The Hegen Blog

Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Cek di Sini

Menyusui bayi dari payudara langsung adalah yang terbaik karena tidak berisiko terkena kontaminasi bakteri seperti ASI perah yang harus dipompa dan disimpan ke dalam wadah khusus. Namun, beberapa ibu terpaksa memberi ASI perah kepada bayi karena berbagai alasan seperti misalnya ibu  terpisah dengan bayi yang lahir prematur, ibu dirawat di rumah sakit, ibu yang harus kembali bekerja, atau payudara terasa penuh saat bayi tertidur. Umumnya, ASI perah disimpan di dalam lemari pendingin agar tidak cepat basi, tapi jika Bunda berniat untuk memberikannya dalam waktu dekat, maka bisa membiarkannya di dalam suhu ruang. Kira-kira berapa lama ASI bertahan di suhu ruangan? Yuk simak penjelasan detailnya berikut ini.

Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan?

Bunda mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya ASI perah juga bisa disimpan di suhu ruang. Namun, durasi penyimpanannya hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Hal yang perlu diperhatikan saat ingin menyimpan ASIP di suhu ruang adalah memastikan wadah penyimpanan sudah steril, dalam kondisi kering, dan diusahakan terbuat dari material kaca/plastik food grade.

Mengenai berapa lama ASI bertahan di suhu ruangan, hal ini tergantung dari suhu di tempat tinggal masing-masing. Umumnya, ASIP bisa bertahan selama 4 hingga 8 jam pada suhu ruang 16 hingga 26 derajat Celcius, sedangkan pada suhu ruang 27 hingga 32 derajat Celcius, ASI perah bisa bertahan dalam jangka waktu 3 sampai 4 jam. 

Idealnya, ASI perah sebaiknya hanya disimpan selama 3 hingga 4 jam di suhu ruangan. Jika Bunda ingin menyediakan stok ASI atau menyimpan ASI perah dalam jangka waktu yang lebih lama, sebaiknya memasukkan ASIP ke dalam kulkas atau freezer.

Durasi Penyimpanan ASI

berapa lama asi bertahan di suhu ruangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk memperpanjang durasi ketahanan ASI, Bunda bisa menyimpannya di lemari pendingin atau freezer. Nah, berikut ini telah terangkum panduan menyimpan ASI perah dan jangka waktu penyimpanannya yang sebaiknya Bunda pahami.

1. Suhu Ruangan

ASI perah bisa disimpan di dalam suhu ruang selama 4-8 jam pada suhu ruang 16 hingga 26 derajat Celcius dan 3 sampai 4 jam pada suhu ruang 27 hingga 32 derajat Celcius. Untuk mempertahankan kualitas ASI, akan lebih baik jika wadah ASIP dijaga agar tetap dingin dengan cara dibalut kain/handuk dingin.

2. Cooler Bag

Penyimpanan ASIP di dalam cooler bag bisa bertahan selama 24 jam. Umumnya suhu pada cooler bag berkisar antara -15 hingga 4 derajat Celcius. Bagi ibu yang bekerja atau membawa ASIP dalam perjalanan mudik/liburan, perlu memperhatikan durasi penyimpanan ASI yang tepat. Selain itu, pastikan es batu atau ice gel ASI menyentuh wadah ASIP sepanjang waktu agar susu tidak cepat basi.

3. Lemari Pendingin

ASIP yang disimpan di dalam lemari pendingin bersuhu 4 derajat Celcius hanya bertahan selama 5 hari. Simpan ASI di bagian belakang lemari es dan hindari meletakkannya di pintu kulkas.

4. Freezer 

  • Freezer kulkas 1 pintu bersuhu -15 derajat Celcius bisa menyimpan ASI selama 2 minggu.
  • Freezer kulkas 2 pintu bersuhu -18 derajat Celcius dapat menyimpan ASIP dengan durasi 3-6 bulan.
  • Deep freezer yang bersuhu -20 derajat Celcius dapat mempertahankan ASIP selama 6-12 bulan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menyimpan ASIP

Selain memahami jangka waktu atau durasi penyimpanan ASIP yang tepat, ada banyak hal penting lain yang harus Bunda perhatikan saat menyimpan ASI perah, berikut ulasannya.

  • Menggunakan wadah ASI yang sudah BPA free karena kontaminasi BPA pada ASI perah akan membahayakan kesehatan anak.
  • Memastikan tempat penyimpanan ASI bersih, kering, dan kedap udara. Pilih material kaca, plastik keras, atau kantong plastik khusus untuk menyimpan ASI.
  • Gunakan wadah ASI berbahan plastik keras/kaca untuk durasi penyimpanan lama dan pilih kantong plastik khusus untuk masa simpan maksimal 72 jam.
  • Memberi label tanggal dan jam pada wadah penyimpanan ASI perah untuk membedakan stok ASI lama dan baru.
  • Hindari menyimpan ASIP bersamaan dengan bahan makanan lain.
  • ASI perah yang sudah dihangatkan dan diberikan kepada bayi tidak boleh disimpan lagi apabila tersisa.
  • Jangan menghangatkan ASI di microwave karena akan merusak zat antibodi di dalam air susu ibu.

Nah, penjelasan di atas semoga bisa menjawab pertanyaan tentang berapa lama ASI bertahan di suhu ruangan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa hal penting yang perlu Bunda perhatikan dalam menyimpan ASI adalah memilih wadah ASIP dari material plastik keras/kaca yang sudah BPA free

Kami merekomendasikan HEGEN PCTO™ BREAST MILK STORAGE PPSU yang bisa Bunda gunakan untuk menyimpan ASI perah. Breast milk storage dari Hegen terbuat dari material PPSU (polyphenylsulfone) yang menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik. 

PPSU merupakan jenis material plastik keras yang sudah BPA free, bersertifikat FDA, dan banyak digunakan dalam pembuatan peralatan medis. Menariknya, produk breastmilk storage dari Hegen memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi yang berkisar antara -18°C hingga 180°C. Bahkan, durasi pemakaian produk ini bisa mencapai 1 hingga 2 tahun lho!

Breastmilk storage dari Hegen juga dilengkapi dengan fitur Press to Close, Twist to OpenTM (PCTOTM) yang memudahkan Bunda dalam membuka tutup wadah ASIP tanpa takut susu tumpah. 

Tak hanya itu saja, produk ini juga semakin unggul berkat fitur express-store-feed karena bisa langsung menampung ASI dari breast pump, menyimpan ASIP, dan difungsikan sebagai feeding bottle. Jadi, Bunda bisa memerah, menyimpan, dan memberikan ASIP ke si kecil dalam satu wadah sekaligus.

Breastmilk storage dari Hegen tersedia dalam 3 ukuran yaitu 60 ml, 150 ml, dan 240 ml yang bisa Bunda pilih sebagai berikut.

  1. HEGEN PCTO™ 60ML/2OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (6-PACK)

berapa lama asi bertahan di suhu ruangan

  1. HEGEN PCTO™ 150ML/5OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (4-PACK)

berapa lama asi bertahan di suhu ruangan

  1. HEGEN PCTO 240ML/8OZ BREAST MILK STORAGE PPSU (2-PACK)
berapa lama asi bertahan di suhu ruangan

Referensi:

  1. IDAI. Penyimpanan ASI Perah. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/penyimpanan-asi-perah
  2. Annisa Karnesyia. Daya Tahan dan Lama Waktu Penyimpanan ASI Perah yang Bunda Perlu Tahu. https://www.haibunda.com/menyusui/20210428104330-54-209372/daya-tahan-dan-lama-waktu-penyimpanan-asi-perah-yang-bunda-perlu-tahu
  3. Dinno Baskoro, Sekar Langit Nariswari. Berapa Lama ASI Bisa Bertahan di Suhu Ruang? https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/17/135844120/berapa-lama-asi-bisa-bertahan-di-suhu-ruang?