The Hegen Blog

9 Langkah Efektif Bersihkan Dot Pakai Pembersih Dot Bayi

Dot bayi berbahan silikon kini semakin populer digunakan karena bahannya lembut saat digunakan untuk bayi ngedot. Salah satunya produk dot bayi berkualitas tinggi dari Hegen, menawarkan dot bayi yang tahan lama, mudah digunakan, dan mudah dibersihkan. Kali ini, Hegen membagikan tips dan langkah-langkah efektif membersihkan dot bayi memakai sikat pembersih dot bayi agar si Kecil tetap aman dan nyaman menggunakannya untuk ngedot.

Langkah-Langkah Efektif untuk Membersihkan Dot Bayi

Merawat botol dot bayi juga sama pentingnya dengan memilih botol susu bayi yang bagus dan berkualitas. Lalu bagaimana cara membersihkan botol dan dot bayi yang tepat? 

Pertama, perlu Bunda pahami terlebih dahulu bahwa botol dot untuk ngedot harus selalu langsung dibersihkan setelah selesai digunakan. 

Pastikan dot benar-benar dicuci bukan hanya dibilas sehingga tidak menyisakan ASI yang menempel yang bisa memicu bakteri berkembang. 

Simak langkah-langkah efektif untuk membersihkan dot bayi kesayangan si Kecil:

  1. Sebelum mencuci dot, cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air mengalir.
  2. Bongkar atau pisahkan semua bagian botol termasuk dot, katup, dan collar-nya.
  3. Cuci dot dengan air hangat dan sabun deterjen lembut khusus botol bayi. 
  4. Hindari penggunaan bahan pemutih atau bahan kimia keras untuk membersihkan dot karena dapat merusak bahannya.
  5. Untuk hasil maksimal, saat membersihkan dot, gunakan alat atau sikat pembersih dot bayi yang lembut untuk mengangkat noda yang membandel. 
  6. Semprotkan air melalui dot untuk membersihkan lubang dot.
  7. Bilas dot dengan air mengalir sampai bersih dan tidak meninggalkan sisa susu dan busa sabun yang tersisa.
  8. Keringkan dot sepenuhnya memakai lap atau handuk bersih, lalu pastikan benar-benar kering sebelum disimpan.
  9. Simpan dot di tempat yang bersih dan kering untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur.

Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Susu atau Lemak yang Menempel pada Botol & Dot?

Untuk menghilangkan noda susu pada dot, gunakan deterjen botol bayi dan juga Hegen Bottle Brush & Teat Cleaner. Metode ini akan membantu memecah lemak susu dan noda yang terkadang sulit dihilangkan jika dibiarkan dalam waktu lama.

Nah, untuk menghindari noda lemak susu yang membandel, pastikan Bunda segera membersihkan botol dan dot sesegera mungkin setelah digunakan si Kecil.

Perlukah Produk Botol dan Dot Disterilkan Setelah Dicuci?  

Dot bayi tidak hanya dicuci saja untuk membunuh bakteri, namun perlu juga proses sterilisasi. Botol PPSU Hegen dapat disterilkan melalui metode perebusan, uap, UV, dan sterilisasi tablet.

Untuk sterilisasi dengan cara direbus, didihkan air, matikan kompor, rendam dalam air matang tidak lebih dari 5 menit. Jadi bukan dengan cara direbus bersamaan dengan air mendidih, ya. 

Perlu diperhatikan, untuk dot Hegen yang terbuat dari bahan silikon bisa tahan hingga suhu 110°C. Jadi pastikan saat disterilisasi, dot tidak terpapar melebihi dari maksimal suhu panas tersebut agar tidak rusak.

Rekomendasi Pembersih Dot Bayi Terbaik dari Hegen

Hegen paham benar bahwa memastikan segala peralatan ngedot untuk si kecil selalu bersih dan steril merupakan hal yang penting. Totalitas dan mengusahakan yang terbaik, selain menggunakan botol susu PPSU dan desain ergonomis yang mudah dibersihkan, Hegen juga menawarkan produk sikat pembersih botol dan dot bayi yang memiliki kualitas tinggi.

HEGEN BOTTLE BRUSH & TEAT CLEANER tersedia di situs resmi kami, yang dapat digunakan untuk membersihkan botol dan dot yang digunakan si kecil. Sikat ini memiliki bagian ujung yang melengkung sehingga dapat menjangkau setiap sudut botol dan teat yang digunakannya.

Sikat pembersih ini juga secara efektif membersihkan permukaan dan bagian dalam botol dan dot serta efektif menghilangkan noda dari sisi yang sulit dijangkau sekali pun. 

Bentuk pegangannya ergonomis sehingga nyaman digenggam dan dapat digantung untuk mengeringkan udara tanpa repot. 

Bunda dapat dengan mudah mensterilkan sikat pembersih dot bayi ini dengan uap dan sinar UV, sehingga dapat digunakan kembali.


Hegen memahami semua kebutuhan Bunda dalam mendukung pemenuhan asupan ASI kepada bayi menggunakan botol dot berkualitas. Pastikan selalu Bunda untuk menjaga botol dot tetap steril dan higienis dengan memperhatikan langkah-langkah membersihkannya. 

Membersihkan botol dengan praktis dan anti ribet, Hegen memiliki alat pembersih dot bayi yang Bunda butuhkan. Jadi, kapan pun Bunda bisa membersihkan botol bayi dan si Kecil bisa menggunakan botol dot kesayangannya dengan aman dan nyaman. 

Cek sekarang produknya dan belanja online hanya di situs resmi Hegen Indonesia untuk mendapatkan sikat pembersih dot dan perlengkapan bayi lainnya!


Referensi:

Halodoc. Ibu, Begini Langkah Membersihkan Dot Bayi. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-begini-langkah-membersihkan-dot-bayi

Linkedin.com. Pacifier Safety: Tips for Proper Usage and Cleaning. https://www.linkedin.com/pulse/silicone-baby-pacifiers-tips-tricks-use-cleaning-sammy-zhang