The Hegen Blog

5 Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri yang Bisa Bunda Alami

Bunda, tidak perlu khawatir jika si kecil lebih memilih menyusu pada satu sisi payudara. Itu hal yang biasa terjadi, meskipun dapat memengaruhi bentuk payudara. Penyebab menyusui hanya sebelah kiri bisa dari ibu atau si Kecil, seperti kekakuan saat menggendong atau masalah kesehatan. 

Jika si kecil menolak satu payudara untuk sementara waktu, itu mungkin disebabkan oleh alasan tertentu seperti hidung tersumbat atau sakit pasca-vaksinasi. 

Alasan si Kecil Hanya Mau Menyusu pada Payudara Sebelah Kiri

1. Perbedaan Suplai ASI

Sebagian lebih memilih menyusu pada payudara sebelah kiri karena  suplai ASI yang berbeda di antara keduanya. Hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan fungsi kelenjar susu di masing-masing payudara, yang mengakibatkan produksi ASI yang berbeda di setiap sisi. Ini membuat beberapa si kecil cenderung memilih payudara sebelah kiri yang memberikan suplai lebih banyak.

2. Ibu Lebih Nyaman Menyusui di Satu Sisi

Bunda mungkin merasa lebih nyaman menyusui dari payudara sebelah kiri daripada yang lain. Kebiasaan ini juga dapat membuat si kecil merasa lebih nyaman saat menyusu dari payudara sebelah kiri saja, karena keselarasan yang terbentuk antara kenyamanan ibu dan kenyamanan si kecil.

3. Kesehatan Payudara

Kondisi kesehatan seperti mastitis, yang merupakan peradangan pada payudara, bisa membuat si kecil enggan menyusu dari payudara yang terinfeksi. Hal ini dapat menjadi alasan mengapa si ibu memilih untuk menyusui dari payudara sebelah kiri saja, untuk menghindari kemungkinan iritasi atau masalah kesehatan lainnya.

4. Bentuk Kedua Puting yang Berbeda

Perbedaan bentuk puting antara payudara kanan dan kiri juga dapat mempengaruhi kebiasaan menyusu si kecil. Si kecil mungkin lebih suka menyusu dari payudara yang memiliki puting yang lebih mudah diisap, sehingga cenderung memilih payudara sebelah kiri yang lebih sesuai dengan preferensi mereka.

Bagaimana Efek Menyusui Hanya Sebelah Kiri bagi Bunda?

Berikut adalah beberapa efek yang mungkin terjadi apabila si Kecil hanya menyusu pada payudara sebelah kiri, Bun:


1. Terjadi Pembengkakan Payudara

Jika payudara sebelah kanan tidak dikeluarkan susunya, payudara tersebut bisa membengkak, tersumbat, dan menjadi peradangan. Hal ini bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman dan mempengaruhi kenyamanan Bunda dalam menyusui.

2. Perubahan Produksi ASI

Produksi ASI pada payudara sebelah kanan yang tidak digunakan bisa berkurang, dan lebih sulit keluar. Ini bisa membuat si kecil menjadi kurang puas saat menyusu dan mengganggu pola menyusui Bunda.

3. Ukuran Payudara Tidak Seimbang

Menyusui hanya di payudara sebelah kiri dapat menyebabkan ukuran payudara menjadi tidak seimbang. Hal ini bisa membuat Bunda merasa kurang nyaman secara estetis dan memengaruhi kepercayaan diri.

4. Risiko Alami Infeksi pada Payudara

Risiko infeksi pada payudara sebelah kiri yang lebih sering digunakan untuk menyusui bisa meningkat. Hal ini bisa membuat Bunda merasa khawatir akan kesehatan payudaranya dan perlu memperhatikan kebersihan dan kesehatan payudara dengan lebih seksama.

5. Mastitis

Menyusui hanya dari payudara sebelah kiri bisa menyebabkan mastitis, yang dapat membuat payudara menjadi bengkak dan sangat sakit. Ini bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi Bunda dan membuat proses menyusui menjadi tidak nyaman.

Tips Mengatasi agar si Kecil mau menyusu di kedua sisi


Berikut adalah beberapa hal praktis yang bisa Bunda terapkan untuk mengatasi masalah efek menyusui hanya sebelah kirini:

1. Latih Si Kecil Menyusu di Kedua Sisi

Agar si kecil terbiasa menyusu di kedua sisi payudara, Bunda bisa melatihnya setiap hari. Cobalah menyusui si kecil di payudara yang kurang disukai saat si kecil baru bangun tidur dan masih mengantuk. Lakukan ini sembari mengayun atau menggendong si kecil.

2. Gunakan Nipple Shield (Pelindung Puting)

Jika ukuran puting di kedua payudara berbeda, Bunda bisa menggunakan nipple shield. Nipple shield adalah alat bantu menyusui berbentuk seperti puting yang terbuat dari karet atau silikon tipis. Alat ini membantu memudahkan pelekatan si kecil ke mulut dan dapat membantu menyamakan ukuran puting.

3. Perhatikan Keseimbangan Produksi ASI

Jika Bunda merasa payudara sebelah kanan kurang maksimal menghasilkan ASI, Bunda dapat memompa payudara tersebut selama kurang lebih 10 menit setiap hari untuk meningkatkan suplai ASI. Dengan memberikan rangsangan yang baik, produksi ASI akan menjadi lebih seimbang dan maksimal.


Kami merekomendasikan HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW dari sekian banyak merk pompa ASI yang ada di pasaran. Pompa ini telah dipercaya banyak Bunda karena praktis, fleksibel, dan memiliki fitur pijat. Bagi Bunda yang masih bingung memilih, HEGEN PCTO™ DOUBLE ELECTRIC BREAST PUMP NEW adalah solusi terbaik dengan reputasi teruji dan banyak testimoni positif.


Referensi 

  • Bayi Hanya Mau Menyusu Sebelah, ASI di Payudara Kanan dan Kiri Berbeda Rasa? - Haibunda.com. https://www.haibunda.com/menyusui/20230130133451-54-296008/bayi-hanya-mau-menyusu-sebelah-bikin-asi-di-payudara-kanan-dan-kiri-berbeda-rasa
  • Mengatasi Bayi yang Hanya Mau Menyusu pada Satu Payudara - Haibunda.com. https://www.haibunda.com/menyusui/20190513125229-54-41366/mengatasi-bayi-yang-hanya-mau-menyusu-pada-satu-payudara
  • Bunda, Ini Penyebab Jumlah ASI Payudara Kanan dan Kiri Berbeda - Alodokter. https://www.alodokter.com/bunda-ini-penyebab-jumlah-asi-payudara-kanan-dan-kiri-berbeda
  • Bayi Usia 3 Bulan Hanya Mau Menyusu Di Salah Satu Payudara - Tanya Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bayi-hanya-mau-menyusu-di-satu-sisi-saja
  • Menyusui dengan Satu Payudara, Apa Pengaruhnya bagi Ibu dan Bayi? | kumparan.com. https://kumparan.com/kumparanmom/menyusui-dengan-satu-payudara-apa-pengaruhnya-bagi-ibu-dan-bayi-1siQUOlxBpi
  • 5 Dampak Menyusui Hanya Sebelah Payudara untuk Ibu dan Bayi - Hamil.co.id. https://hamil.co.id/pasca-hamil/menyusui/dampak-menyusui-hanya-sebelah-payudara
  • Bayi Hanya Mau Menyusu di Satu Payudara: Penyebab dan Tips - Theasianparent.com. https://id.theasianparent.com/bayi-hanya-mau-menyusu-di-satu-payudara