The Hegen Blog

8 Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak, Cermati Detailnya

Memperhatikan kesehatan ibu dan anak menjadi isu yang penting, dan wajib menjadi prioritas setiap keluarga. Ketika Bunda dan si kecil sehat, maka tumbuh kembang si kecil baik dari segi fisik dan psikis akan berjalan secara optimal.

Seperti yang Bunda ketahui, sistem kekebalan bayi baru lahir masih dalam tahap perkembangan, dan cukup rawan terkena gangguan kesehatan. Di waktu yang sama, kondisi psikis Bunda selepas melahirkan juga wajib dijaga, sehingga baby blues yang terjadi tidak terlalu parah dan tidak sampai membawa efek berlebihan pada interaksi intim Bunda dan si kecil.

Beberapa tips menjaga kesehatan ibu dan anak di bawah ini dapat Bunda coba terapkan, dan sangat direkomendasikan agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan langkah terbaiknya.

1. Memberikan Vaksin Lengkap

Vaksin menjadi hal yang mutlak diperlukan untuk bayi baru lahir. Sederet vaksin yang wajib diberikan dapat didapatkan di rumah sakit tempat Bunda bersalin, dengan rekomendasi dokter terkait yang menangani hal ini.

Vaksin dapat membantu si kecil terhindar dari berbagai risiko penyakit yang dapat mengganggu tumbuh kembang bahkan membahayakan keselamatannya. Jadi dengan vaksin, si kecil akan memiliki daya tahan tubuh lebih baik pada berbagai jenis ancaman kesehatan.

2. Pakaian Hangat dan Berbahan Lembut

kesehatan ibu dan anak

Memakaikan pakaian hangat dan berbahan lembut bisa membantu Bunda dalam menjaga suhu badan si kecil. Kulitnya yang masih tipis belum mampu memberikan perlindungan pada suhu terlalu dingin yang ada, sehingga pakaian yang hangat jadi hal yang direkomendasikan.

Tapi ingat, jangan lapisi terlalu banyak karena justru bisa membuat si kecil berkeringat, merasa kepanasan, bahkan dehidrasi. Jadi tetap jaga pada titik secukupnya.

3. Cuci Tangan Rutin

Tidak hanya berlaku untuk Bunda saja, tapi untuk semua anggota keluarga yang ada di rumah. Kesehatan ibu dan anak dapat didukung dengan kegiatan sederhana ini. Karena tangan secara praktis adalah bagian tubuh yang paling aktif dalam berkegiatan, maka risikonya untuk memindahkan virus, bakteri, atau zat negatif lain menjadi semakin besar.

Menerapkan kebiasaan sederhana ini bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan anak selama di dalam rumah, dan partisipasi anggota keluarga menjadi hal yang mutlak dilakukan.

4. ASI Eksklusif

kesehatan ibu dan anak

Seperti menjadi pemahaman umum bahwa ASI eksklusif sebaiknya diberikan hingga si kecil berusia 6 bulan, menyusui dapat berdampak baik pula untuk Bunda. Ketenangan, kontak fisik secara langsung, dan waktu intim bersama si kecil dapat membantu menjaga stabilitas mental dan menjaga Bunda tetap dalam keadaan hati yang baik dan terhindar dari stres.

Di waktu bersamaan, Bunda perlu mengkonsumsi makanan bernutrisi untuk dapat memproduksi ASI yang berkualitas untuk si kecil. Sebuah win-win solution untuk kesehatan Bunda dan si kecil bukan?

5. Pastikan Tetap Terhidrasi

Selalu cermati tingkat hidrasi si kecil. Hidrasi sendiri akan mendukung kerja selaput lendir dan saluran pernapasannya, yang berperan besar untuk kesehatan. Bunda dapat menjaga tingkat hidrasi dengan ASI, susu formula yang direkomendasikan dokter, atau cairan lainnya.

Fenomena ngompol adalah hal yang wajar, dan justru dapat menjadi acuan bahwa ia terhidrasi dengan baik. Jika ia buang air kecil dalam jumlah yang ideal, maka tandanya si kecil memiliki tingkat hidrasi yang baik.

6. Lepas Alas Kaki saat Masuk ke Rumah

kesehatan ibu dan anak

Tips berikutnya untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang masih berusia sangat muda adalah dengan melepas alas kaki saat masuk rumah. Meski hal ini adalah pengetahuan umum, tapi masih ada beberapa golongan masyarakat yang tidak menghiraukannya.

Alas kaki yang digunakan dari luar rumah jelas membawa kotoran dan kuman. Dengan melepasnya di luar area rumah, maka kotoran ini tidak akan masuk ke dalam rumah.

7. Perhatikan Udara di Rumah

Penting untuk menjaga suhu udara tetap kondusif agar si kecil dan Bunda merasa nyaman. Tapi yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan kualitas udara yang ada di dalam rumah juga terjaga dalam kondisi bersih.

Lakukan pembersihan pada air conditioner atau air purifier yang digunakan di dalam rumah, sehingga benar-benar bisa menjaga kualitas udara yang ada.

8. Gunakan Peralatan Baby Care yang Berkualitas

kesehatan ibu dan anak

Dalam mengurus si kecil Bunda jelas akan membutuhkan banyak peralatan baby care. Hal ini diperlukan misalnya saja dalam memompa ASI atau menyimpan ASI. Untuk itu, Bunda wajib menggunakan perlawatan yang berkualitas, sehingga ASI yang diberikan pada si kecil tetap terjaga kondisinya.

Rekomendasi Produk dari Hegen

Hegen memahami benar bahwa kesehatan ibu dan anak jadi hal yang wajib diprioritaskan. Sederet produk baby care dari Hegen ini dapat Bunda jadikan opsi menarik untuk digunakan, dalam rangka memaksimalkan upaya menjaga kondisi tetap fit.

Hegen Bottle Brush & Teat Cleaner

kesehatan ibu dan anak

Didesain dengan ergonomis untuk membantu Bunda membersihkan botol dot dan berbagai peralatan lainnya, bulu sikat ini ekstra lembut dan dapat dilepas dengan mudah untuk diganti dengan bulu yang baru. Produk ini telah disterilkan, sehingga dapat digunakan secara langsung.

Hegen Straw Brush (2-Pack) New

kesehatan ibu dan anak

Produk ini sendiri adalah salah satu kelengkapan yang sebaiknya Bunda miliki, karena dapat membantu Bunda dalam membersihkan straw sprout yang digunakan pada feeding bottle atau botol minum Hegen.

Praktis, mudah digunakan, dan terjamin kehigienisannya, produk ini memiliki persediaan yang terbatas karena antusiasme Bunda dalam menjamin kebersihan setiap peralatan baby care untuk si kecil. Bunda dapat memperolehnya dengan mengklik tautan berikut ini. 

Hegen PCTO 150ml/5oz Feeding Bottle PPSU

Produk ini dapat membantu Bunda dalam memberikan ASI pada si kecil, atau susu formula ketika usianya sudah mencukupi nanti. Dengan desain yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan Bunda dan si kecil, produk botol dot ini akan memberikan kenyamanan optimal.

Hegen PCTO 330ml/11oz Drinking Bottle PPSU (Blue)

kesehatan ibu dan anak

Hadir dengan tampilan terbarunya, botol ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan Bunda dan si kecil.

 

Setiap produk botol yang dimiliki Hegen dibuat dengan menggunakan material PPSU atau Polyphenylsulfone, yang mengkombinasikan kelebihan kaca dan plastik dalam satu produk yang sama. Telah lolos pengujian dari FDA dan dijamin bebas BPA, produk Hegen siap digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas Bunda.

Hegen paham benar bahwa kesehatan ibu dan anak adalah hal yang penting, maka dari itu Hegen hadir dengan berbagai produk berkualitas yang aman untuk digunakan. Segera temukan produknya sekarang di situs resmi Hegen, dan pastikan Bunda mendapat produk terbaik untuk setiap fase tumbuh kembang si kecil!


Referensi: 

    1. Dekoruma. Jaga Kesehatan Ibu dan Anak Setelah Melahirkan, Ikuti 5 Tips Ini. https://www.dekoruma.com/artikel/87368/tips-menjaga-kesehatan-ibu-dan-anak 

    2. Alodokter. Bunda, Yuk Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak di Sini. https://www.alodokter.com/bunda-yuk-ketahui-cara-menjaga-kesehatan-ibu-dan-anak-di-sini 

    3. Genbest. 5 Tips Menjaga Kesehatan Bayi Baru Lahir. https://genbest.id/articles/5-tips-menjaga-kesehatan-bayi-baru-lahir 

    4. itsmyhealth. 12 tips for keeping your newborn healthy. https://www.itsmyhealthinsurance.com.au/advice/12-tips-for-keeping-your-newborn-healthy/