The Hegen Blog

4 Tips Mudah Pilih Pompa ASI yang Bagus & Jenis-jenisnya

Pompa ASI adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki ibu menyusui. Pasalnya, ada kondisi tertentu yang membuat ibu membutuhkan alat tersebut seperti misalnya saat payudara penuh tapi bayi tidur, ibu terpisah dengan bayi yang lahir prematur, ibu harus dirawat di rumah sakit, ibu bekerja atau menempuh pendidikan lagi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Bunda tidak boleh membeli breast pump secara asal-asalan, tapi harus pilih yang berkualitas. Lalu bagaimana cara memilih pompa ASI yang bagus? Simak jawabannya hanya di artikel berikut ini.

Jenis Pompa ASI

Agar proses memerah ASI bisa dilakukan secara optimal, tentunya Bunda harus memilih breast pump yang tepat. Umumnya, terdapat 2 jenis pompa ASI yang sering digunakan oleh para ibu yaitu pompa manual dan pompa elektrik. Lalu, mana yang lebih bagus diantara keduanya? 

Tentu tiap-tiap ibu punya preferensi masing-masing dalam menentukan mana yang terbaik. Nah, jika Bunda masih bingung ingin membeli yang mana, penjelasan mengenai jenis-jenis breast pump di bawah ini semoga cukup membantu ya!

1. Manual Breast Pump

Sesuai namanya, pompa ASI manual dioperasikan dengan menggunakan tangan. Jenis breast pump yang satu merupakan opsi terbaik bagi ibu yang memiliki budget terbatas. Pasalnya, harga pompa ASI manual biasanya lebih ekonomis daripada yang tipe elektrik.

Selain itu, manual breast pump cukup mudah digunakan, praktis, bisa dibawa kemana-mana, dan tidak memerlukan proses charging. Namun sayangnya, proses memerah ASI menggunakan manual breast pump cukup melelahkan dan harus dilakukan secara bergantian antara payudara yang satu dengan lainnya.

Hal ini tentu saja menguras waktu dan tenaga ibu lebih banyak. Selain itu, proses memerah ASI juga kurang optimal karena ibu kelelahan, sehingga kemungkinan masih ada ASI dalam payudara yang belum dipompa secara tuntas.

2. Electric Breast Pump

Berbeda dengan tipe manual, electric breast pump bekerja dengan bantuan baterai atau energi listrik dalam memompa ASI. Umumnya, jenis pompa elektrik terdiri dari 2 cup, sehingga bisa memerah semua payudara dalam satu waktu sekaligus. 

Ada beberapa jenis pompa ASI elektrik yang bisa ditemui di pasaran. Menariknya, kini sudah tersedia jenis electric breast pump yang tanpa kabel/wireless, sehingga proses memerah ASI menjadi lebih nyaman. 

Dalam hal ini, Bunda harus menyiapkan dana lebih untuk bisa memiliki pompa ASI elektrik karena harganya tentu lebih mahal dari tipe manual. Namun, harga yang harus ibu bayar tersebut sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan. 

Pompa ASI elektrik tentu mampu memerah ASI lebih cepat, hemat waktu dan juga tenaga karena tidak perlu mengandalkan tangan untuk memompa, serta tidak membuat ibu cepat lelah.

Cara Memilih Pompa ASI yang Bagus

pompa asi yang bagus

Jika ditanya mana pompa ASI yang bagus, setiap individu tentunya punya pilihan masing-masing. Nah, bagi Bunda yang masih galau ingin memilih yang mana, yuk simak beberapa tips berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Kondisi dan Kebutuhan Ibu

Salah satu pertimbangan yang harus Bunda perhatikan dalam memilih pompa ASI yang bagus adalah dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Ibu yang bekerja lebih disarankan untuk memilih tipe elektrik mengingat keterbatasan waktu dalam memompa ASI di tempat kerja yang menuntut untuk serba cepat dan sat set.

Bagi ibu yang stay at home juga bisa memilih tipe elektrik apabila punya budget lebih. Namun, jika alat pompa ASI kemungkinan akan jarang dipakai, lebih baik memilih tipe manual daripada yang elektrik.

2. Pilih sesuai Budget

Hal lain yang perlu Bunda pertimbangkan dalam memilih pompa ASI yaitu dengan melihat ketersediaan dana yang ada. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa harga electric breast pump lebih mahal dari manual breast pump. Oleh sebab itu, orang tua perlu mempersiapkan finansial yang matang untuk menyambut kelahiran si kecil.

3. Perhatikan Ukuran Corong Breast Pump

Saat membeli alat pompa ASI, Bunda juga sebaiknya memperhatikan ukuran corongnya. Pastikan untuk memilih pompa ASI dengan ukuran corong yang pas supaya proses memerah susu lebih nyaman.

4. Pelajari Cara Pemakaian Pompa ASI

Di era digital seperti sekarang, pencarian informasi bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Sebelum memutuskan untuk membeli merk A atau B, Bunda sebaiknya mempelajari keunggulan, macam-macamnya, serta cara penggunaannya terlebih dahulu melalui internet. 

Dengan mempelajari product knowledge pompa ASI yang ingin dibeli, Bunda jadi tahu apakah kualitasnya sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum. Jadi, dapat dipastikan Bunda tidak akan kecewa karena telah memilih produk yang tepat.

Setelah mengetahui jenis-jenis dan tips memilih pompa ASI yang bagus, kini saatnya Bunda mencari merk breast pump terbaik untuk pengalaman menyusui yang lebih menyenangkan. Dalam hal ini, Hegen menawarkan dua pilihan alat pompa ASI tipe manual dan elektrik yang sama-sama unggul dan berkualitas. 

Pompa ASI dari Hegen tidak hanya sekedar alat untuk memerah ASI saja, tapi juga dilengkapi berbagai fitur penting yang mendukung kelancaran produksi ASI. Berikut ini adalah berbagai kelebihan pompa ASI dari Hegen yang wajib Bunda tahu.

  • Praktis dan Fleksibel
  • Pompa ASI dari Hegen terdiri dari sedikit komponen yang mudah dibersihkan serta praktis untuk dibongkar pasang. Bahkan, pompa elektrik juga bisa diatur menjadi pompa manual saat daya listrik sedang diisi.

  • ASI Lebih Higienis
  • Proses memerah ASI dengan breast pump dari Hegen menjamin susu tetap higienis. Pasalnya, Bunda bisa memeras, menyimpan, dan memberikan ASI ke si kecil dalam satu wadah sekaligus.

  • Ringan dan Bisa Dibawa Kemana Saja
  • Pompa ASI dari Hegen sangat ringan dan bisa dibawa kemana saja, sehingga cocok untuk dipakai saat traveling atau di tempat kerja.

  • Wireless Charging
  • Hegen electric breast pump juga sangat canggih karena menggunakan inovasi wireless charging dengan memanfaatkan port pengisian daya micro-USB. Proses pengisian daya jadi lebih praktis dan anti ribet kan!

  • Corong Pompa Variatif
  • Pompa ASI dari Hegen menawarkan corong silikon yang terdiri dari 5 size berbeda, sehingga Bunda bisa memilih ukuran yang pas di payudara masing-masing.

  • Dilengkapi dengan Fitur Massage
  • Menariknya, pompa ASI Hegen juga dilengkapi dengan fitur massage yang bisa membantu kelancaran produksi ASI.

    Terdapat dua pilihan paket produk pompa ASI dari Hegen, baik tipe manual dan elektrik yang bisa Bunda pilih sebagai berikut.

  • HEGEN PCTO™ EXPRESS STORE FEED STARTER KIT NEW

  • pompa asi yang bagus
  • HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW

  • pompa asi yang bagus

    Selain pompa ASI, Hegen juga menyediakan produk perlengkapan ibu dan bayi lainnya seperti feeding bottle, drinking bottle, straw cup, teats/dot bayi, breastmilk storage (wadah ASIP & MPASI), sikat pembersih botol dan dot, serta aksesori pelengkap yang bisa Bunda dapatkan dengan klik di sini.

    Referensi:

    1. Alodokter. Cara Memilih Pompa ASI. https://www.alodokter.com/pilah-pilih-pompa-asi
    2. Hellosehat. Pompa ASI: Jenis dan Cara Menggunakan Alat yang Tepat. https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/pompa-asi/