The Hegen Blog

5 Manfaat Baby Led Weaning untuk Fase MPASI, Ini Poinnya!

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan nutrisi si kecil akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan tubuhnya terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang ada di dalam ASI tidak lagi cukup untuknya. Pada usia 6 bulan idealnya ia mulai dikenalkan pada MPASI. Sebagai insight yang dapat Bunda gunakan, mari mengenal lebih jauh tentang metode baby led weaning atau BLW, yang menjadi salah satu metode MPASI populer belakangan ini.

Berbagai metode mungkin sudah Bunda coba telusuri untuk melihat plus dan minusnya. Kini, mari mengenal lebih jauh tentang baby led weaning yang belakangan populer karena dinilai memberikan banyak benefit.

Secara sederhana, metode baby led weaning atau BLW adalah metode yang digunakan untuk memperkenalkan MPASI pada anak dengan membiarkan si kecil memilih dan memakan makanannya sendiri dengan kedua tangan tanpa bantuan Bunda.

Lebih Jauh tentang BLW

baby led weaning

Lebih lanjut, metode ini dapat diterapkan manakala usia si kecil ada di rentang 6 hingga 9 bulan. Karena menuntut gerak aktif dari si kecil, banyak orang tua yang menilai metode ini efektif untuk mengenalkan MPASI sekaligus merangsang kemampuan motorik anak di usia tersebut.

Bunda tidak lagi memberikan makanan dengan tekstur yang sangat lunak, namun lebih kepada makanan lebih padat dengan ukuran kecil-kecil dan sudah terpotong-potong. Beberapa opsi diberikan pada si kecil, dan Bunda hanya melihat si kecil mencoba meraih makanan ini dan mencobanya satu per satu.

Dalam waktu singkat anak akan mampu meraih makanan, memasukkannya ke dalam mulut, dan mulai mengunyah.

Metode ini sendiri awalnya diperkenalkan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett pada tahun 2008 lalu. Meski sempat mendapatkan tentangan dari beberapa pihak, namun nyatanya metode ini sekarang menjadi populer dan banyak digunakan orang tua yang memiliki bayi dalam fase MPASI.

Prinsip Utama yang Harus Bunda Ingat dalam menerapkan BLW

baby led weaning

Sebenarnya prinsip utama yang dipegang dalam menerapkan metode ini cukup sederhana. Prinsipnya terbagi menjadi tiga:

  • Pertama, si kecil akan belajar makan dengan melakukan eksplorasi makanan sendiri. Artinya di sini si kecil telah diperkenalkan beberapa jenis makanan, dan memilih sendiri berdasarkan dorongan yang ada pada dirinya
  • Kedua, si kecil mengatur sendiri jumlah makanan yang mereka telan. Bunda wajib mengingat bahwa kemampuan pencernaan si kecil masih terbatas. Jadi opsi makanan yang diberikan harus dipertimbangkan ukuran serta tingkat kekerasannya, agar tidak justru membuatnya tersedak
  • Ketiga, makanan yang diberikan adalah makanan keluarga yang telah dimodifikasi teksturnya. Hal ini selain sebagai pengenalan juga membuat si kecil merasa menjadi bagian dari hal yang lebih besar, sebab mengkonsumsi makanan yang mirip

5 Manfaat Baby Led Weaning untuk Bayi

baby led weaning

Masuk kebagian ketiga, metode MPASI ini populer karena membawa setidaknya lima manfaat untuk si kecil dalam prosesnya. Kelima manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Melatih Motorik Halus

Karena si kecil akan berusaha sendiri dalam meraih makanannya, maka secara langsung ia akan melatih kemampuan motorik halus yang dimiliki. Di waktu bersamaan, si kecil juga akan melatih koordinasi mata dan gerakan tangan serta jari dalam usahanya meraih makanan yang ada di jangkauannya.

2. Mengembangkan Kemampuan Sensorik

tersedianya beberapa pilihan makanan berbeda juga akan membantunya dalam melatih kemampuan sensori. Kemampuan ini diantaranya adalah mengenali rasa, mengenal tekstur, dan mengenali bau.

Secara alami si kecil akan mencoba beberapa makanan yang menurutnya menarik. Meraihnya, membauinya, dan memasukkannya ke dalam mulut. Jika makanan dirasa cocok, maka proses akan dilanjutkan, tapi bukan tak mungkin si kecil berhenti dan memilih mencoba makanan lainnya.

3. Belajar Rasa Kenyang dan Lapar

Posisi Bunda di sini adalah sebagai pengawas dan fasilitator pada keinginan si kecil untuk mengisi perutnya. Dengan memberikan beberapa opsi makanan di waktu makan, si kecil juga akan mulai mengetahui apa itu rasa kenyang dan rasa lapar.

Dua hal ini yang mendorongnya untuk terus meraih makanan dan mencoba, atau untuk berhenti sama sekali memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

4. Mengurangi Risiko Picky Eater

Memang terdengar cukup kontradiktif karena si kecil akan memilih sendiri makanan yang diberikan, tapi Bunda juga wajib disiplin dalam hal ini. Opsi makanan yang diberikan sudah mempertimbangkan kandungan nutrisi dan teksturnya, jadi pada akhirnya si kecil tetap harus mencoba makanan yang disediakan hingga ia merasa kenyang.

Pengenalan pada berbagai jenis rasa dan tekstur makanan membantunya terhindar dari sikap picky eater yang bisa memicu kurangnya asupan nutrisi tertentu.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kemandirian

Yap, dengan bisa melakukan sesuatu berkat usahanya sendiri, si kecil akan membangun kepercayaan dirinya langkah demi langkah. Di waktu yang akan datang, ia akan memiliki keberanian untuk mencoba hal baru secara mandiri, dan ini menanamkan sikap yang ideal untuk si kecil di masa dewasanya.

Tidak hanya untuk bayi, baby led weaning juga ternyata membawa manfaat untuk Bunda lho. Metode MPASI BLW ini akan membuat fase ini menjadi lebih praktis sebab Bunda tak perlu membuat puree dan menyuapi si kecil setiap waktu makannya tiba.

Persiapan pada makanan bayi BLW juga akan terasa lebih sederhana, sehingga Bunda tak perlu merasa stres setiap waktu akan memberikan MPASI pada anak. Jangan lupa juga bahwa dengan si kecil memperlihatkan usaha pada saat waktu makan bersama, ia juga akan memancing interaksi positif untuk semua anggota keluarga, yang mana berdampak baik bagi emosi Bunda dan si kecil.

Begini Cara Menerapkan Metode MPASI BLW untuk Bayi

baby led weaning

Setelah tahu definisi dan manfaat yang bisa didapatkan, Bunda kini siap untuk tahu lebih jauh tentang bagaimana cara menerapkan metode MPASI BLW ini untuk si kecil. Bagian ini akan dibagi menjadi sempat poin berbeda, agar penjelasannya terasa lebih detail.

1. Tanda si Kecil Siap Mencoba BLW

Pertama adalah Bunda wajib melihat tanda bahwa si kecil sudah siap mencoba metode MPASI ini. Tandanya sendiri cukup sederhana, yakni berusia sekitar 6 bulan, sudah bisa duduk dengan tegak dengan bantuan minimal, mulai kehilangan refleks lidah mendorong, dan menunjukkan ketertarikan pada makanan yang ia lihat.

Saat tanda ini sudah muncul, artinya si kecil siap mencoba metode BLW untuk tahap MPASI-nya.

2. Makanan Awal untuk Baby Led Weaning

Untuk memilih makanan yang tepat, Bunda sebaiknya memahami beberapa hal. Pertama, kekuatan tangan si kecil belum terlalu besar, serupa dengan kemampuan koordinasinya. Kedua, ukuran mulut si kecil juga masih mungil. Ketiga, kemampuan sistem pencernaannya yang terbatas, dan keempat, kebutuhan nutrisinya yang beragam.

Maka Bunda dapat membuat makanan MPASI BLW berupa stik atau potongan yang mudah digenggam, bernutrisi, tekstur yang cukup lunak, dan menghindari jenis makanan yang dapat membuatnya tersedak seperti kacang, anggur, atau popcorn.

3. Tips Singkat Agar BLW Berjalan Lancar

Karena proses ini merupakan pengenalan makanan untuk si kecil, maka Bunda wajib tetap berada di sisi si kecil untuk mengatasinya. Jangan tinggalkan bayi sendirian saat sesi MPASI BWL ini, dan berikan pertolongan pertama secepatnya ketika si kecil tampak tersedak. Sederhana, tapi cara mudah ini bisa membantu percobaan MPASI metode BLW berjalan dengan lancar dan aman.

BLW dan Puree, Mana yang Lebih Baik?

baby led weaning

Yap, akhirnya tentu Bunda tetap akan membandingkan mana metode yang lebih baik, apakah baby led weaning atau menggunakan puree seperti biasanya.

Pada dasarnya, kelebihan dari metode BLW sendiri sudah dapat Bunda cermati di bagian sebelumnya. Kekurangannya sendiri terletak pada adanya kemungkinan tersedak karena tekstur makan yang jelas lebih padat daripada pure, kondisi berantakan yang akan terjadi, dan ada kemungkinan gizi si kecil kurang tercukupi karena ia bisa saja berhenti makan kapanpun ia mau.

Pada metode puree, kelebihannya mungkin terletak pada kemudahan praktisnya karena sudah menjadi kebiasaan sejak lama. Tekstur yang lembut membantu si kecil menyerap nutrisi dengan lebih baik, dan membantu menjaga asupan nutrisinya tetap tercukupi. Si kecil juga cenderung lebih aman dari risiko tersedak, tapi pada akhirnya rangsangan yang diberikan akan kurang karena hanya terletak pada rangsangan sensorik saja di bagian mulut dan pencernaan.

Lalu dengan pertimbangan ini, mana yang menurut Bunda lebih baik?

 

Metode MPASI baby led weaning akan menjadi opsi menarik untuk dicoba, jika Bunda merasa metode tradisional seperti puree perlu kebaruan. Masing-masing hadir dengan benefit dan tantangannya, sehingga pilihan kemudian kembali pada preferensi keluarga dan pertimbangan Bunda masing-masing.

Tidak ada salahnya mencoba BLW untuk fase MPASI si kecil. Namun ingat beberapa poin di atas, bahwa terdapat risiko pada cara ini, sehingga Bunda perlu tetap cermat mengawasi si kecil setiap saat.

Baby led weaning akan bekerja dengan baik jika Bunda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Bunda. Berdasarkan rekomendasinya akan didapatkan output terbaik, seperti apa yang Bunda inginkan untuk si kecil. Nah untuk membantu fase MPASI ini, Bunda juga akan memerlukan wadah makanan yang praktis dan berkualitas. Hegen, dalam hal ini, siap memberikan opsi produk andalan dengan kualitas yang tidak main-main. Eksplorasi produknya di laman produk kami, dan dapatkan produk solid untuk setiap tumbuh kembang si kecil!

 

Referensi:  

  • Siloam Hospitals. Metode Baby-Led Weaning, Benarkah Baik untuk Si Kecil?. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/baby-led-weaning
  • Alodokter. Ingin Coba Baby Led Weaning, Ini Faktanya. https://www.alodokter.com/ingin-coba-baby-led-weaning-ini-faktanya.
  • Capella Project. Kenali Manfaat dan Kerugian dari Baby Led Weaning (BLW). https://www.capellaproject.com/news/2017/12/15/kenali-manfaat-dan-kerugian-dari-baby-led-weaning-blw.
  • Little Bellies. Baby Led Weaning – Tips for New Parents. https://littlebellies.com/learn-play/baby-led-weaning-tips-for-new-parents/.
  • Halodoc. Ini Kelebihan dan Kekurangan metode Baby Led Weaning pada Bayi. https://www.halodoc.com/artikel/ini-kelebihan-dan-kekurangan-metode-baby-led-weaning-pada-bayi
  • Cookpad. Resep Blw 6 bulan (23). https://cookpad.com/id/cari/blw%206%20bulan.