The Hegen Blog

Berapa Lama ASI Bertahan di Cooler Bag? Simak di Sini!

Tidak sedikit tentu Bunda yang membaca artikel ini ingin memiliki hidup yang seimbang, pada konteks tetap memberikan yang terbaik untuk si kecil dan berkarir dengan ideal. Penting, sekilas ulasan tentang berapa lama ASI bertahan di cooler bag akan jadi bacaan berguna untuk Bunda supaya mendapat insight baru tentang penggunaan alat ini.

Cooler bag sendiri mungkin tak asing untuk Bunda yang sudah berpengalaman melakukan proses pumping untuk mendapatkan ASI. ASI yang dihasilkan ketika Bunda berada di luar rumah kemudian dapat disimpan dengan baik, dan terjaga kualitasnya dalam waktu yang lebih lama.

Berapa Lama ASI Bertahan di Cooler Bag?

Berapa lama asi bertahan di cooler bag

Pemahaman tentang daya tahan ASI ketika disimpan setelah dipompa ini wajib dimiliki, terlebih jika Bunda memiliki banyak agenda dan cukup sibuk sehingga waktu untuk menyusui secara langsung harus dikorbankan.

Kini dengan peralatan modern yang demikian nyaman digunakan, pumping dapat dilakukan dengan nyaman di berbagai tempat yang telah disediakan. Namun yang harus diingat adalah ASI yang dihasilkan juga harus disimpan dengan baik, salah satunya dengan cooler bag, agar bertahan lebih lama.

Pada suhu ruangan, ASI hasil pumping dapat bertahan idealnya selama 4 jam. Namun ketika disimpan di cooler bag daya tahannya bisa jauh lebih lama, yakni hingga 24 jam. Tentu, hal ini dengan asumsi bahwa kondisi pumping dan penyimpanan yang dilakukan ideal, sehingga kualitas ASI tetap terjaga segar hingga waktu tersebut.

Tapi Mengapa Menggunakan Kotak Pendingin Ini?

Secara praktis, cooler bag mampu ‘memperpanjang’ daya tahan asi hingga enam kali lipat dibandingkan dengan ketika tidak dimasukkan ke kotak penyimpanan ini. Cara yang mudah juga jadi salah satu faktor penting, mengingat Bunda tentu sudah cukup repot membawa banyak peralatan.

Bunda cukup memasukkan ice gel yang sudah dibekukan semalaman, atau es batu ke dalamnya untuk memberikan suhu dingin. Berikan lapisan styrofoam yang ada, suhu dingin dapat bertahan hingga waktu yang cukup sehingga ASI yang ada di dalamnya tidak lekas basi.

Di waktu yang lain, alat ini juga akan bermanfaat ketika listrik di rumah padam. Sebagai alat penyimpanan ASI darurat, waktu yang cukup bisa diberikan hingga kulkas atau lemari pendingin khusus penyimpanan ASI kembali aktif setelah listrik menyala.

3 Tips Simpel Menyimpan ASI di Cooler Bag

Berapa lama asi bertahan di cooler bag

Setelah tahu kira-kira berapa lama ASI bertahan di cooler bag, kini Bunda mulai dapat memperkirakan skema terbaik yang dapat dilakukan. Untuk membantu Bunda menyempurnakan skema ini, berikut tips sederhana dan efektif untuk menyimpan ASI di cooler bag agar bertahan lama.

1. Pastikan Kualitas Cooler Bag

Jelas, sebab hal ini akan berpengaruh langsung pada daya tahan ASI yang Bunda simpan di sana. Pastikan memilih cooler bag dengan kualitas yang unggul, sehingga ASI tidak mudah rusak atau basi. Perhatikan ukuran, struktur cooler bag, jahitan, sambungan antar bagian, hingga bagian tutup yang tersegel rapat.

Akan lebih baik jika cooler bag tersebut dapat dibongkar sehingga mudah dibersihkan. Bag yang dilengkapi dengan ice gel akan lebih praktis, sebab Bunda tak lagi perlu membeli produk pelengkanya.

2. Higienitas dalam Menyimpan

Higienitas perlu diperhatikan secara menyeluruh, persiapan pumping, proses storage, hingga memasukkannya ke dalam cooler bag. Selalu cuci tangan menggunakan sabun sebelum proses ini dilakukan, untuk mengurangi risiko terjadinya kontaminasi.

Pastikan juga wadah yang digunakan untuk menyimpan ASI sudah steril dan menggunakan bahan unggul, seperti misalnya botol dengan bahan PPSU. Jika memungkinkan, gunakan breast pump yang terhubung langsung ke wadah penyimpanan ASI sehingga mengurangi proses pemindahan yang berisiko mengkontaminasi ASi.

3. Jangan Lupa Berikan Catatan Waktu

Terakhir adalah memastikan Bunda memberikan catatan waktu pada setiap wadah yang digunakan untuk menyimpan ASI. Catatan ini akan berguna untuk memperkirakan ‘usia’ ASI setelah dipompa, dan mencegah terjadinya pemberian ASI basi pada si kecil.

Catat jam wadah ini ditutup rapat dan dimasukkan ke dalam cooler bag dan susun semuanya dengan rapi agar lebih mudah diorganisir.

Gunakan Wadah Berkualitas, Hegen Punya Solusinya

Berapa lama asi bertahan di cooler bag

Jika Bunda memerlukan wadah yang solid, memiliki opsi kapasitas beragam, serta tetap ringan, Hegen memiliki sederet solusi untuk Bunda. Bahkan, Hegen juga menawarkan breast pump, baik versi elektrik atau manual untuk Bunda, yang dapat secara langsung terhubung ke setiap botol storage dari Hegen.

Berapa lama asi bertahan di cooler bag

Memiliki daya tahan yang tinggi pada suhu dan benturan karena menggunakan bahan PPSU, mudah digunakan sebab memiliki berbagai opsi wadah dan tutup, serta jaminan bebas BPA dan higienitas yang lebih tinggi sebab Bunda dapat dengan mudah membersihkan setiap botolnya dengan sempurna, menjadikan botol Hegen unggul dibandingkan dengan berbagai produk lain.

Bunda tak perlu cemas, sebab setiap botol wadah dari Hegen memiliki daya tahan suhu dari -20 derajat Celcius hingga 180 derajat Celcius, membuatnya cocok untuk penyimpanan di cooler bag atau ketika proses menghangatkan kembali sebelum diberikan pada si kecil.

 

Semoga informasi tentang berapa lama ASI bertahan di cooler bag di atas menjadi bacaan yang berguna untuk Bunda, dan selalu percayakan produk baby care handal dari Hegen untuk menemani setiap fase tumbuh kembang si kecil!

 

Referensi:

  • Icegel. Cara Menyimpan ASI yang Tepat di Cooler Bag. https://icegel.co.id/artikel/cara-menyimpan-asi-yang-tepat-di-cooler-bag.
  • HaiBunda. Cara Aman Menyimpan ASI di Cooler Bag agar Tidak Terkontaminasi. https://www.haibunda.com/menyusui/20210415163220-54-206907/cara-aman-menyimpan-asi-di-cooler-bag-agar-tidak-terkontaminasi/2.
  • Alodokter. Cooler Bag ASI, Sahabat untuk Ibu Pekerja yang Aktif Menyusui. https://www.alodokter.com/cooler-bag-ASI-menjadi-sahabat-kekinian-untuk-ibu-dan-bayi#:~:text=Sementara%20itu%2C%20jika%20disimpan%20dalam,waktu%20kurang%20dari%205%20hari..
  • Halodoc. Cara Menyimpan ASI yang Tepat di Cooler Bag. https://www.halodoc.com/artikel/cara-menyimpan-asi-yang-tepat-di-cooler-bag.
  • Kumparan. Berapa Lama ASI Bertahan dalam Cooler Bag? Ini Penjelasannya!. https://kumparan.com/mama-rempong/berapa-lama-asi-bertahan-dalam-cooler-bag-ini-penjelasannya-1yK1Cr5zUXh/full.
  • Mooimom. Simpan ASI Di Cooler Bag, Tahan Berapa Lama Ya?. https://www.mooimom.id/mamapedia/simpan-asi-di-cooler-bag-tahan-berapa-lama-ya