The Hegen Blog

Simpel, Ini 3 Cara Mensterilkan Botol Susu yang Benar

Tahukah Bunda jika botol susu wajib disterilkan sebelum dan setelah digunakan? Proses yang benar dapat membantu menghilangkan bakteri, kuman, atau sisa makanan yang mungkin masih menempel di botol susu. Untuk tahu cara mensterilkan botol susu dengan tepat, Bunda dapat cermati di sini.

Sejatinya menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan pada botol susu saja, tapi pada semua produk baby care yang Bunda gunakan. Untuk proses sterilisasi, secara garis besar akan tidak jauh berbeda, dan cara ini dapat juga Bunda aplikasikan pada berbagai peralatan lainnya.

3 Cara Simpel dan Efektif Mensterilkan Botol Susu

mensterilkan botol susu

Jika dilihat secara umum, setidaknya ada tiga cara sederhana mensterilkan botol susu bayi sebelum dan setelah digunakan. Tiga cara ini dapat Bunda lakukan di rumah secara mandiri, bahkan dengan peralatan sederhana yang ada di rumah.

1. Merebus Botol dengan Panci

pertama adalah melakukan sterilisasi dengan merebus botol susu yang ada. Cara ini terbilang sederhana, tradisional, tapi terbukti cukup efektif sebab kuman, bakteri, atau kontaminan lain dapat disterilkan menggunakan panas air mendidih.

Untuk langkahnya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Pastikan bahwa botol susu aman untuk direbus, artinya botol memiliki daya tahan suhu yang baik
  • Kemudian letakkan botol bayi dan setiap bagiannya ke dalam panci besar
  • Isi panci dengan menggunakan air hingga semua alat yang ingin direbus terendam, cermati tidak ada gelembung yang ada di botol atau teat 
  • Panaskan panci di atas kompor, dan tunggu hingga air mendidih
  • Biarkan semua perlengkapan ini di dalam panci dan keringkan untuk disimpan atau digunakan
  • Ketika mengeluarkan botol, pastikan suhu air sudah turun agar tangan Bunda tidak kepanasan
  • Ulangi proses ini jika Bunda tidak menggunakan perlengkapan bayi tersebut dalam 24 jam setelah direbus, untuk memastikan setiap baby care tetap steril

Tidak ada alat khusus yang diperlukan, karena itu Bunda dapat melakukan proses ini dengan cepat dan sederhana secara langsung di rumah.

2. Manfaatkan Uap Panas dari Microwave

Jika Bunda memiliki microwave di rumah, alat ini juga dapat membantu Bunda melakukan sterilisasi botol susu dan berbagai perlengkapan bayi lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan uap panas dari microwave, dan berikut adalah langkahnya.

  • Cermati instruksi dan fitur pada microwave yang Bunda miliki
  • Pastikan menggunakan mode untuk sterilisasi, atau atur daya yang tepat pada microwave yang digunakan supaya botol dan teat tidak meleleh karena terlalu panas
  • Letakkan semua botol dan teat dengan lubang atau bukaan menghadap ke  bawah di dalam microwave
  • Lakukan sterilisasi dan tunggu hingga selesai
  • Jika peralatan baby care tidak segera digunakan, Bunda dapat menyimpannya di unit sterilisasi selama dalam kondisi tertutup rapat

Pastikan selalu menggunakan unit sterilisasi pada proses ini, dan hindari memasukkan botol susu dan teat langsung ke microwave tanpa alat tersebut

3. Menggunakan Alat Khusus Sterilisasi

Sebenarnya terdapat alat khusus yang berfungsi untuk urusan sterilisasi botol susu, teat, dan berbagai perlengkapan baby care lainnya. Meski beragam, namun cara penggunaannya cenderung serupa, dengan langkah sederhana di bawah ini.

  • Masukkan botol dan teat yang akan disterilkan dan sudah dicuci pada alat sterilizer
  • Kemudian tekan tombol Power, dan tutup alat tersebut
  • Tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai, dan alat berhenti secara otomatis menandakan proses sterilisasi sudah diselesaikan secara ideal

Mudah bukan?

Untuk Menyimpannya, Bunda dapat Cermati Tips Berikut Ini

mensterilkan botol susu

Setelah melakukan proses sterilisasi, Bunda juga wajib menyimpan botol yang digunakan dengan tepat. Jika tidak, proses ini akan menjadi sia-sia dan bakteri atau jamur bisa saja tumbuh di dalam bagian botol.

Cara menyimpan botol susu setelah mensterilkannya adalah sebagai berikut.

  • Biarkan hingga botol susu kering atau ditiriskan (air dry) agar tidak tumbuh jamur di bagian botol yang lembab
  • Setelah kering, cuci tangan Bunda dengan sabun dan air mengalir
  • Pasang botol dan bagian-bagian yang tadi sudah Bunda lepaskan
  • Simpan botol di lemari khusus botol susu bersih atau dalam container yang secara khusus disiapkan untuk botol susu bayi
  • Bunda juga dapat menyimpannya di dalam alat steril botol susu, dan memastikan alat steril ini tetap tertutup rapat
  • Botol susu yang sudah dibersihkan dan disterilisasi juga dapat disimpan di dalam kulkas dengan catatan memasukkannya ke kotak penyimpanan terlebih dahulu

Ketika akan dipakai, keluarkan botol susu dari penyimpanan di suhu ruang selama beberapa saat, dan jangan ragu untuk melakukan perendaman dengan air panas mengalir supaya memastikan botol susu bersih dan higienis

Pilih Botol Susu yang Tepat, Produk Hegen Mudah Dibersihkan

mensterilkan botol susu

Salah satu indikator botol susu berkualitas adalah bahan atau material yang digunakan sebagai penyusunnya. Hegen, dalam hal ini, mengandalkan bahan PPSU atau polyphenylsulfone untuk material dasar dari produk botol yang ditawarkan pada Bunda.

Material ini merupakan perpaduan sempurna antara bahan kaca dan plastik, sehingga memiliki bobot yang ringan tapi daya tahan yang handal. Mampu bertahan di suhu minus 20 derajat Celcius hingga 180 derajat Celcius, membuatnya cocok untuk wadah penyimpanan ASI, wadah untuk menghangatkannya, serta mudah disterilkan dengan cara-cara di atas tanpa risiko kerusakan.

Selain itu botol dari Hegen juga memiliki ukuran leher botol yang besar dan bentuk yang sangat ergonomis, membuatnya mudah sekali dibersihkan hingga maksimal dan menjangkau setiap sisi dan sudut botol dengan baik.

Tentu, produk Hegen direkomendasikan karena unggul dibandingkan dengan produk sejenis lain yang ada di pasaran saat ini. Ditambah dengan fitur yang memudahkan penyimpanan sebab tutup botol Hegen dapat dihubungkan dan disusun satu dengan yang lain, sehingga urusan pengelolaan area storage semakin optimal.

 

Itu tadi sedikit ulasan mengenai cara mensterilkan botol susu yang dapat dibagikan. Tentu Bunda dapat memperoleh produk Hegen dengan mudah melalui situs ini. Tinggal klik tautan yang tersedia, dan Bunda akan memperoleh sederet opsi menarik untuk botol Hegen dan semua perlengkapannya. Semoga menjadi artikel yang berguna, dan maksimalkan setiap fase tumbuh kembang si kecil bersama Hegen!


Referensi:  

  • Alodokter. Cara penyimpanan botol susu yang telah disterilisasi. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/botol-susu-yg-telah-disteril-jika-tidak-lgsg-dipakai-apakah.
  • Ibu & Balita. Begini Cara Menyimpan Botol Susu Setelah Disteril yang Benar. https://www.ibudanbalita.com/artikel/mobileapps-jaga-botol-susu-tetap-steril-berikut-caranya-untuk-ibu.
  • Kumparan. Cara Menyimpan Botol Susu Bayi yang Benar. https://kumparan.com/mama-rempong/cara-menyimpan-botol-susu-bayi-yang-benar-1xSrguOq9Qw/full.
  • Kino. 3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi, Mana yang Paling Baik?. https://www.kino.co.id/news-n-events/news/3-cara-mensterilkan-botol-susu-bayi-mana-yang-paling-baik.
  • Moms Money. Dijamin Bebas Bakteri, Ini 2 Metode Sterilkan Botol Susu Bayi. https://momsmoney.kontan.co.id/news/dijamin-bebas-bakteri-ini-2-metode-sterilkan-botol-susu-bayi-1.
  • Hegen. Jangan Keliru! Begini Cara Steril Botol Susu Yang Tepat. https://hegen.co.id/id/blogs/updates/steril-botol-susu.
  • Mooimom. 3 Cara Mensterilkan Botol Bayi Agar Bebas dari Penyakit. https://www.mooimom.id/mamapedia/4-cara-mensterilkan-botol-bayi-agar-bebas-dari-penyakit?gad_source=1&gclid=CjwKCAjwoa2xBhACEiwA1sb1BDbDWZqvjRXYNRYrCELQIJVWjut8zQiyNut2TxeV_hgYimkDNIqLdRoCElQQAvD_BwE.
  • Nactalia. How to prepare and store bottles of infant milk?. https://www.nactalia.com/feed-my-baby/how-to-prepare-and-store-bottles-of-infant-milk/.