The Hegen Blog

Begini Cara Melunakkan Dot Bayi yang Terlanjur Keras


Mengurus dan mendampingi si kecil di setiap fase tumbuh kembangnya jadi sebuah kewajiban yang seru untuk Bunda, lantaran banyak sekali hal baru yang mungkin akan muncul. Salah satu tantangan datang dari produk dot bayi yang digunakan, yang terkadang bertekstur keras sejak di beli atau seiring penggunaan. Beberapa cara melunakkan dot bayi dapat Bunda cermati di sini.

Seperti yang Bunda sudah pahami, bahwa kondisi fisik si kecil di masa awal kehidupannya cenderung masih lemah. Tumbuh dan berkembang seiring pertambahan usia, si kecil perlu asupan nutrisi optimal dan gangguan kesehatan seminimal mungkin agar dapat mencapai tahap yang ideal.

Mari Cermati Dulu 5 Penyebab Dot Bayi Keras

Cara melunakkan dot bayi

Secara umum, dot bayi akan dibuat dari bahan silikon yang lembut dan kenyal sehingga mirip dengan tekstur puting alami. Namun demikian hal ini tidak bisa selalu diharapkan, sebab ada pula jenis dot yang memang kurang berkualitas dan memiliki karakter bawaan keras.

Beberapa penyebab dot bayi keras adalah sebagai berikut.

  • Pertama, produk yang kurang berkualitas sehingga menggunakan silikon atau material lain bermutu rendah. Tentu Bunda sebaiknya menghindari produk seperti ini, sebab dapat membuat si kecil merasa tak nyaman dan bahkan sariawan
  • Kedua, sisa ASI atau susu formula yang menempel pada bagian dalam dot dan gagal dibersihkan dengan sempurna. Sisa ini bisa menjadi residu, dan membuat bagian dalam dot menjadi keras bahkan mengikisnya
  • Ketiga, proses mencuci yang kurang sempurna dengan sabun dan peralatan cuci yang ideal. Hal ini dapat memicu adanya endapan sisa cairan yang semakin tebal seiring berjalannya waktu dan menjadi kerak
  • Keempat, masa pakai dot memang telah mencapai akhirnya dan sudah waktunya mengganti dot yang digunakan si kecil. Secara ideal, Bunda perlu mengganti dot yang digunakan si kecil, baik karena si kecil sudah semakin bertambah usia, atau dot yang digunakan sudah mencapai masa akhir penggunaan
  • Kelima, dot bayi berada dalam suhu yang dingin sehingga mengeras dan kurang nyaman digunakan

Lalu Bagaimana Cara Melunakkan Dot Bayi yang Mengeras?

Cara melunakkan dot bayi

Ketika dot bayi akan digunakan, jelas sebaiknya berada dalam kondisi yang ideal dan siap pakai. Selain agar si kecil dapat menggunakannya dengan nyaman, juga agar semua nutrisi baik dalam ASI atau susu formula dapat masuk ke tubuh si kecil dengan optimal.

Beberapa cara melunakkan dot bayi yang terlanjur mengeras dapat Bunda lihat dalam penjelasan berikut.

1. Menormalkan Suhu Dot Bayi

Ketika dot berada dalam suhu rendah, tingkat kekenyalannya dapat berubah dan menjadi lebih keras. Untuk itu, Bunda dapat mencoba cara melunakkan dot bayi dengan membuat suhunya normal.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghisap dot bayi tersebut atau memberikan perlakuan steam pada dot tersebut. Yang harus dipastikan adalah bahwa proses menghangatkan dot ini wajib memperhatikan higienitas, sehingga tidak ada kontaminasi merugikan pada dot.

2. Mencucinya dengan Air Hangat

Masih dalam koridor menormalkan suhu dot bayi, Bunda dapat merebusnya di air mendidih selama 5 hingga 10 menit. Alternatif lain adalah mencucinya menggunakan air panas, sehingga kekenyalan dot bayi dapat kembali.

Biarkan dot bayi menjadi lebih dingin sebelum digunakan oleh si kecil, agar membuatnya nyaman.

3. Menggunakan Alat Steamer 

Alat steamer atau uap bisa membantu Bunda melunakkan tekstur dot yang terlanjur kasar. Hal ini bisa mengatasi perubahan tekstur karena suhu dingin atau penyebab lain yang membuat dot terasa kasar atau keras saat akan digunakan.

Alat steamer cukup mudah ditemukan pada berbagai marketplace, atau Bunda dapat menyewanya dari jasa terpercaya yang ada di beberapa kota besar.

Pilih Produk Tepat, Hegen Punya Solusinya

Cara melunakkan dot bayi

Dalam memilih produk dot yang tepat, Bunda wajib mencermati beberapa hal. Selain dari material utama dot yang akan dipakai, Bunda juga sebaiknya mempertimbangkan usia si kecil, daya tahan dot, dan standar produksi tinggi yang diterapkan pada setiap produk.

Hegen hadir dengan membawa ragam solusi untuk kebutuhan Bunda. Setiap produk dot Hegen dibuat dari material silikon berkualitas tinggi yang dijamin bebas BPA, sehingga aman digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa rekomendasi produk dot dari Hegen antara lain adalah sebagai berikut.

Dot Hegen

  • HEGEN TEAT EXTRA SLOW FLOW (2-PACK)
  • HEGEN TEAT SLOW FLOW (2-PACK)
  • HEGEN TEAT MEDIUM FLOW (2-PACK)
  • HEGEN TEAT FAST FLOW (2-PACK)
  • HEGEN TEAT THICK FEED (2-PACK)
  • Masing-masing produk ini dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil. Produk extra slow slow dapat digunakan pada bayi yang baru lahir atau memiliki rekomendasi khusus dari dokter, dan terus berlanjut seiring bertambahnya usia.

    Produk teat dari Hegen sendiri telah didesain sedemikian rupa sehingga menyesuaikan dengan usia si kecil, yang dikaitkan dengan kebutuhannya akan ASI serta kemampuan koordinasi otot di bagian mulut. Semakin usianya bertambah, maka semakin banyak ASI yang diperlukan dan aliran dari teat yang digunakan juga akan semakin intens.

    Pembersih Hegen

  • HEGEN BOTTLE BRUSH & TEAT CLEANER
  • Selain produk teat yang tersedia, Bunda dapat juga memperoleh produk sikat dan pembersih dari Hegen. Produk ini telah disesuaikan dengan desain produk teat dan botol dari Hegen, sehingga dapat membersihkan setiap bagian secara optimal untuk menghindari adanya endapan atau sisa ASI dan susu formula yang menempel.

    Sikat ini juga dengan mudah dapat dibersihkan dengan mesin steam atau mesin UV light dalam proses sterilisasinya.

     

    Tapi Mengapa Hegen?

    Sebab pada dasarnya produk Hegen memiliki kualitas yang terjamin dan telah disetujui oleh FDA. Produk teat dibuat dari silikon berkualitas, yang memiliki daya tahan tinggi sehingga dapat digunakan pada rentang waktu yang cenderung panjang.

    Beberapa kelebihan lain yang ditawarkan antara lain adalah sebagai berikut.

    • Super soft elliptical-shaped silicone teat. Bentuk elips ini dibuat sedemikian rupa dan semirip mungkin dengan puting. Selain bisa membuat bayi menyusu secara alami, ia juga bisa terhindar dari nipple confusion akibat bentuk dan tekstur teat yang tak serupa dengan puting
    • Asymmetrical, off-centre teat. Seperti namanya, bentuk teat yang digunakan tidak simetris dan tepat berada di bagian tengah. Teat berada cenderung di salah satu sisi dengan bentuk elips. Desain ini memungkinkan sudu menyusu yang lebih ideal, sehingga sensasinya menyerupai menyusu secara alami. Dengan tingkat kemiringan yang ideal, risiko back-flow dapat dikurangi
    • Anti-colic air vent. Fitur ini penting untuk membantu mencegah udara masuk terlalu banyak saat si kecil menggunakan dot. Di waktu yang sama, fitur ini juga membantu mengurangi oksidasi nutrisi yang ada di dalam ASI, dan secara langsung membantu bayi terhindar dari kolik

    Bukankah ini cukup menjadi alasan untuk memilih produk Hegen sebagai andalan Bunda dan mendampingi si kecil di setiap fase tumbuh kembangnya?

    Setelah tahu cara melunakkan dot bayi di atas, semoga Bunda mendapatkan insight berguna dari artikel ini. Selalu andalkan produk dari Hegen untuk setiap fase tumbuh kembangnya, dan semoga si kecil selalu sehat dan bersemangat!


    Referensi:  

    • Orami. Cara Melunakan Dot Bayi dan Tips Memilihnya. https://www.orami.co.id/magazine/cara-melunakan-dot-bayi.
    • babyHUKI. Cara Merebus Dot Bayi yang Benar, Yuk Simak!. https://www.babyhuki.co.id/baby-tips/cara-merebus-dot-bayi-yang-benar-yuk-simak/.
    • MYBABY. 5 Tahap Membersihkan Dot yang Berkerak dengan Mudah. https://www.mybaby.co.id/read/untuk-bunda/5-Tahap-Membersihkan-Dot-yang-Berkerak-dengan-Mudah.
    • Mount Sinai. Buying and Caring for Baby Bottles and Nipples. https://www.mountsinai.org/health-library/special-topic/buying-and-caring-for-baby-bottles-and-nipples.
    • Kumparan. Level Nipple Botol Susu Bayi, Apa Maksudnya?. https://kumparan.com/kumparanmom/level-nipple-botol-susu-bayi-apa-maksudnya-1wb5gLRuQpi.
    • mothercare. jangan keliru, ini cara mencuci botol susu bayi yang benar. https://www.mothercare.co.id/modern-parent/cara-mencuci-botol-susu-bayi-yang-benar