The Hegen Blog

5+ Ciri Botol MInum Bayi Aman dan Berkualitas, Cek di Sini!


Disadari atau tidak, penggunaan botol minum bayi ternyata memiliki usia yang cukup panjang, seiring tumbuh kembang si kecil. Tidak heran jika kemudian Bunda dituntut agar dapat memilih produk yang berkualitas dan aman untuk penggunaan berkelanjutan.

Tentu setiap produk yang telah dirilis oleh berbagai brand memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun demikian ada beberapa hal yang sebaiknya Bunda perhatikan agar memperoleh produk botol minum bayi yang memiliki mutu tinggi, dan komitmen dari brand pembuatnya

Beberapa ciri-ciri botol minum bayi yang aman dan berkualitas, dapat Bunda cermati poinnya di bawah ini.

1. Pastikan Bebas BPA dan Terbuat dari Bahan Berkualitas Tinggi

botol minum bayi

Sejak lama kandungan BPA pada berbagai produk botol minuman sudah tidak direkomendasikan. Maka dari itu, hal pertama yang harus Bunda pastikan adalah bahwa botol minum bayi yang akan digunakan sudah tersertifikasi bebas BPA, sehingga aman digunakan oleh si kecil.

Bahan berkualitas tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat, seperti misalnya perpaduan plastik dan kaca yang disebut dengan istilah PPSU atau polyphenylsulfone. Bahan ini sudah disetujui oleh FDA untuk berbagai peralatan medis, dan terbukti memiliki daya tahan terhadap suhu yang sangat baik (dari -20 derajat Celcius hingga 180 derajat Celcius).

Botol bayi yang dibuat dengan material PPSU idealnya tidak memerlukan pewarna tambahan, karena warna aslinya adalah kuning kemerahan.

2. Botol Minum Bayi yang Bebas Bau, Noda, dan Hypoallergenic

Botol berkualitas biasanya tidak akan meninggalkan bau, noda, dan memiliki sifat hypoallergenic.

Kenapa demikian?

Sebab memang botol minum untuk bayi secara praktis akan banyak digunakan untuk menempatkan ASI atau susu formula, yang notabene kaya akan kandungan nutrisi dan bakteri baik yang diperlukan si kecil.

Jika setelah digunakan botol tersebut memiliki bau tak sedap atau noda yang menempel dan sulit dihilangkan, maka bisa menjadi indikasi bahan baku botol tersebut kurang berkualitas. Tentu, kontaminasi ini akan berdampak pula pada kesehatan si kecil.

Botol juga sebaiknya sudah terverifikasi hypoallergenic, yang artinya menggunakan bahan yang memiliki risiko minimal untuk memicu berbagai jenis alergi.

3.  Botol Minum yang Sesuai Kebutuhan

botol minum bayi

Penyesuaian botol minum biasanya akan mengacu pada ukuran botol tersebut, dan disetarakan dengan usia si kecil.  Ketika si kecil baru lahir atau berusia dibawah 3 bulan, penggunaan botol minum bervolume kecil juga akan lebih direkomendasikan. Hal ini bertambah sesuai dengan usianya.

Tentu akan cukup merepotkan jika setiap si kecil bertambah usia Bunda harus membeli botol atau dot baru ‘kan? Maka jika memungkinkan, Bunda dapat memilih produk yang memiliki keberlanjutan dan dapat terus digunakan.

Produk botol seperti ini biasanya akan memiliki satu kesamaan ukuran di bagian mulut botolnya, sehingga yang diperlukan hanya mengganti ukuran botol dan jenis dot sesuai kebutuhan saja.

4. Hassle-Free Cleaning

Apa artinya?

Bahwa botol minum yang digunakan juga memudahkan Bunda untuk mencucinya hingga ke bagian paling ujung untuk menjaga kebersihan botol setelah digunakan. Botol dengan model seperti ini memiliki ukuran mulut botol yang lebar, dan memiliki sedikit sudut.

Bentuknya yang sederhana justru menjadi kelebihan dari botol minum ini. Bunda dapat membersihkan setiap sudut botol dengan maksimal tanpa ada blind-spot yang tersisa dari botol minum bayi tersebut.

5. Kemudahan dalam Menggunakannya

botol minum bayi

Kemudahan ini berlaku untuk dua sisi, baik untuk si kecil dan untuk Bunda.

Untuk si kecil, botol minum yang digunakan harus nyaman dipegang dan bisa memberikan cengkraman yang kuat. Dengan begini botol tidak akan mudah tergelincir dan lepas dari pegangan si kecil.

Dari sisi Bunda, botol juga sebaiknya mudah dibuka dan ditutup. Pada produk yang telah memperhatikan hal ini, disematkan fitur yang memudahkan proses membuka dan menutup botol tanpa harus banyak usaha dan gerakan.

Cukup dengan satu gerakan menekan untuk menutup, dan satu gerakan memutar untuk membukanya, Bunda bisa dengan mudah menggunakan botol minum ini untuk keperluan si kecil.

Lalu Adakah Produk Botol Minum Bayi yang Memenuhi Kriteria di Atas?

Tentu saja ada!

Sebenarnya Bunda baru saja membaca semua karakteristik dari botol minum bayi yang ditawarkan oleh Hegen. Sebagai salah satu brand yang memiliki dedikasi besar di produk baby care, Hegen menyediakan produk botol minum untuk bayi dan anak-anak yang aman dan berkualitas.

Penggunaan material PPSU sebagai bahan dasar pembuatan botol menghasilkan produk yang kuat, tahan lama, tidak berbau, dan tidak meninggalkan noda setelah digunakan. Pembersihan yang dilakukan juga cenderung mudah karena mulut botol yang berukuran besar, sehingga Bunda dapat dengan mudah menjangkau setiap sisi botol.

botol minum bayi

Bunda juga dapat menggunakan produk HEGEN BOTTLE BRUSH & TEAT CLEANER untuk membantu proses ini, dengan standar kualitas yang jelas sudah teruji di pusat pengembangan produk milik Hegen.

Botol dari Hegen juga masih ditambahkan dua fitur lain, di luar dari lima poin yang disampaikan di atas. Pertama adalah snap-on interconnecting storage lids, yang memungkinkan Bunda menyimpan botol dengan ukuran sama secara lebih ergonomis karena semua bisa terhubung dengan memasangkan bagian tutupnya.

Kedua, Bunda juga dapat menikmati fitur interchangeable feeding and storage lids, yang memungkinkan Bunda mengubah botol minum yang sudah tidak digunakan menjadi tempat penyimpanan MPASI atau storage lain hanya dengan mengganti bagian tutupnya saja.

Praktis bukan?

 

Botol minum bayi dari Hegen jelas teruji kualitas dan kemudahan penggunaannya, karena juga menyediakan ekosistem produk yang optimal. Produk asli dapat diperoleh di situs resmi Hegen dan toko-toko resmi milik Hegen di berbagai kota besar di Indonesia. Jadi, segera dapatkan produk terbaik dari Hegen, dan maksimalkan untuk tumbuh kembang si kecil di setiap fasenya!

 

Referensi:  

  • Alodokter. Jangan Salah Memilih Botol Bayi, Ini Kriteria yang Aman. https://www.alodokter.com/jangan-salah-memilih-botol-bayi-ini-kriteria-yang-aman.

  • Nakita. 4 Tips Memilih Botol Susu Bayi yang Berkualitas dan Harga Terjangkau. https://nakita.grid.id/read/023505983/4-tips-memilih-botol-susu-bayi-yang-berkualitas-dan-harga-terjangkau?page=all.
  • Kumparan. Moms, Ini Tanda Botol Susu Harus Segera Diganti. https://kumparan.com/babyologist/moms-ini-tanda-botol-susu-harus-segera-diganti-1538531966179595876.
  • Mommyasia. Ciri dan Cara Memilih Botol Susu Bayi Newborn, Jangan Sampai Salah PIlih Moms!. https://admin.mommyasia.id/9435/article/ciri-dan-cara-memilih-botol-susu-bayi-newborn-jangan-sampai-salah-pili?co=02101.