The Hegen Blog

6 Kriteria Memilih Dot Anak Terbaik, Nutrisi Hariannya Optimal

Dot menjadi salah satu produk baby care yang paling banyak dibutuhkan bayi agar bisa menyusu dari botol. Pemilihan dot anak yang baik dan berkualitas tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan si Kecil selama menyusu. Sebelum membeli produk dot anak yang membantu si Kecil menyusu dari botol, orang tua perlu memahami jenis-jenis, kriteria, serta keunggulan produk dot Hegen. 

Jenis-Jenis Dot Anak di Pasaran

Terlihat sekilas memang dot anak hampir sama semua jenisnya. Namun jika Bunda perhatikan dengan lebih cermat, dot secara bentuk dan bahan pembuatnya bisa berbeda-beda lho, apalagi fitur-fitur yang dimilikinya. Sebelum memilihkan dot yang terbaik untuk anak, kenali berbagai jenis dot yang umumnya dijual di pasaran.

1. Dot Standar

Dot standar biasanya terbuat dari material karet atau silikon dengan bentuk dot paling menyerupai puting susu alami ibu. Jenis dot standar mempunyai beberapa ukuran serta laju aliran yang beda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Meskipun relatif lebih mahal, namun dot silikon lebih tahan lama dan awet dibanding dot karet. Dot dari material silikon selain lentur juga gampang dibersihkan, tahan suhu tinggi, serta tidak berisiko akibatkan alergi. Jadi, memilih dot silikon sangat worth it karena menjadi long term investment untuk si Kecil. 

2. Dot Anti Kolik

Jenis dot ini dibuat khusus untuk mencegah terjadinya risiko kolik pada bayi. Dot ini dilengkapi dengan sistem ventilasi yang mencegah udara ikut masuk dan tertelan oleh bayi saat menyusu, sehingga bayi tidak tersedak, kembung, dan lainnya.

3. Dot Peristaltik

Desain dari dot peristaltik ditujukkan untuk bisa meniru gerakan alami lidah bayi saat ia menyusui. Dengan kemudahannya membantu pergerakan peristaltik yang optimal untuk pemrosesan makanan pada mulut bayi.

4. Dot Botol Leher Lebar

Dot botol leher lebar memiliki bentuk yang menyerupai payudara ibu untuk membantu si Kecil bertransisi dari menyusu langsung ke botol dot dengan lebih mulus. 


Tak Bisa Sembarangan, Begini Kriteria Pemilihan Dot yang Baik

1. Dot Terbuat dari Bahan Aman

Memilih dot yang baik untuk anak pertama kalinya harus memperhatikan jenis bahan yang aman, seperti silikon atau karet medis. Selain itu, pastikan juga bahwa material dot sudah berlabel BPA free sehingga kesehatan si Kecil semakin terjamin.

2. Perhatikan Bentuk dan Desain Dotnya

Pilihlah jenis dot yang sangat nyaman digunakan oleh bayi saat menyusu. Mungkin ada bayi yang lebih suka memakai dot dengan bentuk paling mirip dengan puting ibu atau dot dengan leher lebar. Untuk mendukung proses transisi bayi memakai botol dot, Bunda perlu memilih bentuk dot yang mirip dengan nipple asli ibu agar bayi tidak bingung puting. 

dot anak

3. Utamakan Memilih Dot Anti Kolik 

Dot yang dilengkapi teknologi smart built-in air vent system, meminimalisasi udara dalam susu agar tidak ikut masuk saat bayi menyusu. Udara bisa memicu oksidasi nutrisi berharga dalam ASI. Dengan dot anti kolik ini, maka asupan udara berlebihan bisa dikurangi sehingga bayi bebas dari tersedak, kembung, dan sakit perut.

4. Pilih Dot sesuai Usia Bayi dan Kebutuhannya

Setiap produk bayi tersedia dalam berbagai jenis ukuran dan laju aliran susu yang bervariasi. Maka pilihlah dot anak yang paling sesuai dengan kategori usianya. Bayi baru lahir cocok memakai dot dengan aliran lambat, sedangkan bayi yang mulai beranjak besar cocok dengan dot aliran sedang hingga cepat. 

5. Selalu Uji Kualitas dan Kelayakan Dot

Sebelum membeli dot anak, sebaiknya uji dahulu kualitas dotnya. Pastikan pada permukaan dot tidak ada retakan atau kerusakan yang bisa membahayakan bayi. Demi alasan keselamatan dan kebersihan, sesuai rekomendasi standar internasional, gantilah produk dot silikon dan segelnya setiap 3 bulan. 

6. Dot Mudah untuk Dibersihkan

Belilah dot yang paling mudah dibersihkan dan bisa disterilkan agar lebih awet dan higienis. Dot tertentu ada yang sulit dibersihkan karena memiliki sudut atau bagian yang sulit dijangkau, sehingga lebih berisiko jadi tempat berkembangnya bakteri. 

Fitur dan Keunggulan Dot Bayi dari Hegen

Mengapa harus memilih botol Hegen? Ada begitu banyak manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh hegen. Mari sebutkan satu per satu keunggulan produk dot Hegen!

  • Semua botol Hegen terbuat dari PPSU (Polyphenylsulfone), bahan yang memenuhi standar FDA yang menggabungkan keunggulan bahan kaca dan plastik, menjadikannya bebas BPA dan ringan saat digunakan.
  • Teat Hegen terbuat dari material silikon yang aman dan nyaman digunakan si Kecil saat ngedot.
  • Off-centre teat. Posisi puting dot tidak berada di tengah untuk meniru payudara ibu.
  • Dot Hegen menyerupai bentuk nipple asli yang membantu bayi tidak bingung puting dan mendapat pengalaman mirip dengan menyusui secara langsung.
  • Dot memanjang untuk memungkinkan gerakan susu mengalir secara alami masuk ke mulut bayi.
  • Awet dan tahan suhu hingga 110 derajat Celcius, sehingga aman saat disterilisasi.
  • Inovasi Press-to-Close, twist-to-Open atau PCTO, memungkinkan tutup botol ditekan untuk menutup dan membukanya dengan cara diputar selama 2 detik tanpa ada tumpahan ASI.
  • Dot anak dari Hegen dilengkapi dengan teknologi smart built-in air vent system. Ini mengurangi asupan udara yang berlebihan untuk melindungi si kecil dari sakit perut dan mencegah ASI menggelembung akibat proses oksidasi.
  • Teat Hegen dirancang asimetris dengan kemiringan 20 derajat untuk mengurangi risiko aliran balik susu serta pertumbuhan gigi dan rahang yang tidak normal akibat posisi menyusui yang terlalu maju. 
  • Dot super lembut dari Hegen memungkinkan posisi menyusui tegak alami, mirip dengan menyusui dari payudara ibu. Risiko aliran balik ASI tidak yang bisa menyebabkan komplikasi di bagian tengah telinga bisa dicegah. 
  • Dot Hegen dirancang untuk menciptakan aliran alami, cara cairan menetes persis seperti tetesan puting ibu.
  • Terdapat lima pilihan laju aliran susu yang bisa disesuaikan berdasarkan usia dan tahap perkembangan bayi. Mulai dari dari extra slow flow untuk bayi newborn slow flow, medium flow untuk bayi 3-6 bulan,  fast flow untuk bayi di atas 6 bulan hingga thick feed untuk cairan susu yang kental). 
  • Terakhir, dot anti kolik Hegen terintegrasi dengan putingnya sehingga mudah dipakai dan dicuci secara menyeluruh di semua bagiannya yang lembut dan sedikit celah. 

Rekomendasi Produk Dot Anak Berkualitas dari Hegen Indonesia

dot anak

Untuk kebutuhan asupan harian susu si kecil mulai dari usia 0 bulan sampai 6+ bulan, Bunda bisa memilih produk botol minum bayi yang tersedia dalam berbagai ukuran 60ml, 150ml, dan 240ml. 

teat dari Hegen, terbuat dari material silikon yang aman dan nyaman digunakan si Kecil saat menyusu serta tahan suhu hingga 110 derajat. 

Bunda bisa memilih botol minum susu dari Hegen berdasarkan usia si kecil, ya. Teats dari Hegen memiliki variasi deras aliran ASI yang bisa disesuaikan dengan usia bayi, mulai dari extra slow flow, slow flow, medium flow, hingga fast flow.

  • 0 untuk extra slow flow (0 bulan/newborn baby)
  • 1 untuk slow flow (bayi 1-3 bulan)
  • 2 untuk medium flow (bayi 3-6 bulan)
  • 3 untuk fast flow (bayi 6 bulan ke atas)
  • y untuk thick feed (untuk cairan susu kental)

Sebagai catatan, Semua dot Hegen hanya memiliki satu lubang, dengan laju aliran setiap dot ditentukan oleh ukuran lubang. 

Yuk segera miliki dot anak berkualitas untuk menemani perjalanan menyusui Bunda hanya di situs resmi Hegen Indonesia. Grab yours now!


Referensi:

NCT. What bottles and teats do you need for babies? https://www.nct.org.uk/baby-toddler/feeding/practical-tips/what-bottles-and-teats-do-you-need-for-babies