The Hegen Blog

Begini Cara Menyusui Bayi Baru Lahir dan Pumping yang Benar

Selamat Bunda baru saja melahirkan seorang bayi ke dunia dengan penuh perjuangan hebat. Pasca melahirkan, sekarang mungkin Bunda bertanya-tanya tentang bagaimana cara menyusui bayi baru lahir agar nutrisinya tercukupi. Pada pembahasan kali ini, simak panduan cara menyusui yang benar untuk bayi baru lahir (newborn) sebagai pijakan awal kehidupan sang buah hati. Jika saat ini Bunda sedang menanti kelahiran bayi, panduan ini sangat penting lho untuk disimak. 

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir Pasca Melahirkan

Hari Pertama Persalinan

Satu jam pertama setelah Bunda melahirkan, jika si Kecil dalam keadaan sehat, tim persalinan akan meletakkan bayi di dada Bunda untuk melakukan skin-to-skin contact. Luangkan waktu Bunda untuk menjalin ikatan dengan bayi dan nikmati momen ajaib ini. 

Bayi secara naluriah akan mulai melakukan rooting dan mencari puting ibu. Untuk melakukan pelekatan yang baik, Bunda bisa meminta bantuan dari perawat. 

Perlu Bunda tahu, ASI atau kolostrum pertama ibu menyusui berupa cairan kental berwarna emas yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi baru lahir. 

Apabila si Kecil tidak bersama Bunda sepanjang waktu dan Bunda tidak dapat menyusu secara langsung, kami sarankan untuk menggunakan Hegen PCTOTM Manual Pump dalam 6 jam pertama setelah persalinan untuk mulai menyusui.

Lakukan pumping selama 10 menit pada setiap sisi payudara sehingga otak akan mengirimkan sinyal untuk memulai produksi ASI. Peras payudara dengan cara manual memakai tangan lalu kumpulkan kolostrum/ASI agar perawat dapat memberikan kepada bayi menggunakan cangkir. Memiliki alat pompa ASI seperti ini sangatlah penting untuk dipersiapkan ya, Bun!

cara menyusui bayi baru lahir

Cara menyusui bayi baru lahir: Hari 2-3

Dua hari pasca melahirkan, Bunda bisa mulai menyusui bayi baru lahir setiap 2-3 jam sekali. Mintalah bantuan kepada perawat untuk memastikan posisi pelekatan sudah baik. Untuk memastikan bayi cukup ASI, pantau jumlah popok yang basah dan kotor. 

Memakai alat pompa manual memungkinkan Bunda bisa memberi tekanan yang diinginkan pada payudara, sehingga memudahkan pumping. Untuk merangsang produksi ASI lebih banyak, gunakan Hegen PCTOTM Manual Pump selama 10 menit setelah sesi menyusui. Corong/flensa Hegen dirancang agar lembut saat menempel di puting Bunda, sehingga proses pumping menjadi nyaman. 

Menyusui Hari Keempat dan Kelima Pasca Menyusui

Memasuki hari keempat pasca persalinan, persediaan ASI Bunda mungkin sudah terbentu. Bunda akan menyadari bahwa payudara terasa lebih penuh dan berat. Bayi newborn juga akan menyusu lebih cepat jika sudah menguasai posisi pelekatan yang tepat. 

Untuk mencegah pembengkakan payudara, lakukan pumping atau peras dengan tangan sebelum menempelkan bayi. Bunda juga bisa melakukan kompres hangat untuk meredakan payudara yang bengkak. Untuk melancarkan saluran ASI yang tersumbat, gunakan pompa manual. 

Hari Keenam dan Ketujuh Pasca Menyusui

Setelah persediaan ASI mencukupi, Bunda bisa menjalankan rutinitas menyusui atau memompa setiap 2-3 jam. Apabila Bunda memilih untuk pumping, bisa mulai gunakan pompa ASI elektrik. Hegen PCTOTM Double Electric Breast Pump memiliki corong silikon yang lembut dan seamless sehingga nyaman saat menyentuh puting. Pumping setiap kali selesai menyusui juga merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak hormon untuk produksi ASI. 

cara menyusui bayi baru lahir

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir Setelah Minggu Pertama Pasca Lahiran

Lanjutkan proses menyusui secara langsung sesuai permintaan bayi dan seringlah pumping ASI dengan interval 2-3 jam selama beberapa minggu untuk meningkatkan suplai ASI. Kira-kira diperlukan waktu sekitar 6-8 minggu agar suplai ASI bisa berkembang sepenuhnya dan bayi bisa menguasai pelekatan dengan benar.

Jika dalam proses ini Bunda mengalami saluran ASI tersumbat, jangan khawatir! Hegen PCTOTM Double Electric Breast Pump memiliki kneading massage function yang membantu meredakan ketegangan akibat pembengkakan payudara. Cukup letakkan kneading ring pada saluran yang tersumbat dan rasakan sensasi bekam selama beberapa menit sebelum bayi menyusu langsung atau bisa gunakan pompa manual untuk melancarkan saluran yang tersumbat.

Menyusui dan Pumping Lebih Mudah dengan Produk Hegen

Menyusui merupakan momen berharga sekaligus menantang bagi sebagian besar ibu pasca melahirkan. Persiapkan diri Bunda dengan baik untuk mempelajari teknik-teknik dasar dan cara menyusui bayi baru lahir. Bunda juga memerlukan support yang cukup dari orang terdekat selama menjalankan perjalanan menyusui yang menyenangkan ini.

Jangan ragu untuk bertanya kepada orang tua maupun konsultan laktasi agar proses menyusui Bunda tetap nyaman, menyenangkan, dan minim sakit. Untungnya Hegen memiliki berbagai perlengkapan menyusui bayi yang pasti Bunda butuhkan, mulai dari breast milk storage, multifunctional feeding bottle, breast pump manual maupun electric, teat atau dot, dan masih banyak lagi.

Yuk segera kunjungi dan berbelanja online untuk mendapatkan semua produk Hegen yang Bunda butuhkan hanya di situs resmi Hegen Indonesia