The Hegen Blog

Sebenarnya Tummy Time Usia Berapa? Cermati di Sini, Pahami Lebih Jauh!

Sumber: freepik via freepik.com

Tummy time merupakan sesi latihan yang dilakukan, dengan cara memposisikan si kecil secara tengkurap saat sedang bangun. Seperti namanya, sesi ini dilakukan agar si kecil dapat melatih gerakan tubuhnya secara aktif. Tapi sebenarnya tummy time usia berapa?

Latihan ini memiliki tujuan utama untuk mendukung perkembangan fungsi motorik dan sensorik bayi. Selain itu, si kecil juga akan dapat berlatih menggunakan tangannya dengan leluasa, sehingga secara menyeluruh banyak manfaat tumbuh kembang fisik yang dapat diberikan.

Untuk tahu lebih jauh tentang apa itu tummy time, kemudian kapan dimulainya, hingga deretan manfaat tummy time, dapat Bunda cermati penjelasannya di bagian berikutnya dalam artikel ini.

Lebih Jauh tentang Tummy Time

Tummy time usia berapa

Sumber: jomkwan via freepik.com

Secara lebih detail, tummy time adalah kegiatan yang dapat dilakukan dengan memposisikan si kecil pada perutnya atau dalam posisi tengkurap. Secara langsung, latihan ini dapat membantu penguatan otot leher serta bagian atas badan si kecil.

Meski memang bayi disarankan untuk tidur dalam kondisi terlentang, tapi pada kondisi terjaga, dianjurkan agar ia dapat melakukan tummy time secara rutin. Alasan utamanya adalah pada manfaat yang dapat dirasakan oleh si kecil pada tumbuh kembang fisik dan motoriknya.

Dengan demikian rangsangan tumbuh kembang dapat diberikan sejak dini dengan cara yang tepat, agar si kecil dapat tumbuh optimal sesuai dengan milestone usianya.

Lalu Tummy Time Usia Berapa?

Tummy time usia berapa

Sumber: senivpetro via freepik.com

Menurut apa yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tummy time dapat dilakukan si kecil berusia 0 bulan atau segera setelah ia lahir. Namun intensitasnya perlu diperhatikan agar tidak sampai berdampak buruk pada si kecil.

Pada usia ini, tummy time dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan durasi sampai 5 menit per sesinya. Durasi dan jumlah latihan akan ditambah sesuai dengan pertambahan usia si kecil. Salah satu hal yang wajib diperhatikan dan direkomendasikan, adalah bahwa pada usia dini tummy time disarankan dilakukan di dada orang tua.

Mengapa demikian?

Sebab dengan cara ini Bunda atau Ayah dapat memberikan sentuhan secara langsung pada si kecil yang membuatnya nyaman untuk bergerak. Di waktu yang sama, pengawasan dapat diberikan secara optimal sebab setiap gerakan si kecil akan dapat diamati dengan baik oleh Bunda.

4 Manfaat Tummy Time Bagi Perkembangan Bayi

Tummy time usia berapa

Sumber: peerawat45230 via freepik.com

Sekilas sudah dibahas di bagian awal tadi mengenai apa saja manfaat tummy time. Setelah tahu tummy time usia berapa, maka Bunda wajib paham sederet manfaat yang diberikan dengan latihan kecil ini untuk si kecil.

1. Perkembangan Motorik

Manfaat pertama adalah pada perkembangan motorik yang dimiliki si kecil. Secara langsung, tummy time membantunya untuk menguatkan otot leher, otot bagian punggung, serta otot bahu karena ‘harus’ menopang kepala dan anggota tubuh lain untuk bergerak.

Latihan ini juga akan membantu si kecil belajar berguling, duduk, merangkak, dan akhirnya berjalan seiring pertambahan usianya.

2. Mencegah Kepala Peyang

Karena mengurangi waktunya berbaring terlentang, maka cara ini juga bisa membantu si kecil terhindar dari kepala peyang. Tekanan pada bagian belakang kepala si kecil akan dapat dikurangi sehingga bentuk kepalanya cenderung ideal.

3. Perkembangan Sensorik Kognitif

Manfaat ketiga yang dapat diperoleh adalah merangsang indera penglihatan, pendengaran, hingga kemampuan sentuhan si kecil. Faktor sensorik dan kognitif ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya di kemudian hari.

Bunda dapat memberikan rangsangan belajar tentang lingkungan sekitarnya, sekaligus membantunya menggunakan berbagai indera dan anggota tubuh yang ia miliki.

4. Manfaat Lain

Selain ketiga manfaat tersebut, ada pula manfaat lain yang dapat diperoleh. Misalnya saja mengurangi risiko kolik atau kembung yang dialami si kecil, meningkatkan bonding antara orang tua dan si kecil, dan berbagai manfaat lain yang mungkin tak tampak pada usia dini si kecil, namun akan terasa ketika ia berusia anak-anak.

Cara Melakukan Tummy Time dengan Aman

Tummy time usia berapa

Sumber: freepic.diller via freepik.com

Untuk melakukan tummy time dengan aman, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Setidaknya agar nyaman terdapat empat poin yang dapat diperhatikan.

  • Pertama, terkait frekuensi dan durasi. Mulai dengan durasi latihan yang singkat, dan beberapa kali sehari. Seiring pertambahan usia si kecil, durasi dan frekuensi tummy time dapat ditambahkan
  • Kedua, posisi dan lingkungan. Letakkan bayi di bagian dada Bunda atau Ayah ketika melakukan tummy time usia dini. Namun ketika telah bertambah usia, Bunda dapat meletakkan si kecil di area yang permukaannya datar dan kokoh. Pastikan juga area sekitar aman dan nyaman
  • Ketiga, buat menjadi menyenangkan. Lakukan interaksi dengan si kecil, ajak bicara secara aktif, dan berikan mainan padanya. Variasikan posisi dan tempat tummy time agar si kecil tidak lekas bosan, dan mau terus bergerak untuk melatih tubuhnya
  • Keempat, kenali tanda harus berhenti. Bunda sebaiknya tahu benar tanda yang ditunjukkan si kecil jika ia sudah ingin berhenti. Tanda paling umum yang muncul antara lain adalah rewel, menangis, atau bahkan kesulitan bernapas. Jika tanda ini muncul, segera sudahi tummy time yang dilakukan

 

Mengingat tummy time menjadi bagian penting dari stimulasi tumbuh kembang si kecil, maka proses ini dapat segera dilakukan sejak usia 0 bulan. Namun perlu diperhatikan bahwa apa yang Bunda ingin lakukan benar-benar harus diawasi dengan baik, agar si  kecil tidak sampai mengalami cedera.

Waktu latihan tummy time secara rutin akan memberikan stimulus yang diperlukannya untuk tumbuh dengan optimal. Jika diperlukan, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Bunda agar mendapatkan ‘resep’ latihan yang ideal untuk buah hati.

Sekilas tentang jawaban atas pertanyaan tummy time usia berapa di atas semoga menjadi bacaan berguna untuk Bunda. Tentu saja, untuk mendampingi setiap fase tumbuh kembangnya, Bunda dapat mengandalkan produk berkualitas dari Hegen. Lengkap, memiliki ekosistem yang sempurna, dan terjamin kualitasnya, Hegen akan mendukung setiap upaya Bunda dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil!

 

Referensi:

  • Siloam Hospitals. Tummy Time pada Bayi, Ini Manfaat dan Tips Melakukannya. https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/tummy-time-pada-bayi.
  • Ibu & Balita. Wajib Tahu, Begini Cara Tummy Time Bayi Bulan. https://www.ibudanbalita.com/artikel/tummy-time-bayi-2-bulan.
  • Fimela. 5 Cara Aman Melatih Tummy Time pada Bayi. https://www.fimela.com/parenting/read/4722182/5-cara-aman-melatih-tummy-time-pada-bayi.
  • GoodDoctor. Ingin Melakukan Tummy Time pada Bayi? Begini Cara Amannya, Moms!. https://www.gooddoctor.co.id/parenting/info-parenting/ingin-melakukan-tummy-time-pada-bayi-begini-cara-amannya-moms/.
  • Nutriclub. 7 Manfaat Tummy Time untuk Bayi dan Cara Melakukannya. https://www.nutriclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/0-3-bulan/tummy-time-bayi?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=nutrilon-sem-genericgumdsa-aon-consideration-traffic_Sep-2024&utm_term=dsa&utm_content=Generic_DSAGenericArticle&gad_source=1&gclid=Cj0KCQjwjNS3BhChARIsAOxBM6rQz6nfyT2AeayjHtl_yBennyEiqNYiqKBAjrQjjWBVETT_A5IepkoaArtUEALw_wcB&gclsrc=aw.ds.
  • Alodokter. Manfaat Tummy Time pada Bayi dan Cara Melakukannya. https://www.alodokter.com/manfaat-tummy-time-pada-bayi-dan-cara-melakukannya.
  • Bebeclub. 7 Manfaat Tummy Time untuk Perkembangan Bayi dan Caranya. https://bebeclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/0-3-bulan/tummy-time-bayi.
  • PrimaKu. Ketahui Manfaat dan Waktu yang Tepat Tummy Time untuk Bayi, yuk!. https://primaku.com/parenting/ketahui-manfaat-dan-waktu-yang-tepat-tummy-time-untuk-bayi--yuk-.
  • Kehamilan Sehat. Ternyata Bermanfaat! Berikut Cara Melakukan Tummy Time pada Bayi. https://kehamilansehat.com/id/berikut-cara-melakukan-tummy-time-pada-bayi/.
  • Kumparan. Cara Tummy Time Bayi 2 Bulan dengan Aman dan Menyenangkan. https://kumparan.com/tips-dan-trik/cara-tummy-time-bayi-2-bulan-dengan-aman-dan-menyenangkan-20qBZtgoYGy.