The Hegen Blog

5 Posisi Menyusui yang Benar, Jangan Ragu Mencobanya!

Fase menyusui menjadi salah satu fase paling intim yang dapat Bunda nikmati bersama dengan si kecil. Tidak hanya penting karena ASI mengandung semua nutrisi baik yang diperlukan buah hati, ternyata menyusui juga berdampak baik untuk Bunda, terlebih jika posisi menyusui yang benar diterapkan.

Untuk si kecil, jelas ASI akan memberikan segala nutrisi yang ia perlukan dalam masa awal kehidupan. Kandungan nutrisi pada ASI akan mencegahnya mudah terserang penyakit, mendukung perkembangan otak dan fisik si kecil, meningkatkan imun tubuh, dan mengurangi risiko munculnya alergi dan penyakit kronis.

Sementara untuk Bunda, manfaat menyusui dapat mengatasi rasa trauma pasca persalinan. Selain itu dapat meningkatkan kesehatan mental, serta mencegah risiko terjadinya kanker payudara dan ovarium. Tidak sedikit pula yang menyampaikan proses ini dapat menunda masa subur Bunda, sehingga dapat berkonsentrasi pada si kecil.

Dengan Posisi Menyusui yang Benar, Manfaat Berikut Juga akan Diperoleh

posisi menyusui yang benar

Proses menyusui sendiri menjadi hal yang alami terjadi antara Bunda dan si kecil. Meski tidak memiliki pengalaman sebelumnya, naluri keibuan seorang wanita akan muncul ketika memiliki buah hati. Tentu akan lebih baik jika dorongan alami ini juga didukung dengan informasi dan pengetahuan yang cukup terkait posisi menyusui yang benar.

Tapi sebenarnya kenapa posisi yang benar harus diterapkan?

Sebab dengan posisi yang ideal, setidaknya akan ada empat manfaat tambahan selain yang disebutkan di bagian awal tadi.

  • Pertama, meningkatkan kenyamanan Bunda dan si kecil sehingga momen ini semakin intim
  • Kedua, memastikan pelekatan yang baik dan mencegah masuknya udara yang terlalu banyak karena pelekatan kurang optimal
  • Ketiga, mencegah munculnya masalah menyusui (puting lecet, atau saluran ASI tersumbat)
  • Keempat, mengoptimalkan produk ASI baik dari segi kualitas dan kuantitasnya

Sangat menguntungkan bukan?

5 Posisi Menyusui yang Ideal untuk Bunda dan si Kecil

posisi menyusui yang benar

Sumber: Freepik via freepik.com

1. Posisi Cradle Hold

Pada posisi pertama ini, Bunda memposisikan si kecil menyamping di bagian lengan Bunda. Perut si kecil akan menempel pada perut Bunda, sehingga badannya melekat secara langsung.

Benefit dari posisi ini adalah paling mudah dilakukan, serta menjadi salah satu yang paling nyaman untuk si kecil. Namun demikian mungkin saja Bunda akan merasakan sensasi kurang nyaman jika proses persalinan dilakukan dengan cara caesar, atau memiliki ukuran payudara yang cenderung besar.

2. Posisi Cross-Cradle Hold

Posisi menyusui yang benar kedua adalah gendongan menyilang. Posisi ini mirip dengan cradle hold pertama tadi namun si kecil berada di lengan yang berlawanan dengan payudara yang digunakan untuk menyusui.

Kelebihan yang ditawarkan adalah adanya kontrol lebih baik pada kepala si kecil, dan sangat cocok untuk bayi baru lahir. Namun demikian Bunda yang memiliki ukuran payudara cenderung besar mungkin akan menemukan sedikit ketidaknyamanan dalam posisi ini.

3. Posisi Football Hold

Memang memiliki nama yang cukup unik, namun posisi ‘gendongan sepak bola’ ini memang sangat menyerupai namanya. Caranya adalah memposisikan si kecil di samping tubuh Bunda seperti tengah memegang bola, dan menyangga kepala si kecil dengan lengan Bunda.

Posisi ini cocok untuk Bunda yang melahirkan secara caesar atau memiliki payudara berukuran besar, sehingga memberikan akses yang lebih baik pada payudara. Namun demikian jika si kecil berukuran besar mungkin akan muncul sedikit ketidaknyamanan.

4. Posisi Side-Lying

Posisi keempat disebut dengan posisi tidur menyamping. Caranya mudah, bunda dan si kecil berbaring menyamping kemudian bagian perut si kecil menempel pada perut Bunda.

Kelebihan posisi ini adalah sangat nyaman untuk Bunda yang baru melahirkan atau merasa lelah. Bunda juga dapat menggunakan posisi ini untuk menyusui di malam hari. Namun sedikit tantangan akan muncul pada posisi si kecil. Sederhana, Bunda dapat menopang si kecil dengan bantal agar rasa nyaman yang diberikan maksimal.

5. Posisi Laid-Back

Terakhir adalah posisi setengah berbaring. Cara melakukan posisi ini adalah dengan duduk bersandar, dan si kecil berbaring di atas perutnya.

Si kecil dapat mengikuti naluri menyusu alami yang ia miliki, sehingga cocok dipraktekkan ketika si kecil memiliki kesulitan menyusu. Namun mungkin ada rasa kurang nyaman untuk Bunda dan si kecil yang yang berukuran tubuh cenderung besar.

Agar Posisi yang Dipilih Tepat, Coba Tips Berikut Ini

posisi menyusui yang benar

Dalam memilih posisi menyusui yang benar, Bunda sebenarnya tidak perlu bingung. Acuan yang digunakan cukup mudah, mulai dari kenyamanan, usia dan ukuran tubuh si kecil, dan berani melakukan percobaan pada masing-masing posisi yang ada.

Kenyamanan menjadi kuncinya, sehingga Bunda dan si kecil bisa melalui momen berharga ini dengan maksimal. Ketika ada rasa tidak nyaman yang Bunda rasakan, hal ini dapat menjadi indikasi posisi yang digunakan kurang tepat. Si kecil mungkin akan memberikan tanda berupa rengekan, atau gestur tubuh yang khas untuk hal ini.

Selanjutnya Bunda dapat menyesuaikan dengan usia dan ukuran tubuh si kecil. Diperlukan beberapa kali percobaan untuk mengetahui mana posisi paling nyaman. Tapi setelah Bunda mengetahuinya, proses ini akan berlangsung dengan jauh lebih mudah.

Mencoba posisi menyusui yang benar jadi hal yang sebaiknya dilakukan, namun dengan penuh kehati-hatian dan kecermatan. Selalu perhatikan posisi tubuh si keci, dan pastikan ia tetap nyaman dan aman.

Ketahui Beberapa Masalah yang Mungkin Muncul, Atasi dengan Baik

posisi menyusui yang benar

Sumber: Freepik via freepik.com 

Pada proses pencarian posisi yang benar dan nyaman, tidak menutup kemungkinan Bunda mengalami beberapa masalah umum yang sering terjadi.

Masalah-masalah ini muncul karena satu dan lain hal, yang sebenarnya dipicu oleh hal sepele. Penjelasan singkat tentang masalah yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Puting lecet, dapat dipicu karena pelekatan yang tidak tepat atau kondisi kulit terlalu kering. Bunda dapat menggunakan krim puting jika perlu, dan memastikan pelekatan mulut si kecil dengan puting benar-benar pas
  • Saluran ASI yang tersumbat, dapat dipicu karena proses menyusui yang tidak tuntas, kurangnya menjaga kebersihan, atau payudara terlalu ‘dingin’. Untuk mengatasinya Bunda dapat memberikan pijatan lembut secara teratur sebelum dan setelah menyusui, atau mengompres hangat bagian payudara
  • Si kecil tidak mau menyusu, dapat disebabkan karena posisi yang kurang nyaman, si kecil sudah kenyang, atau mungkin si kecil mengantuk. Jadi pastikan ketiga hal ini sudah ideal sebelum menyusuinya, dan pahami gestur lapar yang ditunjukkan si kecil

 

Memperoleh posisi menyusui yang tepat mungkin saja memerlukan waktu, namun hal ini bukan menjadi sebuah halangan untuk Bunda memberikan nutrisi terbaik pada si kecil melalui ASI. Tentu, proses belajar perlu dilakukan. Namun didorong dengan naluri keibuan yang Bunda miliki, prosesnya akan berjalan cepat dan tepat.

Informasi dalam artikel ini semoga dapat menjadi insight yang berguna untuk Bunda sehingga dapat menemukan posisi yang tepat dengan cepat. Jika memang memerlukan bantuan, Bunda dapat mengunjungi konselor laktasi guna mendapatkan informasi dan rekomendasi yang lebih valid, sesuai dengan kondisi yang Bunda miliki. Alternatif lain juga terbuka untuk menggunakan breast pump, demi menjamin asupan ASI yang Bunda berikan mencukupi kebutuhan si kecil sembari mencari posisi yang paling nyaman.

Posisi menyusui yang benar mungkin berbeda antara Bunda dan orang lainnya. Namun untuk pilihan produk breast pump yang berkualitas, Hegen selalu menjadi jawaban untuk semua Bunda yang memerlukan. Tersedia dalam dua varian, breast pump model elektrik dan model manual, Bunda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan selalu memberikan yang terbaik untuk si kecil, dan percayakan produk baby care handal pada Hegen untuk setiap fase tumbuh kembang buah hati kesayangan Bunda!

 

 

Referensi:

  • Philips. Sakit Saat Menyusui: Bagaimana Cara Mengatasinya. https://www.philips.co.id/id/c-e/mo/panduan-orang-tua/memberi-asi/tips-mengatasi-masalah-dalam-menyusui.html.
  • Hello Sehat. 10 Masalah Ibu Menyusui Beserta Cara Mengatasinya yang Tepat. https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/masalah-ibu-menyusui/.
  • Prenagen. 5 Masalah Umum Ibu Menyusui dan Cara mengatasinya. https://www.prenagen.com/id/masalah-umum-dan-solusi-untuk-ibu-menyusui.
  • RSUD Bendan. CARA MENYUSUI YANG BENAR. https://rsudbendan.pekalongankota.go.id/berita/cara-menyusui-yang-benar.html.
  • Siloam Hospitals. Ini 7 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir, Ibu Wajib Paham!. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/posisi-menyusui-bayi-baru-lahir.
  • Halodoc. Ibu, Ini 4 Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Bisa Dicoba. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ini-4-posisi-menyusui-bayi-baru-lahir-yang-bisa-dicoba.
  • UNICEF. Common breastfeeding positions. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/breastfeeding-positions.
  • UPK Kemenkes. Ketahui Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi dan Ibu. https://upk.kemkes.go.id/new/ketahui-manfaat-asi-eksklusif-bagi-bayi-dan-ibu.