The Hegen Blog

Ini 4 Cara Menyendawakan Bayi untuk Bunda Ketahui

Sumber: freepik via freepik.com

Apakah Bunda tahu jika menyendawakan bayi adalah hal yang penting untuknya? Ternyata sendawa pada bayi bukan hal yang mudah, sehingga Bunda perlu membantunya agar dapat bersendawa dengan baik. Untuk itu, Bunda wajib paham benar cara menyendawakan bayi dengan benar.

Pada dasarnya sendawa akan mengeluarkan sejumlah gas yang ada di bagian perut si kecil, sehingga tekanan di organ tersebut dapat berkurang. Jika bayi tidak disendawakan, maka perutnya dapat terisi oleh banyak udara dalam waktu yang lama dan membuatnya kembung atau muntah. Akhirnya si kecil menjadi rewel dan bisa berpengaruh buruk pada kesehatannya.

Ini kenapa kemudian penting untuk Bunda paham benar cara menyendawakan bayi, yang akan dijelaskan dalam artikel ini secara lebih jelas dan detail.

4 Posisi dan Cara Menyendawakan Bayi

Cara menyendawakan bayi

Sumber: peoplecreations via freepik.com

Setidaknya ada empat posisi dan cara menyendawakan bayi agar gas di dalam perutnya dapat dikeluarkan. Keempat caranya adalah sebagai berikut.

1. Menggendongnya di Dada atau Bahu

Cara pertama ini dapat dilakukan dengan langkah yang cukup mudah. Untuk dibagian dada, pertama gendong bayi di dada dengan dagu bertumpu pada bahu. Kemudian pegang area badan dan kepala dengan satu tangan, dan gunakan tangan lain untuk menepuk dan megnusap lembut area punggung si kecil untuk mengeluarkan udara yang terjebak.

Untuk cara menyendawakan bayi dengan digendong di bahu, langkahnya juga tak kalah mudah. Posisikan perut bayi di bahu, kemudian pegangi dengan satu tangan. Selanjutnya gunakan tangan lain untuk menepuk dan mengusap lembut area punggung bayi untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam perut.

Posisi ini menjadi cara paling mudah yang dapat dilakukan, namun mungkin agak kurang nyaman ketika si kecil sudah lebih besar.

2. Duduk di Pangkuan

Cara kedua adalah dengan mendudukkannya di pangkuan Bunda. Caranya dimulai dengan mendudukkan bayi di pangkuan Bunda dalam posisi agak membungkuk. Lanjutkan dengan menggunakan satu tangan Bunda untuk menopang area dada si kecil, dengan jari-jari memegangi area dagu dan rahangnya. Tepuk dan usap lembut bagian punggung dengan sisi tangan yang lain.

Kelebihan dari posisi ini adalah dapat memberikan tekanan lembut pada area perut bayi, sehingga udara lebih mudah dikeluarkan. Tapi Bunda perlu memperhatikan bagian kepala si kecil agar tidak terlalu menunduk, sehingga saluran udara di bagian tenggorokan dan mulut tetap terbuka lebar.

3. Tengkurap di Pangkuan

Posisi yang ketiga adalah dengan si kecil tengkurap di pangkuan Bunda. Cara yang dapat Bunda lakukan adalah duduk dengan posisi paha agak sedikit terbuka, kemudian tengkurapkan bayi melintang di atas paha. Rapatkan paha untuk menahan bagian bawah tubuh si kecil.

Dengan satu tangan Bunda dapat menyangga dagu si kecil agar posisinya lebih tinggi dari dada. Lalu tepuk lembut bagian punggung bayi dengan satu tangan Bunda yang bebas.

Keuntungan dari posisi ini adalah dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi dengan relatif mudah. Tapi dengan catatan Bunda harus benar-benar berhati-hati dan mengawasi setiap gerak-gerik si kecil agar tidak sampai salah posisi.

4. Menggendong Sambil Berjalan

Sebenarnya posisi keempat ini dapat dilakukan serupa dengan posisi pertama tadi, hanya saja Bunda dapat membawa si kecil sambil berjalan. Gerakan ayunan saat berjalan akan membuat si kecil merasa nyaman, sekaligus membantu mendorong gas keluar dari perutnya.

Ingat untuk tetap menepuk lembut punggung si kecil dan mengusapnya, agar memudahkan gas yang ada di dalam perut si kecil keluar dengan cepat.

Pada posisi ini Bunda juga jangan kaget karena mungkin saja si kecil tertidur selama proses tersebut dijalankan.

Terapkan Tips Ini untuk Menyendawakan Bayi

Cara menyendawakan bayi

Sumber: kseniajoyg via freepik.com

Cara menyendawakan bayi mungkin terlihat mudah. Tapi ketika Bunda coba praktekkan, ada tantangan tersendiri yang akan muncul. Maka dari itu, Bunda dapat menggunakan beberapa tips sederhana berikut ini agar prosesnya berjalan lebih cepat.

  • Pertama, bersabarlah dan berikan waktu pada si kecil untuk bersendawa. Secara alami, tubuh si kecil juga akan mendorong gas ini agar dapat dikeluarkan. Jadi nikmati saja prosesnya sambil menjalin kedekatan dengan buah hati
  • Kedua, tepuk atau usap punggung dengan lembut. Jangan terlalu keras karena justru dapat membuat si kecil merasa tak nyaman dan mengagetkannya. Tentu, Bunda paham benar sentuhan yang paling nyaman bagi si kecil
  • Ketiga, hindari mengguncangnya terlalu keras agar tidak justru membuat si kecil muntah
  • Keempat, jika si kecil tidak bersendawa setelah beberapa menit, cobalah ganti posisi
  • Kelima, jika bayi sering gumoh, maka ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter kepercayaan untuk memastikan apa penyebabnya

 

Karena gas yang ada di perut si kecil dapat membuatnya rewel dan berisiko pada kesehatannya, maka penting untuk Bunda menyendawakan bayi setelah si kecil menyusu atau mengkonsumsi ASI perah yang sudah disiapkan.

Percobaan pada empat posisi di atas mungkin perlu dilakukan, supaya Bunda mengetahui posisi mana yang paling tepat dan efektif untuk si kecil sehingga di kemudian hari proses menyendawakan si kecil tidak memerlukan waktu terlalu lama.

Setelah tahu cara menyendawakan bayi di atas, kini Bunda memiliki insight berguna untuk mengeluarkan gas dari perutnya. Bersamaan dengan hal tersebut, Bunda juga mungkin saja memerlukan botol susu dan dot yang berkualitas untuk membantu memberikan ASI pada si kecil setelah melakukan pumping. Hegen, dalam hal ini, siap memberikan ragam produk andalan mulai dari botol susu, storage, teat, hingga breast pump berkualitas untuk digunakan. Bunda dapat mencermati setiap produknya di laman terkait, dan percayakan produk baby care si kecil pada Hegen untuk setiap fase tumbuh kembangnya!

 

Referensi:

  • Halodoc. Ibu, Ini Cara Membuat Bayi Sendawa yang Aman dan Efektif. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ini-cara-membuat-bayi-sendawa-yang-aman-dan-efektif?srsltid=AfmBOooczLigmuN15m8BPVoVh1ZOvGp8LuFyDFq2qTYxyBVWgmJnQOGN.
  • Bebeclub. 5 Cara Menyendawakan Bayi yan Benar dan Aman. https://bebeclub.co.id/artikel/pencernaan/0-3-bulan/cara-menyendawakan-bayi.
  • Johnson’s Baby. Cara Menyendawakan Bayi yang Tepat agar Perutnya Tidak Kembung. https://www.johnsonsbaby.co.id/masa-menyusui/cara-menyendawakan-bayi-yang-tepat-agar-perutnya-tidak-kembung#:~:text=Sendawa%20penting%20untuk%20membantu%20mengeluarkan,Jangan%20khawatir%2C%20Bu!,
  • Alodokter. Sendawa pada Bayi, Alasan dan Cara Melakukannya. https://www.alodokter.com/pentingnya-sendawa-bagi-bayi.
  • Generasi Maju. Cara Mudah Menyendawakan Bayi Setelah Minum Susu. https://www.generasimaju.co.id/artikel/0-3-bulan/perawatan-bayi/cara-menyendawakan-bayi.
  • Daihatsu. 4 Cara Menyendawakan Bayi dan Alasannya Pentingnya Bayi Bersendawa. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/4-cara-menyendawakan-bayi-dan-alasannya-pentingnya-bayi-bersendawa/.
  • Puri Bunda. Pentingkah Sendawa Bagi Bayi…????. https://www.puribunda.com/en/pentingkah-sendawa-bagi-bayi/.