The Hegen Blog

5 Cara Agar ASI Keluar Sebelum Lahiran, Bunda Sudah Tahu?

Memastikan produksi ASI lancar selama masa menyusui dapat dipersiapkan sejak saat Bunda masih dalam fase kehamilan. Cukup banyak cara agar ASI keluar sebelum lahiran yang dapat Bunda coba praktekkan, supaya ketika si kecil hadir ke dunia Bunda sudah siap benar menyambut dan memberikan yang terbaik untuknya.

Ketika ASI terlambat keluar, efek yang ditimbulkan adalah stres pada Bunda dan keterlambatan asupan nutrisi esensial bagi si kecil di usia awal kehidupannya. Hal ini sebenarnya dapat dipicu banyak faktor, mulai dari persalinan yang baru pertama kali, proses persalinan yang sulit, melakukan prosedur caesar, kelahiran prematur, hingga kondisi lain seperti diabetes dan berat badan berlebih.

Lalu Bagaimana Cara agar ASI Keluar sebelum Lahiran?

Cara agar ASI keluar sebelum lahiran

Untuk merangsang produksi ASI agar lancar di masa menyusui, Bunda dapat memberikan treatment yang tepat di masa kehamilan. Setidaknya terdapat lima poin penting yang dapat Bunda lakukan untuk memacu produksi ASI sejak sebelum kelahiran.

1. Pastikan Tetap Terhidrasi

Kandungan dari ASI sendiri sebagian besar, sekitar 90%, adalah air. Jadi secara praktis tubuh Bunda memerlukan banyak air untuk dapat memproduksi ASI secara optimal. Maka tips pertama adalah untuk selalu memastikan tubuh Bunda terhidrasi dengan baik.

Minum setidaknya delapan gelas per hari, tapi jangan sampai membuat Bunda merasa kembung. Pilih minuman yang tepat dan hindari minuman terlalu manis atau mengandung kafein.

2. Penggunaan Breastpump

Dengan menggunakan alat bantu untuk memompa payudara Bunda, maka kelenjar ASI dapat lebih cepat memproduksi cairan kaya nutrisi tersebut. Bunda dapat mulai menggunakan breastpump pada masa kehamilan dengan rekomendasi dari dokter untuk mulai memberikan stimulus pada kelenjar payudara.

Tentu, produk breastpump yang digunakan wajib memiliki kualitas unggul, sehingga dapat memberikan stimulus yang menyerupai hisapan si kecil nantinya. Sederhana, tapi dapat menjadi kesempatan Bunda untuk berlatih hal yang akan menjadi rutinitas beberapa waktu ke depan.

3. Memberikan Pijatan pada Payudara

Bunda juga dapat memberikan pijatan payudara saat masa kehamilan. Pijatan lembut ini dapat membantu melancarkan produksi ASI, sehingga Bunda tidak menemui kesulitan untuk menyusui ketika waktunya tiba.

Layanan pijat payudara sendiri tersedia cukup banyak di berbagai tempat spa khusus ibu hamil. Dengan terapis yang bersertifikat, pijatan yang diberikan benar-benar dapat memberikan efek nyata yang Bunda rasakan.

4. Jaga Pola Makan

Pola makan yang ideal menjadi poin penting berikutnya yang tidak boleh dilewatkan. Tubuh memerlukan banyak energi untuk mendukung Bunda di masa kehamilan, serta mempersiapkan menghadapi persalinan dan masa menyusui.

Perhatikan jenis makanan apa saja yang Bunda konsumsi setiap hari, dan upayakan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama fase penting ini. Makanan kaya nutrisi seperti buah, sayuran, berbagai sumber protein dan nutrisi penting lain, wajib dipastikan masuk ke dalam menu makanan yang Bunda miliki setiap hari.

5. Konsultasi dengan Ahli

Jangan ragu untuk mendatangi ahli atau konsultan laktasi. Pihak ini dapat membantu Bunda untuk mencari tahu apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan stimulus produksi ASI, dan memberikan rekomendasi berguna untuk urusan tersebut.

Di kota-kota besar Bunda akan cukup mudah menemukan rumah sakit atau fasilitas kesehatan sejenis yang menawarkan jasa ahli laktasi.

Untuk Membantu Upaya Bunda, Berikut Rekomendasi Olahraga, Makanan, dan Minuman yang Dapat Membantu Produksi ASI sebelum Melahirkan

Cara agar ASI keluar sebelum lahiran

Memang kondisi kehamilan akan memakan banyak tenaga dan emosi. Namun ini bukan berarti Bunda boleh mengurangi gerakan yang diperlukan, dan makan semaunya untuk mengembalikan suasana hati yang terkadang kacau.

Sebaliknya, sederet olahraga, makanan, dan minuman direkomendasikan untuk masa kehamilan dan ketika menjelang persalinan. Secara singkat, berikut jenis olahraga serta asupan makanan dan minuman yang direkomendasikan.

Olahraga Berguna sebelum Melahirkan

Olahraga berguna untuk menjaga kesehatan stamina Bunda selama masa kehamilan, sekaligus menyiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan yang akan terjadi. Dalam intensitas ringan hingga sedang, berikut beberapa olahraga yang dapat  berguna untuk Bunda.

  • Yoga, bermanfaat untuk melancarkan pernapasan, kelenturan tubuh, dan persiapan panggul saat proses persalinan, yoga dapat membantu mengurangi nyeri pinggang dan meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Berjalan kaki, memang bukan olahraga yang berat, tapi manfaatnya benar-benar akan terasa. Selama setidaknya 30 menit setiap hari, Bunda dapat memperoleh manfaat besar dalam kelancaran peredaran darah, kerja jantung, dan menjaga stamina tetap bugar
  • Pilates menjadi salah satu olahraga yang cukup populer untuk Bunda di masa kehamilan. Ragam manfaatnya cukup menarik, mulai dari memperkuat otot tubuh, meningkatkan keseimbangan tubuh, hingga memperbaiki postur tubuh Bunda
  • Senam hamil. Bunda dapat menemukan olahraga ini ada pada menu latihan di pusat kebugaran atau klinik yang berfokus pada perawatan kondisi ibu hamil. Dengan mengikuti instruksi yang ada, Bunda akan dipandu melakukan gerakan untuk meningkatkan kemampuan tubuh menghadapi persalinan
  • Berenang, dalam intensitas ringan hingga sedang olahraga ini sangat direkomendasikan. Gerakan berenang dapat memperkuat otot panggul, mengurangi nyeri, mual-mual, dan mengatasi pembengkakan yang terjadi pada pergelangan kaki
  • Gerakan jongkok dan memiringkan panggul. Latihan ini akan banyak membantu ketika Bunda memasuki trimester ketiga. Gerakan sederhana tersebut dapat membuka otot panggul dan jalan lahir sehingga proses persalinan akan lebih lancar

Rekomendasi Makanan dan Minuman Menjelang Persalinan

Menurut dari beberapa sumber yang ada, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk menambah tenaga jelang persalinan. Daftar singkatnya adalah sebagai berikut.

  • Oatmeal, merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat yang terbilang kaya kandungan berguna dan cocok untuk persiapan menjelang melahirkan. Campurkan dengan putih telur ke dalam oatmeal saat sedang dimasak
  • Roti dengan selai kacang. Kandungan karbohidrat dari roti akan memberikan Bunda energi secara langsung, sementara tambahan selai kacang tipis dapat memberikan asupan protein untuk memecah gula darah turun dan mengatasi rasa lapar
  • Buah-buahan, tapi hindari yang memiliki rasa cenderung asam
  • Sesendok makan madu, sebatang coklat, atau teh manis untuk memberikan energi bagi tubuh jelang lahiran
  • Air putih, sangat berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan
  • Teh hangat dengan tambahan madu, memberikan efek rileks dan tenaga yang diperlukan

Dan beberapa makanan atau minuman lain yang direkomendasikan oleh dokter.

 

Itu tadi beberapa tips dan cara agar ASI keluar sebelum lahiran, sekaligus rekomendasi olahraga, makanan, dan minuman jelang persalinan. Tentu semua akan dipersiapkan dengan maksimal supaya proses penting ini berjalan dengan baik. Selain beberapa poin penting di atas, Bunda juga sebaiknya turut menyiapkan produk baby care yang diperlukan. Menjadi salah satu brand yang menawarkan tidak hanya teknologi terbaru dan produk unggul namun juga dedikasi untuk Bunda dan si kecil, Hegen siap menyediakan setiap produk yang Bunda perlukan. Telusuri produknya di sini, dan sambut si kecil dengan persiapan terbaik di setiap fase tumbuh kembangnya!

  

Referensi: 

  • Siloam Hospitals. 7 Rekomendasi Olahraga untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/olahraga-untuk-ibu-hamil.
  • Eka Hospital. Kenali 7 Senam Aman Ibu Hamil Untuk Membantu Melancarkan Persalinan. https://www.ekahospital.com/better-healths/kandungan/kenali-7-senam-aman-ibu-hamil-untuk-membantu-melancarkan-persalinan.
  • MamyPoko. Rekomendasi Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan. https://id.mamypoko.com/id/mamatips/pregnancy173.html.
  • Vidoran. Bikin Bumil Kuat Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Menjelang Melahirkan. https://www.vidoran.com/read/kesehatan/bikin-bumil-kuat-ini-makanan-yang-baik-dikonsumsi-menjelang-melahirkan. 
  • Bebeclub. Makanan dan Minuman Ibu Hamil untuk Penambah Energi Jelang Melahirkan. https://bebeclub.co.id/artikel/ibu-perlu-tahu/kehamilan-menyusui/makanan-minuman-menjelang-melahirkan.
  • Orami. 15 Cara Memancing ASI Keluar Saat Hamil, Persiapkan Moms!. https://www.orami.co.id/magazine/cara-memancing-asi-keluar-saat-hamil. 
  • Prenagen. Cara Merangsang Produksi ASI agar Cepat Keluar. https://www.prenagen.com/id/cara-agar-asi-cepat-keluar. 
  • HaiBunda. 5 Cara Keluarkan ASI saat Hamil agar Menyusui Lancar Segera setelah Melahirkan. https://www.haibunda.com/menyusui/20220516090642-54-273983/5-cara-keluarkan-asi-saat-hamil-agar-menyusui-lancar-segera-setelah-melahirkan/2.