sehat di usia tersebut.

1. Peningkatan Berat Badan dan Panjang Badan

Tanda paling jelas yang tampak pada bayi 3 bulan adalah adanya pertambahan berat dan panjang badan. Selain itu, bagian lingkar kepala juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Secara ideal rata-rata ukurannya adalah sebagai berikut:

  • Pada bayi laki-laki, berat badan berkisar antara 5 hingga 7,2 kg. Untuk panjang badan ada di kisaran 61,5 cm, dan lingkar kepala di angka 39,5 hingga 42 cm
  • Pada bayi perempuan, berat badan berkisar antara 4,5 hingga 6,6 kg. Untuk panjang badan ada di kisaran 60 cm, dan lingkar kepala di angka 38 hingga 41 cm

Meski demikian angka ini hanya angka ideal saja. Bunda dapat memastikan berat dan panjang badan ideal dengan memeriksakannya ke dokter anak atau melihat perkembangan ketika berkunjung ke Posyandu terdekat.

2. Mampu Mengangkat Kepala

Kekuatan fisik dan keterampilan motorik telah semakin baik. Di usia ini bayi sudah dapat mengangkat kepala dan menahannya tetap tegak 45 derajat saat ditengkurapkan. Bunda juga tidak lagi perlu selalu menyangga kepala si kecil sebab otot lehernya telah lebih kuat.

3. Mulai Mengoceh

Mulai banyak kata-kata yang keluar dari mulut mungilnya. Meski belum berarti banyak, tapi kata seperti ‘uhh’ atau ‘ahh’ dan sejenisnya jadi tanda bahwa si kecil tumbuh dengan optimal. Berikan respon pada setiap suara yang muncul dari bayi untuk merangsang tumbuh kembang kemampuan berbicaranya.

4. Ingin Berinteraksi

Dari aspek sosial, si kecil tampak terus menatap wajah orang lain. Ia senang memperhatikan ketika Bunda berbicara atau mencoba berinteraksi dengannya. Penting untuk terus mengajaknya berinteraksi agar si kecil juga mendapat stimulus yang ia perlukan. Bunda juga akan menemukan bahwa ia semakin senang bermain di depan cermin, karena ia mulai bisa mengenali dirinya sendiri.

5. Mampu Meraih Mainan

Bagian otot tangan juga menguat seiring bertambahnya usia. Paling jelas, bayi mampi meraih mainan atau benda yang ada di dekatnya dengan tangannya sendiri. Koordinasi mata dan tangan mulai berkembang, sehingga bisa mulai menggenggam mainan tersebut.

6. Gemar Menendang

Di tubuh bagian bawah, otot kaki si kecil juga terus mengalami perkembangan. Satu hal paling mencolok yang dapat dilihat adalah bahwa si kecil gemar sekali menendang-nendang dengan kakinya, meregangkan kaki, atau gerakan lain. Selain untuk ‘pamer’, si kecil juga melakukan hal ini untuk mencari perhatian Bunda.

7. Pandangan Mata Mengikuti Arah Gerak Benda

Penglihatan bayi di usia ini juga mulai pesat perkembangannya. Ia dapat mengikuti gerakan sebuah objek dekat yang ada di hadapannya. Hal ini merupakan progres yang baik dan menjadi tanda si kecil telah mengalami perkembangan ideal.

8. Secara Fisik Tampak Segar

Banyak tersenyum, ekspresif, lancar menyusu atau mengkonsumsi ASI, pencernaan yang baik, banyak bergerak, kulit tampak segar dan kenyal, pandangan mata yang terang, dan suara yang nyaring, jadi tanda fisik yang tampak ketika ia tumbuh sehat dan optimal di usia 3 bulan.

 

Setelah tahu berapa kali bayi 3 bulan minum ASI dalam sehari, Bunda tentu sudah memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang harus dilakukan. Senantiasa menjaga kesehatan tubuh agar produksi ASI tetap lancar dan berkualitas, Bunda juga dapat memanfaatkan alat pumping untuk menyimpan ASI berlebih yang ada. Hegen, dalam hal ini, menyediakan dua opsi alat pumping lengkap dengan storage yang dapat berfungsi sebagai dot untuk si kecil. Bunda dapat langsung cek ke laman produk Hegen, atau mengklik tautan yang tersedia di produk tersebut. Semoga berguna, dan semoga si kecil tetap tumbuh sehat dan optimal!

 

Referensi:

  • Bebeclub. Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir dan Jadwal Menyusuinya. https://bebeclub.co.id/artikel/nutrisi/0-3-bulan/kebutuhan-asi-bayi#:~:text=Minggu%203%2D5%20%3A%20%C2%B190,setiap%204%2D5%20jam%20menyusui..
  • HaiBunda. Ketahui Jumlah Tepat Kebutuhan ASI pada Bayi 3 Bulan dalam Sehari. https://www.haibunda.com/menyusui/20240103135808-54-325277/ketahui-jumlah-tepat-kebutuhan-asi-pada-bayi-3-bulan-dalam-sehari.
  • Nutriclub. Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Cara Mengoptimalkannya. https://www.nutriclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/0-3-bulan/perkembangan-bayi-usia-3-bulan.
  • Prenagen. Ciri-ciri Bayi yang Cerdas, Seperti Apa Sih?. https://www.prenagen.com/id/tanda-tanda-bayi-cerdas.