The Hegen Blog

7+ Ide Menu & Tekstur MPASI Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Selepas masa 6 bulan pemberian ASI eksklusif, kini si Kecil bisa Bunda penuhi nutrisinya dengan memberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun seperti apa tekstur MPASI untuk bayi 8 bulan yang belum tumbuh gigi?

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa kecepatan pertumbuhan gigi setiap bayi berbeda-beda. Terkadang, sampai usianya memasuki 7-8 bulan, bisa saja bayi belum tumbuh gigi. Dengan kondisi demikian, apakah pemberian MPASI untuk bayi belum tumbuh gigi harus ditunda? Tentu saja tidak ya, Bunda. Bayi belum tumbuh gigi tetap bisa mengunyah tanpa gigi dengan mengandalkan pergerakan rahang, lidah, dan giginya. 

Oleh karena itulah tekstur MPASI 8 bulan belum tumbuh gigi memerlukan perhatian khusus dalam menu makanannya agar mudah ia kunyah dan cerna dengan baik. Simak terus artikel berikut ini Bunda untuk mendapatkan ide menu MPASI untuk si Kecil yang memasuki usia 8 bulan dan belum tumbuh gigi.

Seperti Apa Tekstur MPASI 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Sebelum mengetahui beberapa ide dan tekstur MPASI untuk bayi 8 bulan yang belum tumbuh gigi, setiap orang tua tetap harus memberikan MPASI secara bertahap berdasarkan usia bayi. 

Menurut rekomendasi WHO, untuk bayi 6-b bulan bisa diberikan MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dengan jarak waktu 6-8 jam. Pada usia 8 bulan, menu MPASI-nya harus lebih bervariasi dengan kepadatan makanan yang meningkat. 

Sejak usianya 7 hingga 8 bulan, bisa diberikan makanan bertekstur, dari yang benar-benar halus, setengah berserat, hingga tekstur kasar. Berikan secara bertahap mulai Coba berikan porsi kecil dulu secara bertahap dan konsisten sesuai kemampuan makan si Kecil. 

Ide Menu MPASI Bayi 8 Bulan yang Belum Tumbuh Gigi

Berikut ini beberapa ide dan tekstur makanan pendamping ASI yang cocok untuk bayi usia 8 bulan dan belum memiliki gigi.

1. Makanan Lembut dan Halus

Pilih makanan bayi 8 bulan yang mudah dihaluskan agar ia bisa menelan dan mencerna dengan baik. Berikan makanan kental yang disaring (puree) dan makanan yang dilumatkan (mashed) seperti aneka sayuran, buah-buahan segar, ayam, ikan, dan telur.

2. Puree Sayuran

Pilihan sayuran penuh gizi yang bagus sebagai menu MPASI bayi 8 bulan seperti wortel, kentang, labu, kacang polong, sawi, dan brokoli. Cara mengolah sayuran agar bisa menjadi puree yaitu bisa direbus atau dikukus terlebih dahulu, baru kemudian dihaluskan menggunakan blender atau secara manual dengan garpu. 

3. Puree Buah-Buahan

Beberapa jenis buah yang mudah dihaluskan menjadi tekstur puree yang aman bagi bayi 8 bulan belum tumbuh gigi seperti apel, pisang, pepaya, alpukat, dan pir. 

Cara pengolahan buah menjadi tekstur puree bisa dengan langsung menghaluskan secara manual atau diblender. Agar lebih variatif dan kandungan gizinya optimal, Bunda bisa mengkombinasikan beberapa buah yang disukai si Kecil. 

4. Yogurt

Yogurt bisa menjadi campuran menu MPASI si Kecil karena kandungannya rendah gula, creamy, lembut, dan tanpa tambahan pemanis. Bunda bisa menambahkan yogurt pada menu pure buah-buahan atau dicampurkan pada sereal.

5. Makanan Rebus

Makanan yang direbus bisa jadi alternatif terbaik menu MPASI bayi 8 bulan. Salah satu sumber protein hewani terbaik untuk tekstur MPASI 8 bulan belum tumbuh gigi adalah telur yang dimasak dengan cara direbus kemudian dihaluskan atau cukup dicincang kasar. Selain telur, Bunda bisa berikan makanan rebus lain seperti kentang rebus, tahu rebus, dan lainnya.

6. Finger Food

Untuk mendorong kemampuannya makan sendiri, Bunda bisa menawarkan beragam finger food dalam menu MPASI. Pada usia 8 bulan, bayi mulai tertarik ke makanan padat dibandingkan hanya susu. 

Jadi Bunda bisa memberikan finger food untuk mengasah kemampuan menggenggam dan mengunyah si Kecil serta memperkenalkan tekstur yang berbeda. Jangan lupa saat makan finger food tetap diawasi untuk mencegah bayi tersedak. 

Contoh finger food (tanpa dihaluskan) yang bisa diberikan sebagai menu MPASI 8 bulan seperti wortel matang, pisang, apel potong, pepaya potong, telur rebus cincang, kentang rebus, pasta, roti panggang, daging ayam rebus. 

7. Selalu Penuhi Asupan Hidrasi si Kecil

Yang terpenting, ingatlah untuk tetap memastikan bayi terhidrasi! Saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat, mulailah menambahkan air untuk melengkapi menu MPASI-nya. 

ASI atau alternatifnya tetap harus menjadi sumber nutrisi utama bayi sebelum usia 12 bulan. Susu sapi sebaiknya tidak diperkenalkan sebelum bayi Anda berusia satu tahun.

Berikan Menu MPASI Terbaik untuk Penuhi Nutrisi si Kecil

Itulah Bunda beberapa ide menu MPASI untuk bayi 8 bulan yang belum tumbuh gigi, bisa jadi inspirasi tambahan sebagai asupan makanan sehat sehari-hari untuk si Kecil. Ingat ya Bunda, setiap bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda, termasuk dalam hal pertumbuhan giginya. Jadi, kini tak perlu cemas apabila gigi belum tumbuh pada usianya yang memasuki 8 bulan. 

Tetap perhatikan kebutuhan nutrisi dan reaksi bayi saat mulai diperkenalkan makanan padat. Siap menemani perjalanan Bunda menyiapkan dan memberikan menu MPASI lezat dan bergizi untuk si Kecil, Hegen menawarkan wadah MPASI terbaik yang terbuat dari material PPSU, BPA-free, dan food grade sehingga pasti aman digunakan.

Tersedia dalam berbagai ukuran, botol multi-purpose yang ada dalam jajaran produk unggulan Hegen ini bisa menyesuaikan takaran kebutuhan MPASI si Kecil. Selain bisa digunakan sebagai botol susu, Bunda bia mengganti bagian tutupnya untu menyimpan MPASI hingga ke botol minum dot sedotan yang memudahkan si Kecil.

Bunda bisa memperoleh produk seperti Hegen PCTO™ 60ml/2oz Breast Milk Storage PPSU 6 pack. Dilengkapi dengan tutup dengan fitur snap-on interchangeable yang bisa saling terhubung ke samping atau ditumpuk, sehingga penyimpanan MPASI bisa jadi lebih mudah dilakukan dan praktis.


Untuk mendapatkan dan mempelajari lebih lanjut tentang Hegen Multipurpose Breast Milk Container berbagai ukuran, cari tahu lebih lanjut di situs resmi Hegen Indonesia.


Referensi:

Haibunda.com. Menu MPASI 8 Bulan untuk Bayi Belum Punya Gigi, Bisakah DIberi FInger Food? https://www.haibunda.com/parenting/20210407230651-59-204468/menu-mpasi-8-bulan-untuk-bayi-belum-punya-gigi-bisakah-diberi-finger-food

Klikdokter.com. Bolehkah Memberi MPASI bagi Bayi yang Belum Tumbuh Gigi? https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kesehatan-bayi/bolehkah-memberi-mpasi-bagi-bayi-yang-belum-tumbuh-gigi