The Hegen Blog

7 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Cek di Sini!

Masa menyusui harus didukung dengan pola hidup sehat dan konsumsi asupan nutrisi yang seimbang. Salah satu dari berbagai variasi makanan yang wajib dikonsumsi adalah buah-buahan. Sederet buah yang bagus untuk ibu menyusui dapat Anda cermati di artikel ini.

Sebagai disclaimer, buah yang ada di daftar ini memang memiliki nutrisi yang baik untuk melancarkan ASI dan menjaga kualitasnya. Namun demikian secara umum semua buah memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan Bunda selama masa menyusui, dan setelahnya. Jadi, buah akan direkomendasikan dikonsumsi secara rutin untuk benefitnya pada kesehatan.

1. Buah Jeruk, Kaya Vitamin C

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini sendiri menjadi salah satu nutrisi penting untuk Ibu menyusui, karena dapat membantu mendukung pertumbuhan gigi dan otot yang sehat pada anak-anak.

Nutrisi ini kemudian akan disalurkan melalui ASI yang diberikan pada si kecil sehingga tumbuh kembangnya optimal. Setidaknya kadar harian yang diperlukan secara ideal adalah 120 miligram, atau setara dengan dua jeruk berukuran kecil.

2. Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui, Aprikot

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Buah kedua yang bagus untuk ibu menyusui adalah aprikot manis. Kandungan fitoestrogen yang ada di dalamnya bisa menirukan aktivitas estrogen di dalam tubuh, sehingga membantu mengatur hormon penghasil susu dalam tubuh dan dapat meningkatkan laktasi.

Selain itu masih ada pula kandungan kalsium, kalium, vitamin C, dan vitamin A, yang berkontribusi menjaga kesehatan untuk Bunda dan si kecil.

3. Buah Alpukat, Padat Omega-3

Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga kaya akan asam lemak Omega-3. Masih ada pula nutrisi asam lemak Omega-6, dan asam lemak Omega-9. Jenis asam amino ini penting untuk banyak fungsi tubuh, sehingga dapat membantu Bunda dalam menghasilkan ASI yang lebih banyak.

Di sisi lain, konsumsi alpukat juga baik untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Bunda.

4. Stroberi, Pelancar ASI Bunda

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Kandungan utama yang ada pada buah stroberi sebenarnya juga cukup padat. Mulai dari zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, hingga magnesium, semua ada dalam buah berwarna merah cerah ini. Tapi buah ini juga menjadi salah satu yang cukup banyak diidentifikasi sebagai alergen oleh tubuh.

Jika memang Bunda memiliki alergi pada buah ini, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter kepercayaan Bunda untuk mengganti atau menyiasati konsumsi stroberi. Bunda dapat memilih beberapa alternatif lain yang ada di dalam daftar singkat ini.

5. Buah Mangga, Antioksidan dan Vitamin K

Buah musiman ini sebenarnya cukup mudah ditemui di berbagai lokasi, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern. Dalam satu buah mangga, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin K.

Masih ada pula serat dan kalium, yang dapat membantu tubuh tetap terjaga bugar. Jika Bunda mendapatkan mangga yang manis, maka manfaatnya akan bertambah karena selain nikmat juga dapat membantu produksi ASI semakin banyak.

6. Buah Kurma dengan Triptofan

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Bukan hanya populer sebagai makanan khas lebaran, tapi buah kurma juga termasuk salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui. Kandungan triptofan yang ada di dalamnya adalah satu dari sepuluh asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk memenuhi kebutuhan protein.

Kurma, berdasarkan beberapa penelitian, juga membantu tubuh menciptakan hormon prolaktin, yang merupakan hormon yang memberitahu tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak.

7. Buah Apel, Baik Dikonsumsi Rutin

Pepatah lama tentang apel hingga saat ini masih berlaku, an apple a day keep the doctors away. Hal ini masih berlaku untuk ibu menyusui, dan bahkan bisa memberikan booster yang baik untuk ASI yang dikeluarkan.

Kandungan di dalam apel antara lain adalah serat, vitamin C, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisinya dapat menjaga kesehatan payudara dan kelenjar susu, sehingga mendukung produksi ASI yang optimal

 

Mengikuti gaya hidup sehat dan banyak mengkonsumsi buah selama masa menyusui dan seterusnya akan jadi opsi yang tepat untuk Bunda, agar senantiasa sehat dan memiliki ASI yang lancar. Dengan demikian, asupan ASI untuk si kecil bisa terjamin dan tumbuh kembangnya semakin optimal.

buah yang bagus untuk ibu menyusui

Pada konteks Bunda memerlukan storage yang berkualitas untuk menyimpan ASI yang dipompa, Bunda dapat mengacu pada produk yang ditawarkan Hegen. Breast milk storage yang ditawarkan memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 60 ml, 150 ml, hingga 240 ml. Tentu saja, kualitas botol penyimpanan ASI yang disediakan oleh Hegen tidak perlu diragukan, karena dibuat dengan bahan PPSU atau Polyphenylsulfone yang memadukan benefit dari plastik dan kaca, sehingga diperoleh produk dengan material kuat, bebas BPA, mudah disterilkan, tapi tetap memenuhi standar internasional.

Semoga informasi mengenai buah yang bagus untuk ibu menyusui ini bisa berguna untuk Bunda, dan pastikan semua peralatan baby care yang Bunda miliki adalah produk terbaik dari Hegen!

 

Referensi:  

  1. Orami. 17 Buah Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui, Tinggi Nutrisi!. https://www.orami.co.id/magazine/buah-pelancar-asi?page=all#google_vignette 
  2. Halodoc. Ibu Kenali Berbagai Rekomendasi Buah Pelancar ASI. https://www.halodoc.com/artikel/ibu-kenali-berbagai-rekomendasi-buah-pelancar-asi 
  3. Mayo Clinic. Breastfeeding nutrition: Tips for moms. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breastfeeding-nutrition/art-20046912#:~:text=Opt%20for%20protein%2Drich%20foods,flavor%20of%20your%20breast%20milk.  
  4. Boobie. FRUIT TO EAT WHILE BREASTFEEDING. https://www.boobiesuperfoods.com/blogs/ask-nurse-wendy/fruits-to-eat-while-breastfeeding#:~:text=Fruits%20To%20Increase%20Breast%20Milk%20Include%3A&text=Fiber%20rich%20fruits%20such%20as,for%20postpartum%20and%20breastfeeding%20mothers.