The Hegen Blog

Ini 7 Alasan Pilih Tempat Susu Bayi Praktis dari Hegen

Menjadi ibu yang bekerja tidak menghalangi mereka untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Meski tidak bisa selalu menyusui bayi secara langsung dari payudara, Bunda bisa mengupayakan untuk memompa ASI yang nantinya diberikan kepada si kecil lewat botol susu. Agar proses memerah ASI bisa berjalan lancar dan air susu ibu bisa senantiasa terjaga kualitasnya, maka setiap working mom wajib memperhatikan beberapa hal saat memilih wadah ASIP. Selain itu, tempat susu bayi yang praktis tentu menjadi salah satu pertimbangan yang mendukung terjaganya kualitas ASI perah. Nah, simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja yang perlu Bunda pahami dalam memilih wadah ASI serta rekomendasi breastmilk storage terbaik dari Hegen.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Tempat Susu Bayi 

Ada banyak tempat susu bayi yang bisa Bunda temui di pasaran. Namun, apakah semuanya sudah terjamin aman bagi kesehatan? Meski hanya dipakai untuk menyimpan ASI, tapi hal ini tidak boleh disepelekan karena berkaitan erat dengan kesehatan si kecil. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih wadah ASIP dari material terbaik yang tidak mengandung senyawa kimia  berbahaya. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bahan kimia di dalam wadah, ke air susu ibu yang akan diminum si kecil. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih wadah yang tahan panas, mudah dibersihkan, memiliki penutup yang rapat, serta praktis. Simak berbagai poin berikut sebelum membeli yuk!

1. Pilih Wadah ASIP Food Grade

Penting untuk memilih tempat ASI yang sudah food grade. Selain memang diperuntukan untuk menyimpan bahan makanan dan sejenisnya, umumnya label food grade menjamin keamanan wadah tersebut dari senyawa kimia berbahaya.

2. Perhatikan Material Tempat Penyimpanan ASIP

Umumnya wadah ASIP terbuat dari material plastik. Namun, saat ini ada bahan yang lebih direkomendasikan yaitu PPSU yang terbuat dari kombinasi plastik dan kaca yang sering digunakan untuk peralatan medis.

Nah, agar tidak salah pilih, perhatikan label pada wadah untuk memastikannya bebas dari senyawa kimia berbahaya seperti BPA atau BPS. Jika angka yang tertera adalah 1, 2, 4, dan 5, maka wadah ASIP tersebut sudah BPA-free

Hindari angka 3, 6, dan 7 karena angka 3 dan 6 memiliki kandungan turunan BPA, sedangkan angka 7 menunjukan bahwa produk tersebut terbuat dari material yang mengandung BPA. 

3. Pastikan Wadah ASI Perah Tahan Panas dan Dingin

Proses penyimpanan ASI perah biasanya akan melalui tahap pembekuan di freezer dan thawing (mencairkan). Selain itu, wadah ASIP juga perlu disterilkan dalam air panas untuk mencegah kuman dan bakteri berkembang. Oleh sebab itu, Bunda wajib memilih tempat ASI yang bisa mengatasi berbagai perubahan suhu tersebut.

4. Mudah Dibersihkan

Pertimbangan penting berikutnya yang tidak boleh Bunda abaikan yaitu memilih tempat susu bayi praktis dan mudah dibersihkan. Hal ini penting supaya proses pembersihan bisa dilakukan secara cepat, sehingga tidak akan membuang-buang waktu sang ibu.

5. Memiliki Penutup yang Rapat

Bunda juga sebaiknya memilih wadah ASI dengan penutup yang rapat agar susu tidak mudah tumpah selama dalam perjalanan.

Pilih Tempat Susu Bayi Praktis dari Hegen

tempat susu bayi praktis

Rekomendasi terbaik dalam memilih tempat susu bayi praktis adalah HEGEN PCTO™ BREAST MILK STORAGE PPSU. Pasalnya, produk wadah ASIP dari Hegen sudah memenuhi semua kriteria yang telah dijelaskan di atas. Agar lebih yakin, simak berbagai keunggulan tempat penyimpanan ASI dari Hegen sebagai berikut.

  1. Breast milk storage dari Hegen terbuat dari material PPSU (polyphenylsulfone) yang menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik, serta bersertifikat FDA. 
  2. Sudah BPA free sehingga dapat dipastikan aman bagi kesehatan si kecil.
  3. Memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi yang berkisar antara -18°C hingga 180°C. Dengan demikian, wadah ASIP tetap kokoh dan terjaga kualitasnya karena mampu beradaptasi dengan perubahan suhu.
  4. Wadah ASIP dari Hegen sangat awet karena memiliki durasi pemakaian produk mencapai 1 hingga 2 tahun.
  5. Dilengkapi dengan fitur Press to Close, Twist to OpenTM (PCTOTM) yang memudahkan Bunda dalam membuka tutup wadah ASIP serta menjamin penutupnya kencang sehingga ASI tidak akan mudah tumpah.
  6. Terdapat fitur express-store-feed karena bisa langsung menampung ASI dari breast pump, menyimpan ASIP, dan difungsikan sebagai feeding bottle. Jadi, Bunda bisa memerah, menyimpan, dan memberikan ASIP ke si kecil dalam satu wadah sekaligus.
  7. Wadah ASI bisa digunakan untuk menyimpan snack, puree buah/MPASI lainnya, bumbu dapur, dan sebagainya.

Rekomendasi Tempat Susu Bayi Praktis dari Hegen

Breastmilk storage dari Hegen tersedia dalam 3 ukuran yaitu 60 ml, 150 ml, dan 240 ml yang bisa Bunda pilih sebagai berikut.

  1. HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (6-PACK)
tempat susu bayi praktis
  1. HEGEN PCTO™ 150ML/5OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (4-PACK)
tempat susu bayi praktis
  1. HEGEN PCTO 240ML/8OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (2-PACK)
tempat susu bayi praktis

Untuk menemukan produk ibu dan bayi berkualitas lainnya, Bunda bisa mengunjungi official store Hegen dengan klik di sini.


Referensi:

  1. CDC. Proper Storage and Preparation of Breast Milk. https://www.cdc.gov/breastfeeding/recommendations/handling_breastmilk
  2. Mayo Clinic. Breast milk storage: Do's and don'ts. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breast-milk-storage