The Hegen Blog

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil & 5 Sumber Alaminya

Dalam usaha menjaga kesehatan tubuh dan janin yang dikandung, kebutuhan nutrisi ibu hamil harus dipenuhi sebaik mungkin. Salah satu nutrisi yang baik selama kehamilan adalah asam folat untuk ibu hamil. Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9 yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilannya. 

Mengonsumsi asam folat dari sumber makanan alami maupun suplemen, sebelum dan selama kehamilan, sangat membantu mencegah cacat lahir pada otak, sistem saraf, dan sumsum tulang belakang bayi. Manfaat asam folat secara keseluruhan mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dan plasenta.

Mari kita ulas mengenai manfaat baik asam folat untuk ibu hamil, ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat yang harus diwaspadai, hingga sumber makanan yang mengandung asam folat.

Apa Saja Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil?

Konsumsi asam folat bagi ibu yang sedang mengandung harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak trimester pertama. Dosis asam folat yang direkomendasikan adalah 400 mikrogram (mcg) per hari. 

Nutrisi ini berguna untuk pembentukan DNA dan perkembangan otak serta saraf janin dalam kandungan. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk:

  • Produksi Sel Darah Merah Jadi Optimal

Asam folat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sel darah merah di dalam tubuh Oleh karena itu, mengonsumsi asam folat yang cukup dapat mencegah risiko anemia pada ibu hamil yang bisa menjadi faktor pemicu kelahiran prematur, bayi lahir dengan BB rendah, serta perdarahan pasca melahirkan. 

  • Menurunkan Risiko Preeklamsia

Preeklampsia adalah kondisi yang rentan dialami ibu hamil yaitu ketika tekanan darah meningkat disertai dengan kelebihan kadar protein di dalam urine. Penyebab preeklamsia diduga karena gangguan perkembangan plasenta.

Dalam menurunkan risiko preeklamsia, ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi asam folat terutama saat usia kandungan telah memasuki trimester kedua. 

  • Mencegah Cacat Tabung Saraf Bayi

Tanpa asupan asam folat yang cukup dalam tubuh ibu hamil, tabung saraf bayi mungkin tidak menutup dengan benar sehingga memicu masalah kesehatan cacat tabung saraf. Ini termasuk spina bifida, yaitu perkembangan sumsum tulang belakang yang tidak lengkap, dan Anencephaly, yaitu perkembangan otak yang tidak sempurna. 

  • Melindung Bayi dan Ibu

Asam folat yang rutin dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan, dapat melindungi bayi dari bibir sumbing, lahir prematur, berat badan lahir rendah, pertumbuhan yang buruk di dalam rahim, hingga keguguran.

Asam folat untuk ibu hamil juga disarankan untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan. penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, dan penyakit Alzheimer. 

asam folat untuk ibu hamil

 

Bagaimana Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat?

Ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat kerap kali dianggap sebagai tanda awal kehamilan karena gejalanya mirip, seperti pusing dan mudah lelah. Nah, kekurangan asam folat dari sumber makanan ini harus segera diatasi untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. Jika selama kehamilan kebutuhan asam folat harian tidak terpenuhi, maka ditandai dengan kondisi ibu hamil:

  • Pucat karena anemia atau kekurangan sel darah merah yang mengganggu proses distribusi oksigen ke seluruh tubuh.
  • Lemas dan mudah lelah karena jumlah oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh berkurang. Selain itu, jantung harus bekerja keras untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini yang membuat ibu hamil jadi mudah lelah.
  • Sakit kepala akibat anemia yang membuat otak kekurangan pasokan oksigen.
  • Sesak napas karena tubuh kekurangan sel darah merah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Mual dan muntah serta gangguan pencernaan seperti sakit perut hingga diare.
  • Lidah bengkak yang disertai rasa sakit saat menelan.  

Inilah Sumber Asam folat Alami dari Makanan

Asam folat atau vitamin B9 secara alami ditemukan dalam berbagai sumber makanan. Agar kebutuhan asam folat selama kehamilan terpenuhi, Bunda bisa mendapatkan nutrisi ini dari sumber makanan alami seperti:

1. Asparagus

Agar asupan sayuran ibu hamil semakin bervariasi, cobalah asparagus yang penuh dengan kandungan antioksidan dan asam folat di dalamnya. Cara terbaik untuk dapat mengonsumsi asparagus adalah dengan dikukus. Namun jangan terlalu lama mengukus asparagus karena dapat menghancurkan asam folat di dalamnya. 

2. Kacang Tanah

Berikutnya ada kacang tanah yang menjadi sumber asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Segenggam kecil atau seberat 30 gram kacang tanah dapat memenuhi seperlima kebutuhan asam folat per hari untuk ibu hamil. 

Selain mengandung asam folat, kacang tanah juga tinggi kandungan lemaknya. Jadi, ibu hamil yang bermasalah dengan lemak, harus lebih bijak dalam mengonsumsi kacang tanah.

asam folat untuk ibu hamil

3. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari ternyata mengandung asam folat yang baik lho untuk ibu hamil dan janin. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung vitamin E dan zat besi yang diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah kerusakan sel dan meningkatkan energi. Nah, bumil bisa menjadi biji bunga matahari sebagai cemilan sehat setiap hari.

4. Sayuran Hijau

Sumber asam folat untuk ibu hamil lainnya adalah sayuran hijau, seperti bayam, seledri, kangkung, collard, selada romaine, kale, brokoli, dan lobak hijau. Satu porsi atau sekitar satu cangkir sayuran hijau mengandung asam folat sekitar 263 mikrogram (mcg) atau hampir setengah kebutuhan asam folat harian.

5. Buah-Buahan  

Selama kehamilan, Bunda dianjurkan untuk lebih banyak makan buah karena mengandung vitamin dan serat yang akan membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Buah-buahan yang kaya folat antara lain jeruk, lemon, pisang, dan stroberi. 

Buah jeruk saja tinggi kandungan vitamin C dan folat yang membantu meningkatkan imunitas dan melindungi dari penyakit. Satu buah jeruk mengandung 55 mcg asam folat atau sekitar 14% dari kebutuhan asupan harian.


Bagaimana Bunda setelah mengetahui informasi pentingnya memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan? Jadi, pastikan Bunda yang sedang merencanakan kehamilan atau saat ini telah mengandung, selain vitamin, mineral, zat besi, dan nutrisi lainnya, kebutuhan asam folat harus dipenuhi. 

Apabila Bunda masih ragu-ragu, segera konsultasikan kepada dokter kandungan masing-masing untuk panduan terbaik.

Dalam mempersiapkan kelahiran si Kecil, Hegen memperkenalkan produk botol minum bayi yang multifungsi, agar anak selalu mendapatkan asupan air susu dan makanan sehat tanpa ribet. 

Botol minum Hegen bisa Bunda gunakan sebagai penyimpanan ASI setelah dipompa, tempat menu mpasi, hingga botol minum dewasa! Bentuknya inovatif, desain elegan, dan terbuat dari material PPSU berkualitas. 

Yuk cek koleksi botol Hegen dan belanja online sekarang juga!


Referensi

  1. Alodokter. Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat yang perlu diwaspadai. https://www.alodokter.com/6-ciri-ciri-ibu-hamil-kekurangan-asam-folat-yang-perlu-diwaspadai
  2. Alodokter. Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil. https://www.alodokter.com/manfaat-asam-folat-untuk-ibu-hamil
  3. Motherandbaby.com. 9 Healthy Foods That are High in Folic Acid. https://www.motherandbaby.com/pregnancy/health-and-wellness/folic-acid-foods-pregnancy/
  4. The American College of Obstetricians and Gynecologists. Nutrition During Pregnancy. https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy