The Hegen Blog

12+ Cara Menghilangkan Bekas Susu di Dot, Praktis & Higienis

Dalam fase menyusui sang buah hati, memberikan minum ASI memakai botol dot mungkin menjadi rutinitas sehari-hari yang dilakukan Bunda. Untuk menjamin kebersihan dan keamanannya, setiap kali selesai dipakai ngedot, Bunda wajib mencuci hingga benar-benar bersih agar awet dan higienis. Karena dot dipakai berulang-ulang, lalu bagaimana cara menghilangkan bekas susu di dot yang benar? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Perkiraan Berapa Lama ASI Bertahan di Dot

Setelah proses pumping, ASIP bisa langsung diberikan kepada bayi atau bisa disimpan dahulu dan botol ASI jika tidak langsung diminumkan. Sebagai pengetahuan dasar, berapa lama ASI bertahan di dot saat disimpan pada suhu ruang maupun di lemari pendingin?

Pertama-tama, waktu berapa lama ASI bertahan di dot bergantung pada suhu tempat penyimpanan. Botol ASI yang ditutup rapat dan diletakkan di suhu ruang sekitar 25°C, ASI bisa bertahan hingga 4 jam. 

Untuk ASI yang disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 4°C, ASI bisa bertahan sekitar 4 hari. Sementara ASI yang disimpan dalam kotak pendingin atau cooler bag, bisa bertahan hingga 24 jam. Untuk penyimpanan jangka panjang di dalam freezer bersuhu -18°C, ASI bisa bertahan hingga enam bulan lamanya. 

ASIP yang sudah dibekukan dan hendak dicairkan kembali, maka setelah cair harus segera diberikan kepada bayi tidak lebih dari dua jam karena bayi berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Catatan penting, setelah ASI dicairkan, ASI yang tersisa tidak bisa dibekukan kembali. Kalau dibiarkan lebih dari 2 jam, ASI sisa harus dibuang, ya.

Langkah-Langkah Cara Menghilangkan Bekas Susu di Dot

Dalam proses mencuci botol dot, tentunya harus dilakukan sampai benar-benar bersih dan tinggal meninggalkan bekas susu yang bisa jadi kerak. Untuk menghilangkan bekas susu di dot, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum mencuci dot bayi, cuci tangan sampai bersih terlebih dahulu memakai sabun dan air mengalir selama 20 detik. Gosok bagian telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari secara merata.
  2. Siapkan air panas, baskom, sikat pembersih khusus botol khusus, dan sabun/cairan pembersih khusus botol bayi. 
  3. Lepas semua komponen yang menempel pada dot bayi.
  4. Gunakan deterjen khusus botol bayi dan Hegen Bottle Brush and Teat Cleaner. Kombinasi pembersihan ini membantu memecah lemak susu dan membantu menghilangkan noda yang menempel di dot.
  5. Bersihkan dot sesegera mungkin untuk mencegah noda membandel. Jika noda atau kerak sudah lama ada, mungkin akan lebih sulit dihilangkan. 
  6. Caranya dengan merendam dot bayi ke dalam baskom berisi air panas dan beberapa tetes sabun pembersih untuk memudahkan menghilangkan bekas susu yang menempel.
  7. Gosok permukaan dot yang ada bekas susu dengan sikat khusus sampai benar-benar bersih. Apabila sikat pembersih dot tidak bisa menjangkau celah yang terlalu kecil, gunakan cotton bud.
  8. Untuk membersihkan lubang dot, alirkan air melalui lubang dot sampai bersih.
  9. Setelah semua kotoran sisa dan lemak susu yang ada di dot sudah hilang, lalu bilas dot bayi dengan air mengalir hingga dipastikan sudah bersih.
  10. Letakkan dot bayi yang sudah dicuci bersih di atas handuk atau kain bersih. Tunggu sampai mengering dan simpan dot di tempat yang bersih dan rapat.
  11. Apabila sabun atau cairan pembersih khusus tidak mampu menghilangkan bekas susu di dot, coba tambahkan cuka pada air panas dalam baskom sebelum perendaman dot. Gunakan sabun untuk menghilangkan bau cuka. 
  12. Untuk mencegah bekas susu menempel di dot sebenarnya cukup mudah. Setiap kali akan menghangatkan susu yang disimpan dalam freezer, kocok dulu isi botol untuk memastikan susu tercampur rata. Selain itu, setiap kali dot selesai digunakan, segera dicuci hingga bersih. 

Pilihlah SIkat Pembersih Botol Dot dari Hegen

Untuk memaksimalkan cara membersihkan dot bayi yang berkerak, Bunda sebaiknya menggunakan sikat pembersih khusus yang berkualitas seperti HEGEN BOTTLE BRUSH & TEAT CLEANER.

Didesain secara ergonomis untuk memaksimalkan pembersihan yang effortless. sikat botol dan pembersih dot dari Hegen terbuat dari bulu nilon lembut yang aman untuk semua jenis bahan botol.

Kuas pembersih yang user-centric bisa digunakan untuk menyikat semua bagian botol dan dot hingga celah-celahnya. Ujung pegangan sikat berusuk TPE yang ekstra lembut dan dapat dilepas untuk membersihkan dot dan tempat lain yang sulit dijangkau. Ini penting untuk memastikan kebersihan menyeluruh dan risiko kerusakan seminimal mungkin.

Menariknya, sikat botol dan pembersih dot dari Hegen bisa disterilkan dengan uap dan UV


Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan bekas susu di dot dengan praktis dan anti ribet. Kapan pun Bunda bisa membersihkan botol bayi dan si Kecil bisa menggunakan botol dot kesayangannya dengan aman dan nyaman. 

Cek sekarang produknya dan belanja online hanya di situs resmi Hegen Indonesia untuk mendapatkan sikat pembersih dot dan perlengkapan bayi lainnya!


Referensi

  • How do I remove milk or oil stains in bottles and teats? - Hegen. https://support.hegen.com/hc/en-us/articles/5542594513423-How-do-I-remove-milk-or-oil-stains-in-bottles-and-teats.
  • How do I remove odour or milk stains from the Silicone Disc? – Hegen. https://support.hegen.com/hc/en-sg/articles/5588982475151-How-do-I-remove-odour-or-milk-stains-from-the-Silicone-Disc.
  • How do I remove milk or oil stains in bottles and teats? – Hegen. https://support.hegen.com/hc/en-sg/articles/5542594513423-How-do-I-remove-milk-or-oil-stains-in-bottles-and-teats.