The Hegen Blog

Tips Mengatur Waktu Pemberian MPASI Bayi 6 Bulan

Menyusun pola makan yang tepat bagi bayi usia 6-12 bulan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Pada masa MPASI ini, pilih makanan padat gizi untuk memenuhi asupan nutrisi bayi. Selain gizi, waktu pemberian makannya pun harus diperhatikan. Bunda bisa membuat jadwal makan, kapan saatnya memberi makanan utama dan selingan. Agar tidak kehilangan ide, berikut, panduan mengenai waktu pemberian MPASI  bayi 6 bulan, yang bisa bunda coba di rumah.

Tanda-tanda Bayi Siap MPASI

1.Usia 6 bulan

Usia 6 bulan adalah patokan dasar, bahwa si kecil sudah boleh mendapatkan MPASI. Pada usia ini, bayi sudah tidak menjadikan ASI sebagai satu-satunya sumber mendapatkan gizi seimbang tapi perlu ditambah dengan makanan pelengkap sesuai dengan petunjuk maupun saran dari IDAI dan WHO.

2.Dapat duduk dengan tegak dan kepala stabil

Bayi dikatakan sudah siap untuk belajar makan MPASI saat ia tampak dapat duduk sendiri dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan sama sekali. Lebih baik lagi jika saat duduk sendiri tersebut si kecil mampu menjaga keseimbangan tubuhnya dan kepalanya stabil, apalagi selama salah satu atau kedua tangannya berusaha meraih benda di sekitarnya.

3.Menunjukkan minat pada makanan

Bayi yang sudah siap makan MPASI biasanya akan menunjukkan ketertarikan saat melihat makanan di hadapannya. Ambil contohnya, si kecil terlihat berusaha menggerakkan tubuhnya untuk meraih makanan di dekatnya.

4.Hilangnya refleks lidah mendorong

Selama enam bulan lamanya bayi menyusu ASI eksklusif, ia dituntut untuk memiliki kemampuan mengisap serta menjulurkan lidahnya.

Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan bayi saat menyusu ASI dengan mengisap puting payudara ibu. Akan tetapi, menginjak usia di bulan ke-6 ini, kemampuan bayi untuk menjulurkan lidah biasanya akan semakin berkurang. Jika Anda melihat hal ini dialami si kecil, ini merupakan satu dari beberapa tanda bayi sudah siap makan MPASI.

Jadwal Waktu Pemberian MPASI Ideal untuk Bayi 6 Bulan

Sumber: Freepik

Untuk memberikan MPASI, pilihlah waktu yang tepat. Misalnya saat bayi merasa senang, ceria, dan cukup istirahat. Selain itu, ibu juga perlu merasa bahagia agar Si Kecil semangat untuk belajar makan.

Waktu makan tidak harus sama, yang penting pastikan Si Kecil dalam suasana hati yang baik. Hindari memaksakan bayi harus makan saat berada di usia ini. Ahli merekomendasikan untuk mengawali MPASI dengan menawarkan ASI atau susu formula sebagai makanan pembuka.

Setidaknya 30 menit sebelum pemberian makanan, supaya Si Kecil tidak terlalu lapar dan frustasi.  Apabila bayi masih lapar setelah makan, tunggu 15-20 menit dan berikan lagi ASI sebagai makanan penutup. Hal ini untuk memastikan Si Kecil tidak terlalu lapar atau kenyang dengan makanan padat.

Contoh jadwal MPASI:

Pagi (08.00): ASI + bubur saring (1-2 sendok makan)

Siang (12.00): ASI + pure sayuran (1-2 sendok makan)

Sore (16.00): ASI + pure buah (1-2 sendok makan)

Malam (20.00): ASI

Dalam hal ini  ada hal penting yang harus diperhatikan, bahwa bunda harus menyesuaikan pemberian MPASI dengan kebutuhan dan kebiasaan bayi. Jadwal MPASI bukan patokan baku, fleksibilitas dengan menyesuaikan kebutuhan bayi sangatlah penting.

Tips Membuat Rutinitas Makan yang Efektif dan Menyenangkan

Agar jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan Anda berjalan lancar, maka bunda perlu memahami beberapa hal penting di bawah ini.

  • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan:
  • Gunakan peralatan makan yang menarik
  • Berikan pujian dan semangat saat bayi makan
  • Libatkan bayi dalam proses makan:
  • Biarkan bayi menyentuh dan merasakan makanan
  • Biarkan bayi mencoba makan sendiri (dengan pengawasan)
  • Perhatikan tanda lapar dan kenyang bayi:
  • Jangan memaksa bayi untuk menghabiskan makanan
  • Berhenti menyuapi jika bayi menunjukkan tanda kenyang
  • Variasikan jenis dan tekstur makanan:
  • Kenalkan berbagai rasa dan tekstur secara bertahap
  • Hindari makanan yang berisiko tersedak
  • Konsisten dengan jadwal makan:
  • Usahakan memberi makan pada waktu yang sama setiap hari
  • Hindari ngemil di antara waktu makan

Kesalahan yang Harus Dihindari

1.Memaksa bayi untuk makan

Bayi pandai mengetahui berapa banyak makanan yang harus dimakan, dan menunjukkan tanda kenyang  dengan cara memalingkan muka, menutup mulut atau menggelengkan kepala. Namun, beberapa orang tua mengabaikan hal ini karena ingin bayinya makan lebih banyak, atau setidaknya menghabiskan makanan yang ada di piring.

Ini salah,! Mendorong bayi untuk makan lebih banyak dapat merusak kemampuan alaminya untuk mengatur sendiri porsi makan yang ia butuhkan, bahkan mungkin mengajarinya makan berlebihan. Jadi jika bayi Anda menunjukkan tanda-tanda sudah kenyang, ikuti saja.

2.Memberikan makanan yang tidak sesuai usia

Memberi makan bayi saat usianya belum genap 6 bulan akan mengganggu pencernaannya. Sebaliknya, anak-anak yang tidak diperkenalkan dengan makanan padat pada usia 6 bulan mengalami lebih banyak masalah pencernaan dibandingkan dengan yang diperkenalkan dengan makanan padat pada usia 6 bulan.

Menunggu terlalu lama untuk memulai makanan padat juga dapat memperlambat tumbuh-kembang bayi, meningkatkan risiko kekurangan zat besi, berkontribusi pada sensitivitas tekstur makanan, hingga berkontribusi pada pengembangan alergi makanan.

3.Memberikan makanan yang tidak sehat (tinggi gula, garam, atau lemak)

Sejumput gula dan garam tampak tak berbahaya? Faktanya, ini dapat mempengaruhi preferensi makanan, kebiasaan makan, dan kesehatan bayi di masa depan, Moms!

Dengan ruang perut terbatas dan kebutuhan nutrisi yang tinggi, bayi memiliki sedikit ruang untuk gula dan garam dalam makanan mereka.  Tidak hanya itu, gula dan garam di dalam tubuh membuat kerja ginjal bayi menjadi berat. Risikonya adalah hipertensi dan penyakit ginjal saat dewasa.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

  • Jika bayi mengalami kesulitan makan atau tidak mau makan
  • Jika bayi mengalami masalah pencernaan seperti muntah atau diare
  • Jika bayi tidak bertambah berat badan sesuai harapan

 Dari paparan di atas pastinya bunda sekarang sudah memahami pentingnya untuk memberikan MPASI dan penjadwalan waktu pemberian MPASI ideal untuk bayi 6 bulan.

Sumber: Dokumen Hegen

Agar pemberian MPASI dapat berjalan maksimal, Bunda juga akan memerlukan wadah makanan yang praktis dan berkualitas. Hegen, dalam hal ini, siap memberikan opsi produk andalan dengan kualitas yang tidak main-main. Eksplorasi produknya di laman produk kami, dan dapatkan produk solid untuk setiap tumbuh kembang si kecil!

Referensi:

  • Panduan Porsi Makan Bayi 6-12 Bulan, Jadwal Beserta Rekomendasi Makanan Idealnya. https://www.haibunda.com/parenting/20240430195325-59-336520/panduan-porsi-makan-bayi-6-12-bulan-jadwal-beserta-rekomendasi-makanan-idealnya
  • Ketahui Jadwal MPASI yang Ideal untuk Bayi 6 Bulan. https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-jadwal-mpasi-yang-ideal-untuk-bayi-6-bulan