The Hegen Blog

Kapan Bayi Dikenalkan Dot? Perhatikan Waktu yang Tepat!

Kapan bayi dikenalkan dot? Proses pengenalan dot susu pada bayi bisa dimulai sejak baru lahir atau newborn. Bayi baru lahir secara alami dapat belajar menyusui yang didukung posisi perlekatan pada puting ibu sudah tepat. 

Menyusui langsung sangatlah penting dalam menjalin ikatan cinta antara ibu dan bayi. Memang tidak ada yang menandingi pemberian susu sealami menyusui langsung.

Namun karena beberapa alasan, sebagian ibu yang harus kembali bekerja atau sedang dalam bepergian misalnya, memilih untuk memperkenalkan dot bayi. Agar proses mengASIhi tetap optimal, ketahui dulu kapan waktu yang tepat bayi mulai bisa menggunakan dot. 

Waktu yang Tepat Kapan Bayi Dikenalkan Dot

Dilansir dari laman Huckleberry Care, dot dapat diperkenalkan sejak lahir pada bayi dalam kondisi sehat dan sudah diberikan ASI terlebih dahulu. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk menunggu hingga bayi sudah bisa menerima ASI langsung dari ibu. 

Sementara dalam American Academy of Pediatric Dentistry’s (AAPD) 2022 Policy on Pacifiers, membuktikan bahwa memberikan dot sebelum bayi bisa melekat dengan baik, tidak berdampak negatif terhadap durasi menyusunya.

Sebenarnya kapan bayi dikenalkan dot? AAP saat ini merekomendasikan bagi orang tua untuk menunggu waktu yang tepat dalam memperkenalkan dot sampai proses menyusui langsung sudah mapan. Ini waktunya dapat berbeda antara satu ibu-bayi dan ibu-bayi lainnya.

Tanda-tanda pemberian ASI dianggap berhasil di antaranya seperti ibu memiliki persediaan ASI yang cukup; bayi mampu melakukan pelekatan secara konsisten dan nyaman; serta berat badan bayi bertambah dengan tepat.

Jika Bunda mulai memperkenalkan dot pada bayi baru lahir (usia 0-3 bulan), pastikan ia sudah harus belajar cara melekat, menghisap, dan menelan ASI dengan baik sebelum ngedot. 

Baru setelah bayi berusia sekitar 3-4 minggu, bayi sudah bisa dikenalkan dot khusus untuk bayi baru lahir. Jenis dot ini memiliki laju aliran alami sehingga bayi nyaman saat menyusu. 

Pada saat usia bayi menginjak 3-6 bulan, bayi sudah lebih mahir menyusu dari botol dot. Bunda bisa mengganti dot extra slow flow dengan dot laju aliran sedang (medium flow) untuk menyemimbangkan kecepatan menyusu dan nafsu makannya yang ikut meningkat.

Lalu pada usia bayi 6 bulan ke atas, si Kecil mulai bisa mengonsumsi makanan padat (solid food) selain ASI atau susu formula. Pada fase ini, bayi masih memakai dot dengan laju aliran susu yang cepat (fast flow). Mereka juga bisa mulai diperkenalkan dengan sippy cup untuk minum susu atau air putih. 

Pilihan Dot Bayi Hegen yang Cocok untuk Bayi yang Baru Dikenalkan dengan Dot

Setelah tahu waktu yang tepat kapan bayi dikenalkan dot, kini waktunya orang tua memilihkan produk dot terbaik untuk diberikan pada si Kecil. Memperkenalkan dot berkualitas dan tahan lama kepada bayi menjadi langkah penting dalam perjalanan menyusui mereka. 

Dengan langkah dan pendekatan yang tepat, dot bisa berperan penting dalam pemberian nutrisi lengkap untuk si Kecil sejak awal kehidupannya hingga mengiringi tumbuh kembangnya di masa keemasan ini. Rekomendasi dari kami adalah Hegen Extra Slow Flow Teat (2-Pack) dan Hegen PCTO™ 60ml/20z Feeding Bottle PPSU

Teat dari Hegen terbuat dari material silikon yang aman dan nyaman digunakan si Kecil saat menyusu dengan dibekali kemampuan tahan suhu hingga 110 derajat. 

Bentuk puting dot Hegen sangat menyerupai bentuk asli nipple ibu, oleh karenanya tidak membuat bayi bingung puting dan proses transisi DBF ke menyusui dengan dot dapat berjalan mulus.

Bentuk dot Hegen dirancang asimetris dengan kemiringan 20 derajat, yang mana hal ini dapat mengurangi risiko aliran balik susu yang bisa menyebabkan infeksi telinga.

Canggihnya, dot anti kolik Hegen dirancang dengan smart built-in air vent system yang bertujuan meminimalisasi udara berlebihan yang masuk saat menyusu. Keuntungannya mencegah bayi alami gangguan pencernaan, tersedak, hingga komplikasi di bagian tengah telinga, serta mencegah ASI cepat menggelembung dan mengalami oksidasi. 

Saat masih newborn, si Kecil bisa mulai diperkenalkan dot khusus newborn dengan aliran extra slow. Kemudian seiring dengan bertambahnya usia, Bunda bisa mengganti dot sesuai dengan usia dan kebutuhannya. 

Dapatkan dot Hegen yang dijual satu bundle dengan Feeding Bottle ataupun yang dijual terpisah, jadi kapan pun Bunda bisa mengganti ukuran dot yang diinginkan. Rekomendasi kami, untuk keamanan, disarankan mengganti dot setiap 3 bulan atau jika ada tanda-tanda dot sudah aus.

Apa saja ukuran dot Hegen untuk bayi?

Dot Hegen terdiri dari 5 varian ukuran yang ditandai dengan angka dan setiap dot hanya memiliki satu lubang. 

Varian dot mulai dari 0 untuk bayi 0 bulan/newborn dengan extra slow flow; 1 untuk bayi 1-3 bulan dengan slow flow; 2 untuk bayi usia 3-6 bulan dengan medium flow; 3 untuk bayi 6 bulan ke atas dengan fast flow; dan y untuk pemberian cairan susu kental. 

Karena setiap bayi menyusu dengan cara berbeda, jangan ragu untuk menanyakan kepada kami jika memerlukan bantuan lebih lanjut dalam memilih dot bayi yang tepat sesuai usia si Kecil. 

Yuk Bunda, segera dapatkan dan check out dot terbaik untuk si Kecil hanya dengan mengklik lin berikut ini.


Referensi

Huckleberrycare.com. When to introduce a pacifier: Can babies sleep with pacifiers? https://huckleberrycare.com/blog/when-to-introduce-a-pacifier-tips-and-tricks