The Hegen Blog

3 Penyebab Utama Lidah Bayi Putih dan Cara Atasinya

Jangan panik dulu saat mendapati lidah bayi menjadi putih. Hal ini cukup wajar terjadi dan biasanya disebabkan oleh penumpukan ASI di lidah. Namun, jika kondisi ini disertai dengan anak rewel, maka Bunda perlu waspada. Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh infeksi jamur atau yang lainnya. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, simak informasi tentang penyebab lidah putih pada si kecil beserta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Lidah Bayi Putih

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari lidah putih pada si kecil. Ketahui apa saja pemicunya di bawah ini supaya Bunda bisa memberikan treatment yang tepat untuk sang buah hati tercinta.

1. Penumpukan ASI

Bagi ibu baru mungkin akan merasa khawatir saat mendapati lidah anaknya berubah menjadi putih. Padahal, kondisi ini lumrah terjadi terutama pada bayi yang menerima asupan ASI. 

Sisa-sisa air susu ibu yang menempel pada lidah bayi tersebut biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Namun, Bunda juga bisa membersihkannya apabila khawatir hal tersebut akan mengganggu kenyamanan si kecil.

2. Infeksi Jamur

Waspadalah jika kondisi lidah putih pada bayi disertai perubahan sikap pada anak seperti mudah menangis atau jadi rewel. Kemungkinan anak merasakan sakit pada bagian mulut yang disebabkan oleh infeksi jamur yaitu candida albicans

Pasalnya, pada masa menyusui, daya tahan tubuh bayi tidak sekuat orang dewasa, sehingga rentan terkena infeksi jamur.

3. Efek Samping Antibiotik

Ternyata, konsumsi antibiotik dalam jangka waktu tertentu juga bisa menjadi penyebab lidah putih pada bayi. Antibiotik tersebut bisa melemahkan bakteri baik di lidah sehingga menyebabkan jamur mudah berkembang di mulut dan lidah si kecil.

Baca juga: 5 Tahapan Tumbuh Kembang Anak, Bekali Dengan Nutrisi Tepat!

Cara Mengatasi Lidah Bayi Putih

lidah bayi putih

Jika sang buah hati mengalami hal ini, tenang dulu ya! Bunda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

1. Bersihkan Lidah Bayi secara Rutin

Cara pertama yaitu dengan sering-sering membersihkan lidah bayi setelah selesai menyusui. Jangan biarkan penumpukan ASI di lidah si kecil sampai mengganggu dan memicu terjadinya infeksi jamur. Namun, lakukan secara hati-hati dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini.

  • Gunakan kain kasa, kain lembut, kapas, dan air suam-suam kuku untuk membersihkan lidah bayi.
  • Pastikan Bunda mencuci tangan dengan benar dan bersih. Jika perlu pilih jenis sabun antiseptik.
  • Balut jari telunjuk ibu dengan kain kasa, kapas, dan kain lembut. Kemudian celupkan ke dalam air suam-suam kuku tadi.
  • Jangan langsung membersihkan lidah bayi, tapi seka dulu bagian rongga mulut bayi dengan gerakan melingkar. Lakukan hal ini secara lembut dan hati-hati.
  • Lanjutkan dengan membersihkan permukaan lidah bayi secara perlahan-lahan dari arah depan ke belakang.

2. Perhatikan Kebersihan Payudara

Kebersihan payudara sang ibu juga harus diperhatikan dengan serius. Pasalnya, infeksi jamur juga bisa disebabkan oleh payudara ibu yang kurang bersih. Oleh karena itu, jaga kebersihan payudara dengan rutin mengelap bagian payudara sebelum menyusui, mengganti breast pad secara teratur, dan mencuci bra menyusui dengan air panas.

3. Sterilkan Pompa ASI dan Mainan Anak secara Rutin

Pompa ASI dan mainan anak juga bisa menjadi media penyebaran kuman pada mulut bayi. Oleh sebab itu, Bunda sebaiknya rutin membersihkan kedua benda tersebut secara rutin. Umumnya, cara yang tepat untuk sterilisasi pompa ASI dan mainan anak adalah mencucinya dengan air panas/mendidih. 

Baca juga: Pilih Botol Susu Bayi Terbaik Dengan 4 Cara Tepat Berikut!

4. Konsumsi Yoghurt

Bagi bayi yang sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI juga bisa diberikan yoghurt untuk mengatasi permasalahan lidah putih si kecil. Di dalam yoghurt terdapat kandungan probiotik yang efektif dalam melawan pertumbuhan jamur. Namun, usahakan untuk memilih yoghurt tanpa tambahan pemanis buatan ya!

5. Pertolongan Medis

Jika semua cara di atas tidak membuahkan hasil dan anak masih merasa tidak nyaman, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Umumnya, dokter akan memberikan obat anti jamur yang dioleskan atau obat tetes. Pastikan Bunda memberikan obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter.

Baca juga: Panduan Menu MPASI 6 Bulan Untuk Bayi Dan Contoh Resepnya

Cara Mencegah Lidah Putih pada Bayi

lidah bayi putih

Agar kondisi ini tidak terjadi secara berulang-ulang, maka Bunda bisa melakukan beberapa upaya pencegahan. Hal ini dimulai dengan menjaga lingkungan dan benda-benda yang digunakan bayi selalu dalam keadaan bersih. Berikut poin-poin penting yang harus diperhatikan.

  • Keringkan payudara setelah selesai menyusui.
  • Ganti bra jika mendapati ASI merembes dan payudara terasa lembab.
  • Sterilkan pompa ASI, dot, empeng, dan mainan anak untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Baca juga: Ini Keunggulan PPSU Botol Dan Bedanya Dengan Botol PP

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu cara tepat dalam mengatasi dan mencegah lidah bayi putih yaitu dengan melakukan sterilisasi pada pompa ASI. Sterilisasi bisa dilakukan dengan mencuci pompa ASI dengan air panas dan sabun khusus produk ibu dan bayi.

Breast pump dari Hegen terdiri dari botol wadah ASI yang menyatu dengan bagian corong pompanya. Botol wadah ASI terbuat dari bahan PPSU yang tahan terhadap suhu panas mencapai 180 derajat Celcius. 

Namun, pada bagian pompanya terbuat dari plastik untuk tipe manual, dan silikon untuk tipe elektrik. Material silikon sendiri bisa tahan terhadap suhu hingga 110 derajat Celsius. Bunda juga bisa membersihkan peralatan pompa ASI dengan alat steril khusus. Klik di sini untuk membeli pompa ASI dan produk-produk khusus ibu dan bayi lainnya dari Hegen sekarang juga!


Referensi:

  1. RSUD Kabupaten Buleleng. Lidah Putih pada Bayi Tak Kunjung Hilang, Bisa Jadi Infeksi Jamur. https://rsud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/lidah-putih-pada-bayi-tak-kunjung-hilang-bisa-jadi-infeksi-jamur-11
  1. RSU Wajak Husada. Lidah Bayi Putih Berbahaya kah? Ketahui Cara Mengatasinya. https://www.rsuwajakhusada.com/article/lidah-bayi-putih-berbahaya-kah-ketahui-cara-mengatasinya