The Hegen Blog

8+ Step Cara Peras ASI Memakai Hegen Electric Breast Pump

Mencukupi kebutuhan ASI si Kecil setiap harinya menjadi motivasi besar setiap ibu selama fase menyusui. Selain dengan cara menyusui langsung (direct breastfeeding), teknik peras ASI atau pumping adalah solusi terbaik meningkatkan suplai ASI untuk si Kecil.

Beruntungnya, saat ini telah hadir produk pompa ASI elektrik yang berkualitas seperti Hegen Electric Breast Pump yang andal karena dibekali teknologi terkini. Untuk mendapat hasil ASIP yang optimal, simak cara peras ASI yang benar, frekuensi pumping yang tepat, serta rekomendasi produk pompa ASI yang akan diulas pada artikel ini. 

Cara Peras ASI yang Benar Menggunakan Pompa ASI Elektrik

Berikut ini langkah demi langkah yang perlu dicermati untuk memeras ASi menggunakan pompa ASI elektrik:

  1. Periksa semua bagian pompa ASI elektrik telah terpasang dan tidak ada robekan atau lubang yang bisa mempengaruhi hisapan. Sebaiknya harus selalu ada suku cadang untuk pompa ASI dan aksesorisnya seperti valves, tubes, seals, diaphragms, dan flanges.
  2. Saat akan digunakan, pasang semua komponen breast pump sesuai petunjuk pemakaian. Untuk dayanya, bisa sambungkan ke sumber listrik atau langsung gunakan baterai jika masih tersedia.
  3. Letakkan corong pompa pada posisi yang tepat di payudara agar proses pumping nyaman dan lancar. 
  4. Setelah Bunda siap pumping, pencet tombol on. Atur kecepatan dan daya hisap pompa sesuai tingkat kenyamanan masing-masing. 
  5. Jika Bunda memakai model single pump, ulangi proses pumping di sisi payudara lainnya. Namun akan lebih efisien memakai double breast pump yang bisa pumping secara bersamaan.
  6. Lakukan proses pumping sampai mendapat jumlah ASI yang diinginkan sudah cukup atau payudara sudah kosong.
  7. Untuk hasil ASI yang maksimal, Bunda mungkin juga perlu mengombinasikan memeras ASI dengan tangan atau menggunakan pompa manual. Hegen Electric Breast Pump dapat langsung berubah menjadi pompa manual hanya dengan menekan tuasnya. 
  8. Setelah sesi pumping, jangan lupa selalu membersihkan dan mensterilkan alat pompa ASI elektrik agar tetap higienis.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Pijatan Otomatis?

Sebelum melakukan pumping, dengan menggunakan Hegen electric breast pump ini, Bunda bisa melakukan pijatan laktasi sehingga proses pemompaan ASI menjadi lebih rileks, lancar, dan minim rasa sakit. 

Gunakan fitur pemijatan payudara dengan fitur Kneading Ring Hegen yang terinspirasi dari TCM. Fitur pijat laktasi ini bisa membantu menstimulasi sirkulasi darah, meredakan pembengkakan atau nyeri, mengatasi ASI tersumbat, dan meningkatkan hormon bahagia. 

Cara memasang alat pijat otomatis dari pompa ASI elektrik Hegen yaitu terapkan Kneading Ring pada titik meridian tertentu. Pertama pada bagian atas bahu di bagian tengah, 2 inci di bawah ketiak, 1 inci di bawah puting susu, dan pada bagian tengah dada. 

Frekuensi atau Jadwal Pompa ASI dalam Satu Hari

Para ahli merekomendasikan pompa ASI setidaknya 8-12 kali atau 2-3 jam sekali dalam 24 jam (termasuk di tengah malam). Frekuensi pumping ASI ini membantu menjaga persediaan ASI sehingga nutrisi yang dibutuhkan bayi yang masih mengonsumsi ASI eksklusif dapat tercukupi. 

Bunda bisa mengatur jadwal pumping dalam setiap hari, misalnya setiap jam 7 pagi, lalu jam 9 pagi, jam 11 siang, jam 1 siang, jam 4 sore, jam 7 malam, jam 10 malam, dan jam 3 pagi. 

Waktu yang paling tepat untuk mendapatkan ASIP paling banyak dan melimpah adalah di pagi hari. Maka Bunda sangat disarankan untuk memanfaatkan momen ini untuk memompa ASI di pagi hari.

Lalu berapa lama durasi memompa ASI yang tepat untuk mendapatkan hasil ASIP yang optimal? Jika Bunda masih menyusui secara langsung, pompa ASI selama 10-15 menit setiap selesai menyusui untuk meningkatkan suplai ASI. 

Bagi Bunda yang memompa secara eksklusif, pumping minimal 20 menit atau sampai ASI berhenti mengalir, dan tambahan waktu 5 menit setelahnya. Tips ini akan membantu menyisakan lebih banyak ASI pada sesi menyusui berikutnya. 

Rekomendasi Alat Peras atau Pompa ASI Terbaik, Hegen PCTO™ Double Electric Breast Pump New

Lakukan teknik power pumping untuk hasil ASIP yang optimal. Hadir produk electric breast pump yang portabel dan dilengkapi dengan kekuatan hisap tingkat rumah sakit yang sempurna untuk ibu yang memulai perjalanan mengASIhi.

Flensa SoftSqround™ terbuat dari silikon lembut untuk daya rekat terbaik pada kulit dan memiliki corong flensa berdesain unik yang menempel lembut pada puting serta bisa menyesuaikan berbagai ukuran payudara, sehingga proses pumping jadi lebih nyaman.

Berbeda dengan merek lainnya, Hegen breast pump adalah pompa ASI elektrik pertama yang disertai teknologi relaksasi payudara dengan fitur pijat yang membantu meredakan nyeri badan dan nyeri otot yang dialami ibu menyusui.

Electric Breastpump dari Hegen ini bisa digunakan untuk pumping dimana saja, saat di kantor, ruang laktasi, maupun sembari menjaga si Kecil yang sedang tertidur pulas di rumah. Hegen electric breastpump dari Hegen memiliki daya hisap yang optimal dengan tidak mengeluarkan suara yang berisik, sehingga momen pumping jadi makin sempurna. 

Itulah tadi pembahasan terkait cara melakukan peras ASI yang tepat untuk menghasilkan ASIP dengan nutrisi penuh yang dibutuhkan si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat, dan semangat bagi Bunda yang sedang menjalani fase menyusui sang buah hati. Pastikan untuk selalu mempercayakan produk unggulan Hegen di setiap fase tumbuh kembang si Kecil. 


Referensi

The Must-Have Hegen Double Breast Pump: Demystified - Hegen.com. https://www.hegen.com/blogs/hegen-community/the-must-have-hegen-double-electric-breast-pump-demystified